'Pernikahan Hantu' Digelar di Malaysia usai Sepasang Kekasih Meninggal

Pernikahan itu digelar oleh pihak keluarga

24 Juni 2024

'Pernikahan Hantu' Digelar Malaysia usai Sepasang Kekasih Meninggal
chinapress.com

Sepasang kekasih bernama Yang Jingshan (31) dan Li (32) meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Malaysia. Kecelakaan itu membuat mobil yang dikendarai mereka terbalik.

Sebelum kecelakaan, Yang dan Li telah menjalin hubungan selama tiga tahun. Yang bahkan sudah memiliki rencana untuk membawa hubungan mereka ke arah serius dengan melamar Li di Thailand pada bulan Juni.

Setelah kecelakaan itu, pihak keluarga memutuskan untuk mengadakan 'pernikahan hantu'. Kabar selengkapnya mengenai 'pernikahan hantu' digelar di Malaysia usai sepasang kekasih meninggal sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Editors' Pick

1. Yang dan Li sudah berpacaran selama tiga tahun

1. Li sudah berpacaran selama tiga tahun
Facebook.com/思缘专中西白事礼仪团 SY Funeral & Ceremonial Services

Menurut laman South China Morning Post, Yang dan Li sudah menjalin hubungan asmara selama tiga tahun lamanya.

Yang sendiri adalah seorang wasit internasional untuk Asosiasi Olahraga Tarian Naga dan Singa Malaysia. Dia dikenal karena karyanya dalam melayani masyarakat.

Sementara pacarnya yang bermarga Li, dia bekerja di sebuah pabrik pengolahan makanan yang ada di Malaysia.

Awalnya, Yang telah berencana untuk melamar Li pada bulan Juni. Namun, keinginan itu tak tertunaikan karena pada 24 Mei 2024 lalu mobil mereka terbalik di sebuah jalan di Perak, Malaysia. Kecelakaan itu membuat mereka tak selamat.

2. Keluarga putuskan gelar 'pernikahan hantu'

2. Keluarga putuskan gelar 'pernikahan hantu'
Facebook.com/思缘专中西白事礼仪团 SY Funeral & Ceremonial Services

Setelah kecelakaan itu, keluarga mereka memutuskan untuk membuat rencana mengadakan 'pernikahan hantu'. Kegiatan itu dianggap mereka sebagai upaya untuk memastikan orang yang mereka cintai akan bersatu sebagai suami-istri di akhirat.

Pernikahan tersebut kemudian digelar di aula pemakaman. Anggota keluarga bahkan turut membuat foto pernikahan untuk mereka dan mencantukan Li sebagai menantu perempuan mereka di berita kematian.

Tindakan yang dilakukan pihak keluarga dengan mengadakan 'pernikahan hantu' sebenarnya untuk menghormati Yang dan Li.

Menurut kepercayaan tradisional Tiongkok, orang meninggal tanpa memenuhi keinginannya seperti menikah, maka mereka tidak akan menemukan kedamaian di akhirat dan mungkin kembali menghantui orang yang masih hidup.

3. 'Pernikahan hantu' mengacu pada pencarian pasangan bagi orang yang sudah meninggal

3. 'Pernikahan hantu' mengacu pencarian pasangan bagi orang sudah meninggal
Pexels/Pixabay

Di Tiongkok, istilah 'penikahan hantu' biasanya mengacu pada pencarian pasangan bagi orang yang sudah meninggal. Secara umum, ada dua jenis pernikahan hantu.

Tipe pertama, melibatkan pasangan yang meninggal sebelum atau setelah pertunangan. Nantinya, pihak orangtua mengatur upacara pernikahan dan menguburkan mereka bersama.

Tipe kedua, melibatkan seseorang yang tidak memiliki kontrak pernikahan saat masih hidup, tetapi dijodohkan secara anumerta lewat makcomblang.

Sebenarnya, 'pernikahan hantu' seperti perjodohan standar di antara orang yang masih hidup. Pihak orangtua mencari pasangan mati yang cocok untuk anak mereka yang telah meninggal lewat makcomblang. Kemudian diadakan pernikahan, dan jenazah dikuburkan di kuburan baru secara bersama.

Jadi, itulah kabar tentang 'pernikahan hantu' digelar di Malaysia usai sepasang kekasih meninggal. Lewat kabar ini, Mama jadi tahu tentang kisah sebenarnya yang terjadi di balik 'pernikahan hantu' di Malaysia. 

Baca juga:

The Latest