TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mendukung Suami yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

Berikan dukungan terbaik untuk suami saat ia sedang menghadapi masalah berat!

20 Agustus 2022

5 Cara Mendukung Suami Sedang Menghadapi Masa Sulit
Freepik/wayhomestudio

Sebagai seorang perempuan, Mama memiliki naluri keibuan yang muncul secara alami. Hal ini tanpa disadari membuatmu memiliki sifat lebih peka dan perasa. 

Mama bisa dengan mudah mengenali berbagai emosi yang sedang dirasakan oleh suami. Terutama saat ia sedang melewati masa sulitnya. Ada masa-masa ketika ia lelah berjuang dan putus asa, misalnya saat menghadapi masalah di kantor atau konflik internal keluarganya.

Naluri keibuan ini membuat Mama sebisa mungkin ingin mendukung dan menjadi sandaran bagi suami. Namun, jika Mama tidak berhati-hati, perlakuan dari Mama ini bisa dianggap sebagai merendahkan atau meremehkannya, lho! 

Nah Ma, berikut bisa menjadi cara mendukung suami yang sedang menghadapi masa sulitnya. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari liveabout.

Disimak yuk, Ma! 

1. Perlihatkan seberapa besar rasa percayamu terhadapnya 

1. Perlihatkan seberapa besar rasa percayamu terhadapnya 
Freepik/ArthurHidden

Sebagai seorang istri, tentunya Mama ingin membantu memikul beban yang ditanggung suami. Mama ingin agar suami tahu bahwa dia punya istri yang dapat diandalkan, karenanya ia tak perlu takut dalam menghadapi setiap cobaan yang menerpa. 

Namun, di sisi lain suami juga ingin Mama percaya dan yakin pada kemampuannya. Biar bagaimanapun juga laki-lagi punya harga diri yang perlu ia jaga sebagai kepala keluarga. 

Oleh karena itu, sebelumnya beri tahu bahwa Mama selalu ada disisinya dan siap membantu jika dibutuhkan. Mama tahu bahwa laki-laki ini sangat tangguh dan tegar lebih dari yang Mama bayangkan. 

Editors' Picks

2. Cari momen untuk memuji suami di depan umum 

2. Cari momen memuji suami depan umum 
Freepik

Saat menghadapi masa sulit ini, suami butuh pengakuan atas kerja kerasnya. Sebagai orang terdekatnya Mama bisa memberikan pujian dan sedikit membanggakannya. 

Ceritakan pada keluarga dan sahabat-sahabat Mama betapa hebat dan kompetennya ia sebagai suami. Ketika suami mulai menunjukan kelemahannya, katakanlah bahwa hal itu wajar. Tentunya tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, peran sang istri adalah untuk melengkapi kekurangan suaminya. 

3. Memberinya ruang jika suami ingin menyelesaikannya sendiri 

3. Memberi ruang jika suami ingin menyelesaikan sendiri 
Freepik/freepik

Ketika suami sedang berjuang, Mama mungkin memperhatikan bahwa dia tampak menarik diri atau mengalihkan fokusnya dari Mama dan keluarga untuk sementara waktu. 

Hal yang bisa Mama lakukan adalah memberi kepercayaan dan ruang untuknya. Meskipun Mama mungkin khawatir dan ingin tahu setiap detail mengenai kondisinya. Sebaiknya Mama tahan keinginan untuk terlibat dan ikut campur. 

Jika waktunya sudah tepat, suami akan menjelaskannya pada Mama dan kenapa ia tak ingin bantuan dari istrinya. Bisa jadi karena ia tak ingin istrinya khawatir dan banyak pikiran karena ikut pusing memikirkan masalah ini. 

4. Tunjukan bahwa Mama menghormati dan menghargainya 

4. Tunjukan bahwa Mama menghormati menghargainya 
Freepik

Orang bilang, dalam suatu hubungan perempuan butuh cinta dari pasangannya, sementara laki-laki membutuhkan rasa hormat. 

Sebagai seorang perempuan, Mama tentunya memahami betapa sedihnya saat suami mulai jarang menunjukan rasa cintanya pada Mama. Hal ini juga berlaku untuknya. Ia bisa merasa kecewa jika Mama selalu melewati batas dan tidak menghargainya. 

Ketika suami sedang berjuang menghadapi masalahnya, ini mungkin saat yang tepat bagi Mama untuk memberitahunya betapa Mama sangat sangat mengagumi dan menghormatinya karena telah bertahan. 

5. Selalu ada untuk suami dan mau berjuang bersama 

5. Selalu ada suami mau berjuang bersama 
Freepik

Selalu ada di dekat suami dan mau mendengarkan semua keluh kesanya. Sediakan juga semua keperluannya selama di rumah. Di saat-saat seperti ini biasanya suami sering menarik diri, namun ketahuilah bahwa ia juga ingin diperhatikan oleh Mama. 

Carilah waktu yang tepat untuk mengungkapkan bahwa Mama mencintainya dan Mama tak akan meninggalkannya di masa-masa sulit ini. 

Nah Ma, itulah beberapa cara untuk mendukung suami yang sedang menghadapi masa sulitnya. Semoga ikatan diantara kalian semakin kuat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk