5 Cara Mengungkapkan Cinta pada Pasangan Tanpa Harus dengan Kata-Kata

Ada banyak cara untuk mengungkapkan cinta, tanpa kehilangan maknanya

26 Oktober 2021

5 Cara Mengungkapkan Cinta Pasangan Tanpa Harus Kata-Kata
Freepik/our-team

Cinta merupakan sebuah emosi yang sulit diungkapkan. Terutama bagi pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun menikah.

Rasanya canggung untuk mengucapkan kalimat cinta seperti 'Aku mencintaimu' atau 'Aku menyayangimu'. Oleh karenanya, banyak yang lebih suka mengungkapkan perasaan mereka melalui tindakan.

Setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Selain lewat ucapan, tindakan kita juga mampu mengekspresikan perasaan yang tulus untuk pasangan. Setiap gestur serta sentuhan bisa memberikan makna tertentu yang membuatnya merasa berharga dan dicintai.

Ingin tahu bagaimana cara mengungkapkan cinta tanpa harus dengan kata-kata? Kali ini Popmama.com telah merangkum tipsnya dari berbagai sumber.

Yuk, diperhatikan!

1. Menyiapkan semua keperluan suami

1. Menyiapkan semua keperluan suami
Freepik/jcomp

Pagi hari biasanya Mama menyiapkan semua keperluan suami sebelum berangkat ke kantor, mulai dari membuat sarapan dan menyetrika baju.

Kini semenjak pandemi Covid-19, suami melakukan pekerjaannya dari rumah. Namun, jangan sampai Mama lupa menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Sediakanlah sarapannya seperti biasa, selain itu bereskan juga ruang kerjanya agar ia nyaman dan semangat bekerja.

Bentuk perhatian semacam ini menunjukkan bahwa kita sangat peduli, bahkan ingin agar semua hal berjalan dengan baik dan lancar bagi pasangan.

Editors' Picks

2. Meluangkan waktu untuk suami

2. Meluangkan waktu suami
Freepik

Pekerjaan rumah yang menumpuk bisa ditinggal sebentar. Jangan sampai Mama kehilangan momen untuk lebih dekat dengan suami. Apalagi belakangan ini kalian berdua justru banyak menghabiskan waktu di rumah.

Luangkan waktu untuknya untuk sekadar berdiskusi, makan bersama atau mungkin melakukan kegiatan yang lain. Kalian juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti menonton film favorit atau membaca buku bersama.

3. Menghibur suami saat mengalami hari yang buruk

3. Menghibur suami saat mengalami hari buruk
Freepik/senivpetro

Terkadang beberapa hal tidak berjalan dengan baik. Saat suami mengalami hari yang buruk, misalnya ada masalah terkait pekerjaannya atau terjadi perselisihan dengan kerabat.

Sebagai istri, Mama bisa menjadi pendengar yang baik. Buatlah ia menyadari bahwa bahwa kita selalu ada untuknya, bahkan dalam keadaan atau titik terendah.  

Kemudian kembalikan suasana hatinya yang buruk dengan menyiapkan menu makan malam favoritnya. Makanan pun merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa cinta. Orang-orang dapat menemukan kenyamanan dan kehangatan melalui hidangan yang mereka makan. 

4. Membiarkannya menang sesekali

4. Membiarkan menang sesekali
Freepik/pressfoto

Saat terjadi perdebatan, tak apa-apa untuk mengalah sesekali meskipun sebetulnya Mama tidak bersalah. Permintaan maaf yang tulus bisa memperbaiki hubungan kalian berdua, sehingga dapat kembali harmonis.

Hal ini tentunya lebih baik daripada mengedepankan ego dan bersikeras bahwa kitalah yang paling benar. Saat melakukan hal itu, Mama mungkin akan memenangkan perdebatan. Namun, ikatan di antara kalian mulai merenggang. 

5. Memberikan sentuhan fisik ringan

5. Memberikan sentuhan fisik ringan
Freepik/prostooleh

Terkadang, tak perlu hal-hal mewah untuk mengungkapkan cinta. Bertahun-tahun waktu yang dihabiskan bersama, membuat kalian saling memahami perasaan satu sama lain, bahkan tanpa perlu berkata-kata lagi.

Sentuhan fisik ringan seperti kecupan dan pelukan hangat bisa menjadi bahasa cinta yang paling sederhana. Rasa nyaman tersebut mampu menunjukkan betapa besarnya cinta kita, serta memberi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan.

Nah Ma, itulah beberapa cara mengungkapkan cinta tanpa harus dengan kata-kata. Semoga hubungan Mama dan Papa selalau harmonis dan bahagia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.