Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

3 Tips Menjaga Kekompakan dan Keharmonisan Keluarga Lewat Memasak

Walau sederhana, kegiatan memasak tanpa disadari bisa menjaga keharmonisan keluarga

7 Desember 2022

3 Tips Menjaga Kekompakan Keharmonisan Keluarga Lewat Memasak
Pexels/Gustavo Fring

Selama ini masyarakat berpendapat bahwa suami dan istri memiliki hak dan tanggung jawabnya masing-masing. Di mana kewajiban istri di rumah identik dengan mengurus rumah dan anak, sementara suami memiliki kewajiban bekerja dan mencari nafkah.

Namun, sebenarnya setiap kegiatan yang dilakukan di rumah akan memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan secara bersama-sama, lho. Salah satu contoh kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama ialah memasak.

Tak banyak yang menyadari, kegiatan memasak rupanya dapat digunakan untuk menjaga kekompakan hubungan dan meningkatkan keharmonisan keluarga. Psikolog Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC, membagikan beberapa tips mengenai hal ini.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan keharmonisan keluarga melalui kegiatan memasak.

Penasaran? Yuk, disimak dari pakarnya!

1. Merencanakan kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama

1. Merencanakan kegiatan sederhana bisa dilakukan bersama
Freepik/prostooleh

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah membuat rencana kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama-sama. Pastikan waktu yang disediakan pun cukup, sehingga kegiatan semakin berkualitas.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat kegiatan belanja kebutuhan rumah tangga termasuk keperluan memasak di dapur, membuat jadwal menu makanan bagi keluarga atau mungkin mencari resep masakan baru di media sosial.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama pasangan atau keluarga. Cobalah rencanakan bersama agar kegiatan bisa semakin menyenangkan. 

2. Melibatkan seluruh anggota keluarga

2. Melibatkan seluruh anggota keluarga
Freepik/Our-team

Tak banyak yang menyadari kalau kegiatan memasak ternyata bisa membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih dekat, bahkan semakin hangat. Oleh sebab itu, kamu bisa melibatkan seluruh anggota keluarga, termasuk anak untuk memasak bersama di dapur.

Kamu pun bisa melakukan kegiatan memasak menjadi agenda rutin bersama keluarga di akhir pekan, lho.

3. Menjadikan kegiatan memasak sebagai agenda penting

3. Menjadikan kegiatan memasak sebagai agenda penting
Pexels/Pavel Danilyuk

Tips terakhir ialah melakukan kegiatan memasak sebagai agenda penting dalam kebersamaan dengan pasangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melalui proses kegiatan memasak bersama ada banyak hal yang bisa dikomunikasikan bersama pasangan.

"Bukan hanya kedekatan dan keintiman secara fisik, namun kedekatan secara emosional antara suami dan istri harus dijaga, dirawat dan dipelihara. Quality time bersama pasangan juga perlu dilakukan, misalnya merayakan hari spesial dengan memasak bersama di dapur rumah," ujar Irma melalui siaran pers Kecap ABC Dukung Kolaborasi Suami Istri di Dapur lewat Kampanye #SuamiIstriMasak.

Selain kerja sama dan kolaborasi dalam menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga, biarkan anak-anak melihat harmonisasi yang terjalin dalam kegiatan memasak bersama.

Hal itu dapat menjadi contoh nyata yang bisa ditiru anak-anak dan semua anggota keluarga lain.

"Suami yang dengan senang hati membantu pekerjaan istri di rumah dapat meningkatkan kehidupan yang harmonis. Tidak hanya menyehatkan bagi suami dan istri, harmonisasi dalam keluarga juga berdampak bagi anak-anak yang menjadi bagian pernikahan," sambung Irma.

Jadi, itulah beberapa tips untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan keharmonisan keluarga melalui kegiatan memasak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bagaimana dengan tips yang dibagikan? Cukup mudah bukan untuk dilakukan?

Selamat mencoba tips yang satu ini di rumah ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk