8 Ciri-Ciri Suami yang Setia dan Bisa Berkomitmen dalam Hubungan

Apakah Mama menemukan tanda ini pada Papa?

6 Juli 2022

8 Ciri-Ciri Suami Setia Bisa Berkomitmen dalam Hubungan
Freepik

Kepercayaan menjadi dasar dari hubungan pernikahan yang kuat dan dewasa. Sebagai istri, wajar jika Mama mengharapkan kesetiaan dari suami. Namun terkadang, ada saja pertanyaan yang muncul dari hati terdalam, "Apakah suamiku setia?" 

Pasalnya, beberapa perempuan bisa saja mencurigai pasangan mereka. Terutama jika sudah punya trauma di masa lalu. 

Nah, daripada berprasangka buruk terhadap suami, sebaiknya Mama tarik napas dalam-dalam dulu. Lalu sambil berpikir kembali, apakah memang ada yang perlu dikhawatirkan? 

Beberapa tanda ini menunjukkan bahwa pasangan Mama bisa jadi menjadi sosok suami yang setia dan berkomitmen, lho!

Nah Ma, kira-kira apa saja tanda-tandanya? Dilansir dari BrightSide, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara detail.   

Yuk, disimak! 

1. Selalu jujur kepada istrinya tentang segala hal 

1. Selalu jujur kepada istri tentang segala hal 
Freepik/Lookstudio

Pasangan suami istri harus jujur tentang semua hal yang terjadi di antara mereka. Apakah suami selalu terbuka ketika bercerita bersamamu? Bukan hanya berbagi hal-hal yang menyenangkan saja, mereka juga perlu mengakui kesalahan tanpa berbohong pada Mama. 

Suamimu tak akan pernah berbohong sekalipun itu berbohong untuk kebaikan. Hal ini menunjukkan bahwa ia setia dan melihat Mama sebagai orang yang bisa ia percayai sepenuhnya. 

Ia tahu bahwa Mama tak akan menghakimi kesalahan suami. Hubungan kalian sangat kuat, sehingga Mama dan suami akan menemukan cara untuk melewati situasi ini bersama-sama. 

2. Mampu menunjukkan komitmen terhadap hubungan 

2. Mampu menunjukkan komitmen terhadap hubungan 
Freepik/drobotdean

Semua hubungan pasti mengalami konflik. Ketika hal ini terjadi, perhatikan apakah suami mama selalu menghilang tanpa menyelesaikan masalah di antara kalian? 

Suami yang setia selalu siap untuk membicarakan masalah yang terjadi dan mencari solusi untuk menyelesaikannya. Ia juga tak menghindar atau mendiamkan Mama saat sedang bertengkar.

Hal ini tandanya dia berkomitmen pada hubungan ini dan hanya memperhatikan Mama seorang saja. 

3. Perasaannya konsisten untuk mencintai istrinya 

3. Perasaan konsisten mencintai istrinya 
Freepik/drobotdean

Jika Mama dan Papa sudah menikah dalam waktu lama, bahkan melihat perasaannya terhadap Mama tidak pernah berubah. Dia masih memberikan perhatian dan rasa cinta yang sama besarnya seperti sejak awal kalian menikah.

Hal ini berarti dia yakin bahwa Mama merupakan pasangan hidup yang tepat untuknya.  

Editors' Picks

4. Bisa terbuka secara emosional kepada istrinya 

4. Bisa terbuka secara emosional kepada istrinya 
Freepik/ArthurHidden

Meskipun pasangan tersebut sudah menikah, banyak yang merasa tidak nyaman untuk terbuka mengenai masalah psikologis dan emosional. Sekalipun itu terhadap istrinya sendiri. 

Jika suamimu mau berbagi kekhawatiran dan ketidaknyamanannya, itu pertanda bahwa dia ingin tetap terhubung secara emosional dengan Mama dan membiarkanmu masuk ke dalam hidupnya lebih dalam. 

Namun, jika suamimu belum terbuka secara emosional. Hal yang bisa Mama lakukan, yakni berusaha membuka pecakapan dan mendekatinya pelan-pelan. Jangan langsung kecewa dan membuat jarak darinya. 

5. Tidak ragu untuk menunjukkan kasih sayang secara fisik 

5. Tidak ragu menunjukkan kasih sayang secara fisik 
Freepik/katemangostar

Apakah Mama memperhatikan bahwa pasangan suami selalu menggunakan setiap kesempatan untuk menunjukkan kasih sayangnya. Bahkan di tempat umum mereka tidak ragu untuk menggandeng tangan, mengelus rambut atau mengecup kening. 

Menunjukkan kasih sayang fisik membantu membangun keintiman dan menciptakan hubungan emosional yang kuat di antara pasangan suami istri. Dengan cara ini, suamimu mampu mengekspresikan keinginannya untuk menjaga istrinya dengan baik.

6. Melibatkan istrinya ke dalam semua aspek kehidupan mereka 

6. Melibatkan istri ke dalam semua aspek kehidupan mereka 
Freepik

Sebetulnya wajar saja jika suami memiliki kegiatan lain diluar rumah. Misalnya aktivitas yang ia lakukan dengan rekan kerja atau dengan teman lama saat sekolah. 

Namun jika melihat Mama sebagai prioritasnya, ia akan melibatkanmu dalam kehidupannya sebanyak mungkin. Ia akan menceritakan setiap detail kegiatan seru yang dia lakukan di luar rumah, bahkan ia pun sesekali akan mengajak Mama untuk ikut dan mengenalkan pada teman-temannya. 

Ini bisa menjadi cara suami untuk memberi tahu Mama mengenai sisi lain dari dirinya. Mama tak perlu khawatir karena tak ada yang ia sembunyikan darimu. 

7. Selalu mempertimbangkan pendapat dan keinginan istrinya 

7. Selalu mempertimbangkan pendapat keinginan istrinya 
Freepik/jcomp

Jika ia berbuat kesalahan, apakah suami selalu mempertimbangkan pendapat dan masukan dari Mama? Apalagi jika ia juga bersedia untuk berubah dan berusaha menjadi sosok suami yang lebih baik sesuai keinginan istrinya. 

Hal ini tandanya Mama sangat berarti baginya. Ia rela melakukannya hanya untuk membuat Mama lebih bahagia dalam menjalani hubungan ini. 

Mengubah sikap dan perilaku bukanlah hal mudah. Jika suamimu siap melakukannya, itu adalah sesuatu yang harus dihargai. 

8. Selalu memikirkan istrinya kapan dan di mana saja

8. Selalu memikirkan istri kapan mana saja
Freepik/katemangostar

Suami mungkin tidak bisa menghabiskan waktunya setiap hari untukmu. Meskipun ia memiliki kesibukan di kantor, suami sempat meluangkan waktu untuk menelepon atau mengirim pesan teks kepada Mama.  

Sekalipun hanya sekedar menanyakan hal-hal seperti "sedang apa?" dan "sudah makan belum?" atau mengirim emoji lucu dalam pesan teks. Hal ini membuktikan bahwa ia selalu memikirkan Mama. 

Nah Ma, itulah beberapa tanda yang menunjukkan sosok suami yang setia dan berkomitmen. Apakah Mama sudah menemukan tandanya pada Papa? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk