Jalani Ramadan Pertama Setelah Menikah, Hindari 5 Hal Ini

Buat pengalaman pertama jadi berkesan yuk, Ma!

3 Mei 2021

Jalani Ramadan Pertama Setelah Menikah, Hindari 5 Hal Ini
Shutterstock/Odua Images

Faktanya, bulan Ramadan tahun ini, kondisinya masih seperti tahun lalu. Tapi, beda cerita nih, kalau tahun ini Mama sudah bisa menjalani puasa bareng suami. Berarti kali ini, jadi Ramadan pertama ya untuk kalian berdua!

Mama pasti jadi lebih semangat deh! Eits, tapi tunggu dulu Ma, menjalani puasa bersama suami itu artinya banyak persiapannya lho. Mama juga harus paham, hal apa saja yang harus dihindari agar puasanya semakin lancar. Simak yuk!

1. Hindari terlambat bangun sahur

1. Hindari terlambat bangun sahur
Shutterstock/pixs4u

Sebagai istri yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa bareng suami, usahakan Mama jangan terlambat bangun sahur ya. Cara yang paling simpel, pasang alarm di smartphone 1 jam sebelum imsak dan buat alarm berulang. Jika Mama bangun duluan, segera bangunkan suami dengan memberikan sentuhan yang lembut. Setelah itu, Mama bisa ajak suami untuk mempersiapkan sahur bersama.

Editors' Picks

2. Hindari lupa saat membuat daftar menu sahur dan berbuka

2. Hindari lupa saat membuat daftar menu sahur berbuka
Shutterstock/Dragon Images

Membuat daftar menu sahur dan berbuka puasa itu penting lho, Ma. Apalagi untuk Mama yang baru pertama kali menjalani puasa dengan status suami-istri. Dengan daftar menu ini, akan mempermudah Mama saat mempersiapkan sahur dan berbuka nanti. Nggak banyak buang waktu untuk berpikir menu yang akan disajikan. Oh iya, Mama juga bisa diskusikan menu-menu ini dengan suami ya. 

3. Hindari lupa saat persiapkan bahan makanan

3. Hindari lupa saat persiapkan bahan makanan
Shutterstock/Odua Images

Nah, hal ini berkaitan dengan pembuatan daftar menu pada poin sebelumnya, Ma. Kalau Mama skip membuat daftar menu, stok bahan makanan yang ada di rumah juga akan bermasalah. Ketika Mama ingin membuat menu masakan, pasti ada aja bahan yang kurang. Alhasil, masakan jadi kurang sempurna deh.

Ingat Ma, persiapkan stok bahan makanan secara lengkap. Mama bisa berbelanja minimal 1 minggu sekali. Catat semua kebutuhan tersebut dan jangan sampai ada yang terlewat, termasuk bumbu-bumbu masakan yang sering dipakai. Seperti, garam, gula, merica, kecap manis, dan sebagainya.

Oh iya Ma, untuk kecap manis Popmama.com merekomendasikan Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special harus masuk ke dalam daftar belanja ya. Soalnya kecap ini terbuat dari kedelai hitam yang berkualitas, hitam, kental dan meresap sempurna ke dalam masakan. Semua hidangan Mama akan semakin #LooksGoodTastesGood. Pasti suami bakal suka, Ma!

4. Hindari bermesraan di siang hari

4. Hindari bermesraan siang hari
Shutterstock/SVRSLYIMAGE

Wajar kok Ma, sebagai pengantin baru pasti ingin menghabiskan waktu bersama dan berduaan terus. Tapi ingat Ma, saat menjalani bulan Ramadan, Mama dan suami harus berhati-hati terutama pada siang hari ya Ma. Hindari bermesraan dengan pasangan agar ibadah puasa tidak batal.

Sebagai solusinya, Mama bisa menyibukkan diri dengan kegiatan rumah tangga atau mengisi waktu dengan menyalurkan hobi. 

5. Hindari pertengkaran yang memicu amarah

5. Hindari pertengkaran memicu amarah
Shutterstock/airdone

Pertengkaran juga bisa saja terjadi lho, meski pernikahan Mama dan suami masih terbilang seumur jagung. Penyebabnya bisa timbul dari masalah-masalah yang tidak dikomunikasikan dengan baik. Ingat Ma, marah bisa mengurangi kesempurnaan pahala puasa lho. 

Jika hal ini terjadi, Mama bisa ambil wudhu, menenangkan diri, ambil napas dalam, perbanyak dzikir dan jangan ragu untuk meminta maaf duluan. Setelah emosi mereda, Mama bisa bicarakan dengan suami ya!

Kalau Mama bisa hindari kelima poin di atas, berarti Mama berhasil lulus menjalani ibadah puasa untuk yang pertama kalinya bareng suami. Selamat, Ma! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.