TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara agar Suami Harmonis dengan Istri, Jadilah Pendengar yang Baik

Ingin memiliki keharmonisan dengan pasangan? Ketahui beberapa cara ini, yuk!

7 Oktober 2022

7 Cara agar Suami Harmonis Istri, Jadilah Pendengar Baik
Pexels/Jonathan Borba

Memiliki hubungan suami istri yang harmonis tentu sudah menjadi keinginan bagi banyak orang. Oleh karena itu, banyak pasangan yang berusaha menjaga keutuhan hubungan yang dimilikinya agar tetap harmonis.

Namun, untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dengan pasangan bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu usaha yang harus dilakukan agar tujuan mendapatkan hubungan yang harmonis dapat tercapai dengan baik.

Lantas, apa saja yang harus ditempuh untuk mendapat hubungan harmonis? Berikut Popmama.com sudah merangkum beberapa cara agar suami harmonis dengan istri secara lebih detail.

Yuk, simak informasinya!

1. Berkomunikasi secara terbuka

1. Berkomunikasi secara terbuka
Pexels/Katerina Holmes

Komunikasi yang baik nyatanya sangat penting untuk hubungan yang harmonis. Menjalin komunikasi yang baik bisa dimulai dari berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan tercinta.

Berkomunikasi secara terbuka sendiri dapat dilakukan dengan mengekspresikan kebutuhan dan keinginanmu melalui cara yang tak konfrontatif kepada pasangan.

2. Menerima pasangan apa adanya

2. Menerima pasangan apa adanya
Pexels/Josh Willink

Mencoba untuk terus-menerus mengubah pasangan sesuai keinginanmu ternyata hanya akan menghasilkan ketidakharmonisan dalam hubungan rumah tangga.

Ketika kamu menerima pasanganmu dengan segala kekurangan, perbedaan, dan keanehannya, maka kamu dapat menciptakan suasana yang mengatur hubungan yang harmonis.

Meski demikian, hal ini bukan berarti mengabaikan masalah serius pada hubungan yang perlu ditangani, lho.

Menerima pasanganmu apa adanya itu berarti mengenali karakteristik kepribadian dasar yang merupakan bagian dari siapa sebenarnya pasanganmu.

Editors' Picks

3. Mencintai tanpa syarat

3. Mencintai tanpa syarat
Pexels/vjapratama

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ternyata perekat dari hubungan yang harmonis ialah cinta tanpa syarat.

Dilansir dari Marriage, cinta tanpa syarat berarti cinta yang tulus tanpa meminta sesuatu dari pasanganmu dan mengalir begitu saja dari hati.

Ketika kamu mencintai pasangan tanpa syarat, kamu secara langsung akan membawa suasana kedamaian dalam hubunganmu. Selain itu, mencintai tanpa syarat juga dapat membantumu melihat arti cinta sebenarnya.

4. Minta maaf dan akui bila ada kesalahan

4. Minta maaf akui bila ada kesalahan
Pexels/Keira Burton

Banyak orang berpikir bahwa meminta maaf adalah tanda kelemahan diri. Ternyata hal tersebut salah besar, lho.

Meminta maaf berarti menunjukkan bahwa dirimu bertanggung jawab atas setiap luka, kesalahpahaman, atau kesalahan yang mungkin disebabkan olehmu.

Oleh karena itu, bila kamu memiliki kesalahan dengan pasanganmu, lebih baik segera meminta maaf dan memastikannya untuk tak menyimpan luka lama.

5. Berhenti mengeluh tentang pasanganmu

5. Berhenti mengeluh tentang pasanganmu
Pexels/Andrea Piacquadio

Bila kamu menghargai pentingnya hubungan yang harmonis bersama pasangan, kamu tentu akan berhenti mengeluh tentang hal-hal kecil. Perlu dipahami, komunikasi sangat jauh berbeda dengan mengeluh.

Dilansir dari Bonobology, kamu bisa melakukan banyak hal untuk berhenti mengeluh, salah satunya ialah jangan menjadikan setiap masalah sebagai pertempuran ego. Kamu dapat belajar untuk mendekati masalah dengan objektivitas tertentu.

Jika ada beberapa aspek perilaku dari pasangan yang terasa mengganggu, maka kamu dapat mencoba untuk abaikan perilaku tersebut sampai hal itu tidak lagi menjadi masalah bagimu. Tak hanya itu saja, kamu pun dapat mengatasi masalah itu langsung dengan pasanganmu.

Semakin kamu berhenti mengeluh, kehidupan hubungan bersama pasangan akan tampak lebih baik dari sebelumnya.

6. Jadilah pendengar yang baik

6. Jadilah pendengar baik
freepik.com/pressfoto

Untuk memiliki hubungan suami istri yang harmonis, kamu pun harus menjadi seorang pendengar yang baik bagi pasangan.

Menjadi pendengar yang baik itu berarti kamu dapat mendengarkannya dan memahami apa yang diucapkan olehnya. Tanpa benar-benar mendengarkan pasanganmu, kamu tak akan pernah bisa berkomunikasi baik dengannya.

Ketika mendengarkan pasangan, bukan berarti kamu harus menyetujui semua yang dikatakan atau dilakukannya. Kamu diperbolehkan untuk tak setuju dengan apa yang dia katakan.

Selain itu, kamu juga dapat mengemukakan pendapat kepadanya secara baik-baik.

7. Mampu memuaskan pasangan

7. Mampu memuaskan pasangan
Dok. GOLO

Tak banyak yang menyadari, kehidupan seks ternyata juga menjadi salah satu faktor yang ikut memengaruhi keharmonisan dalam hubungan rumah tangga.

Seksolog dan senior ginekolog, dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, menjelaskan bahwa sebanyak 35 persen gangguan keharmonisan disebabkan permasalahan seks. Kurangnya komunikasi intim bahkan menjadi masalah nomor satu di dalam hubungan setiap pasangan.

dr. Boyke menerangkan, salah satu hal yang harus diketahui oleh laki-laki jika ingin tetap harmonis dengan pasangan, ialah ia harus mampu memuaskan pasangannya.

Menurut dr. Boyke, memuaskan pasangan tidak hanya dengan penis saja saat penetrasi, tetapi semua anggota tubuh juga ikut berperan.

"Mulai dari melakukan eye contact, membisikkan kata-kata cinta, sentuhan jari, memberikan kecupan manis kepada pasangan, serta menghadirkan aroma-aroma yang menyenangkan untuk pasangan dengan menggunakan minyak wangi atau aroma terapi," ucap dr. Boyke dikutip dari kanal YouTube Mister Golo.

Menurut dr. Boyke, masalah seksual lainnya seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada laki-laki juga dapat mengganggu keharmonisan pasangan.

"Betapa banyak laki-laki yang tidak memiliki gairah lagi kepada pasangannya. Itu harus diobatin juga gitu, lho. Karena disfungsi ereksi dan ejakulasi dini yang sering dikeluhkan," lanjut dr. Boyke.

Ia menambahkan, pemanfaatan sumber daya alam seperti tumbuhan herbal dapat membantu pemulihan akibat masalah seksual. Kandungan-kandungan herbal seperti madu, ginseng, dan pasak bumi mempunyai manfaat yang baik untuk menambah stamina pada laki-laki.

“Laki-laki membutuhkan tambahan nutrisi yang sehat untuk membantu meningkatkan staminanya. Hal ini penting untuk menghadirkan keharmonisan dalam berhubungan dengan pasangan,” tambah Michael Founder & CEO GOLO. 

Menurut Michael, laki-laki perlu juga mengonsumsi herbal suplemen vitalitas agar dapat memberikan kekuatan pada performa seksual dan memelihara kesehatan vitalitas diri sendiri. 

Jadi itulah rangkuman informasi tentang beberapa cara yang bisa dilakukan agar suami harmonis dengan istri. Semoga informasi ini bermanfaaat dan membantu, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk