5 Keuntungan saat Kita Mengabaikan Omongan Negatif dari Orang lain 

Terkadang kita tidak perlu khawatir dengan penilaian negatif orang di sekitar! 

23 Juli 2021

5 Keuntungan saat Kita Mengabaikan Omongan Negatif dari Orang lain 
Freepik/lookstudio

Rasanya sulit sekali untuk tidak membiarkan diri kita terpengaruh dengan omongan orang lain. Komentar dan penilaian negatif yang diberikan seseorang biasanya tak berdasar. Ada yang bertujuan untuk membuat minder atau hanya sekadar iri hati. 

Mereka seolah menjadi orang yang paling mengenal kita dibandingkan diri sendiri. Mulai sekarang, biasakanlah untuk mengabaikan penilaian negatif dari orang lain. Dengan begitu kita bisa menjalani kehidupan yang bahagia. 

Nah Ma, berikut adalah hal baik yang akan terjadi saat kita berhenti peduli dengan omongan orang lain. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari Times of India. 

Disimak ya! 

1. Menjadi lebih percaya diri

1. Menjadi lebih percaya diri
Freepik/lifeforstock

Seseorang akan lebih percaya diri saat berhenti peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya. 

Selain itu, ia juga akan selalu menebarkan aura positif dengan sikapnya yang periang dan menyenangkan. 

Editors' Picks

2. Dikelilingi orang-orang yang baik yang menghargai kita 

2. Dikelilingi orang-orang baik menghargai kita 
Freepik/gpointstudio

Terkadang kita tidak bebas melakukan apapun dan berteman dengan siapapun, apalagi jika terus memikirkan pendapat orang lain

Mulailah bersikap positif dengan mengikuti kemauan hati. Dengan begitu, seseorang akan belajar untuk menghargai dirinya sendiri dan dihargai oleh orang-orang baik di sekelilingnya. 

3. Lebih bahagia dalam menjalani hidup

3. Lebih bahagia dalam menjalani hidup
Freepik/wayhomestudio

Mama tidak perlu menjalani hidup demi menyenangkan orang lain.

Terkadang kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kehendak hati agar bisa diterima dalam kelompok sosial. Misalnya menggunakan barang bermerek atau perhiasan mahal saat ke perkumpulan arisan agar tidak dikucilkan oleh yang lainnya.

Percayalah, hal tersebut tidak ada gunanya. Mama akan meraih kebahagiaan saat memilih hidup untuk menyenangkan diri sendiri dan melakukan hal-hal yang disukai. 

4. Tidak perlu mengubah diri sendiri untuk orang lain

4. Tidak perlu mengubah diri sendiri orang lain
Freepik/lookstudio

Seseorang bisa saja mengubah karakter atau penampilan dirinya sendiri hanya untuk mengikuti kemauan orang lain. Misalnya Mama mati-matian olahraga ekstrem dan diet ketat karena selalu menjadi korban body shaming oleh teman, keluarga, bahkan suami sendiri.

Sebetulnya, olahraga dan diet tidak salah jika tujuan utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga kita pun tidak akan tersiksa saat melakukannya.

Hanya saja perlu diingat bahwa terus menerus memikirkan penilaian negatif dari orang lain hanya akan membuat kita stres dan depresi. 

5.  Lebih mencintai diri sendiri

5.  Lebih mencintai diri sendiri
Pexels/Andrea Piacquadio

Seseorang akan jadi lebih berani dan percaya diri saat ia tidak terlalu peduli dengan penilaian negatif dari orang lain. Belajarlah untuk mencintai diri sendiri dan jangan pernah merasa malu dengan setiap pilihan yang kita ambil dalam hidup. 

Setiap keputusan yang kita ambil haruslah berasal dari hati. Tidak ada orang lain di luar sana yang berhak menghakimi pilihan hidup kita.

Nah Ma, itulah beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika berhenti peduli dengan omongan orang lain. Semoga bisa menjadi inspirasi! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.