Hubungan Harmonis dengan Mertua? Ini 5 Tipsnya

Mertua itu bukan orang lain lho, Ma

19 April 2021

Hubungan Harmonis Mertua Ini 5 Tipsnya
Shutterstock/Motortion Films

Punya hubungan yang baik dengan mertua pasti jadi keinginan semua menantu ya, Ma. Namun sayangnya, nggak semua bisa merasakan hal demikian. Kalau Popmama.com menyarankan Mama untuk coba lakukan pendekatan dengan lebih intens ya.

Sehingga nantinya hubungan Mama bisa lebih dekat lagi layaknya orangtua sendiri. Untuk mengetahui, apakah hubungan Mama dan mertua saat ini terjalin dengan baik, coba simak tanda-tandanya yuk. Apakah benar Mama termasuk menantu ideal?

1. Memperlakukan Mama layaknya anak sendiri

1. Memperlakukan Mama layak anak sendiri
Shutterstock/9nong

Hal ini bisa terjadi, jika Mama menganggap mertua sebagai orangtua kedua. Mama bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perilaku dan tradisi keluarga mertua. Selain itu, Mama juga bisa menciptakan keakraban dengan banyak berdiskusi ataupun ngobrol dan jalan-jalan santai.

Dengan begitu, mertua secara perlahan akan menerima dan menganggap Mama seperti anaknya sendiri. 

Editors' Picks

2. Selalu mendukung hal-hal yang Mama lakukan

2. Selalu mendukung hal-hal Mama lakukan
Shutterstock/chaponta

Jika Mama seorang pekerja atau punya bisnis di rumah, lalu mertua menawarkan untuk menjaga cucunya untuk beberapa jam dalam sehari. Itu tandanya mertua Mama mendukung pekerjaan yang Mama lakukan. Agar hubungan Mama dan mertua bisa semakin harmonis, Mama bisa memberikan perhatian-perhatian kecil, mengajaknya makan di tempat favorit, atau memberikan bantuan saat mertua sedang kesulitan.

3. Tidak ragu memberikan resep dan mengajarkan masakan favorit keluarganya

3. Tidak ragu memberikan resep mengajarkan masakan favorit keluarganya
Dok.Istimewa

Setiap keluarga pasti punya menu spesial dengan resep keluarga ya Ma. Tak terkecuali keluarga mertua, Papa pasti punya hidangan favorit yang dibuat oleh Mamanya. Oleh sebab itu, Mama bisa belajar resep hidangan tersebut ya. Jika mertua dengan senang hati membagikan resep dan mengajari cara memasaknya, berarti mertua sudah percaya dengan kemampuan Mama. 

Apalagi di bulan Ramadan seperti ini, Papa pasti punya menu favorit untuk sahur dan berbuka puasa. Mama juga bisa tanyakan menu dan resepnya kepada mertua, begitu juga sebaliknya. Oh iya, berbagi resep juga bisa semakin memaniskan hubungan antara Mama dan mertua lho. Seperti Kecap Sedaap yang akan membuat hidangan Mama lebih lezat dan sedap. 

Memiliki cita rasa yang lebih gurih, kental dan mudah meresap, Kecap Sedaap terbuat dari bahan-bahan alami bermutu tinggi, dan berasal dari biji kacang kedelai pilihan dengan kualitas terbaik. Diolah dengan natural fermentasi, serta penyaringan multifiltrasi yaitu 3x penyaringan, melalui proses produksi dan pengemasan yang higienis juga lho, Ma!

4. Rutin menghubungi Mama untuk menanyakan kabar

4. Rutin menghubungi Mama menanyakan kabar
Shutterstock/Odua Images

Komunikasi yang lancar antara Mama dan mertua memang tidak bisa mencair hanya dalam waktu yang cepat ya. Butuh waktu untuk membangun ikatan dan kedekatan satu sama lain. Namun, jika mertua sering menghubungi Mama untuk menanyakan kabar Mama dan keluarga, itu artinya hubungan Mama dan mertua sudah semakin baik. 

5. Selalu memberi saran dan kritik yang membangun

5. Selalu memberi saran kritik membangun
Shutterstock/iamlukyeee

Dengan pengalaman yang mertua punya, ia akan memberikan pendapatnya baik berupa saran atau bimbingan untuk anaknya termasuk Mama sebagai menantu. Untuk itu, Mama nggak perlu ragu untuk menanyakan saran atau pendapatnya. Mertua akan merasa senang lho Ma, memberikan saran atau kritik. Sebab, ia merasa dibutuhkan oleh anak dan menantunya.

Dari kelima tanda di atas, apakah Mama sudah pernah mengalaminya? (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.