10 Ucapan Selamat Menikah yang Sederhana dan Penuh Makna

Berikan selamat untuk orang terdekat Mama yang akan segera menikah

23 Maret 2021

10 Ucapan Selamat Menikah Sederhana Penuh Makna
Freepik/prostooleh

Saat keluarga, sahabat atau kerabat dekat kita akan melangsungkan pernikahan, terkadang Mama bingung saat menyusun tulisan berisi kata-kata atau ucapan selamat menikah.

Mama mungkin mempertimbangkan banyak hal seperti, "apakah tulisan ini sudah layak?" Tak jarang juga berpikir "apakah maknanya akan tersampaikan?" Pasalnya, ucapan selamat menikah ini perlu mengandung doa-doa serta harapan untuk kedua mempelai dalam menjalani kehidupan yang baru kelak.

Nah, Mama tak perlu bingung lagi. Ucapan selamat menikah yang tulus dari hati akan selalu menjadi hadiah pernikahan paling indah. Mama bisa memilih beberapa referensi ucapan selamat menikah yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Walau hanya sekadar kata-kata, namun memiliki makna yang begitu mendalam. 

1. Pernikahan adalah awal dari momen bahagia

1. Pernikahan adalah awal dari momen bahagia
Freepik/ senivpetro

Selamat menempuh hidup baru sebagai seorang istri! Semoga hari bahagiamu ini menjadi awal dari momen-momen membahagiakan lainnya dalam rumah tangga kamu dan pasanganmu. Untuk kakakku yang aku sayang, jadilah istri yang selalu memberi rasa nyaman kepada suamimu.

Ucapan selamat di atas bisa diungkapkan oleh seorang adik yang kakaknya akan segera melangsungkan pernikahan. 

Sangat menyentuh ya, Ma!

2. Belajar dewasa untuk mengerti pasanganmu

2. Belajar dewasa mengerti pasanganmu
Freepik/Jcomp

Kali ini giliran sang Kakak ketika ingin mengungkapkan perasaannya dengan sebuah ucapan saat adiknya akan menikah.

Siapa sangka adik yang biasanya manja pada kakaknya kini akan membangun rumah tangga? Selamat menikah, ya! Belajar jadi dewasa dan mengerti pasanganmu. Kakak berdoa semoga kamu dan pasangan dapat membangun keluarga impian kalian.

Ucapan selamat menikah di atas mampu mengekspresikan rasa haru seorang kakak, terlebih ketika melihat adiknya telah beranjak dewasa dan mulai membangun sebuah bahtera rumah tangga.

3. Pernikahan adalah lembaran baru

3. Pernikahan adalah lembaran baru
Freepik/freepic.diller

Sejatinya pernikahan adalah lembaran baru kehidupan, kebahagiaan, kebersamaan dan hal-hal baik lainnya yang menyertai. Selamat menempuh hidup baru.

Ucapan selamat menikah yang satu ini memang terkesan agak formal. Mama bisa memakainya saat memberi ucapan selamat untuk kakak kelas semasa sekolah atau atasan di tempat kerja yang akan menikah. 

4. Semoga menjadi awal terindah

4. Semoga menjadi awal terindah
Pixabay/vetonethemi

Jika seorang sahabat akan segera menikah, maka Mama perlu memberikan ucapan selamat dengan kata-kata berikut ini.

Meskipun berkeluarga tidak mudah, aku yakin sahabatku yang satu ini mampu menghadapi dengan kedewasaan. Selamat atas pernikahannya. Semoga ini adalah awal terindah untuk hidupmu.

 Meskipun tampak seperti kata-kata yang sederhana, namun isinya menyentuh hati.

Editors' Picks

5. Selamat telah berjuang untuk move on dari masa lalu

5. Selamat telah berjuang move on dari masa lalu
Freepik/angel.nt.111

Akhirnya, selamat menikah sahabatku. Melihat perjuanganmu untuk move on dari pengalaman kasih yang penuh duka dulu, aku turut berbahagia ketika mendengar kabar kamu menemukan pasangan terbaikmu. Semoga kisah cintamu dan dia berlangsung abadi hingga maut memisahkan kalian.

Nah, ucapan yang satu ini sangat cocok diberikan untuk sahabat yang mungkin selalu galau dan susah move on. Ucapkan selamat menikah bisa diberikan untuk sahabatmu yang sudah menemukan pasangan terbaiknya.

6. Dalam penikahan harus saling mendukung dan bertahan

6. Dalam penikahan harus saling mendukung bertahan
Pexels/Dimitri Kuliuk

Selamat menempuh hidup baru teman yang sudah kuanggap sebagai saudara sendiri! Pernikahan itu bukan sesuatu yang mudah, namun aku harap kamu dan pasanganmu bisa saling mendukung dan bertahan dalam membina rumah tangga kalian.

Mama bisa memberikan ucapan ini untuk teman dekat yang akan segera menikah. Walau terkesan sederhana, namun ungkapan ini pasti akan membuatnya terharu.

Semoga pertemanan kalian pun bisa selalu abadi. 

7. Selamat atas anugerah yang diberikan Allah SWT untuk pernikahan kalian

7. Selamat atas anugerah diberikan Allah SWT pernikahan kalian
Instagram.com/imagenic

Bagi Mama yang ingin ucapan pernikahan dengan nuansa islami, maka bisa mempertimbangkan untuk memakai kata-kata berikut ini.

Selamat atas pernikahannya. Kini, kamu telah menempuh jalan hidup barumu dengan yang telah Allah anugerahkan padamu. Semoga rahmat Allah senantiasa dilimpahkan pada kalian, menjadikan kalian semakin bersyukur dan bahagia. Semoga jalan-jalan pintu rezeki dibukakan untuk kalian.

Ucapan selamat menikah ini bisa Mama ungkapkan untuk saudara atau kerabat dekat yang akan melangsungkan pernikahan. 

8. Ibadah terindah adalah pernikahan

8. Ibadah terindah adalah pernikahan
Pexels/Deden Dicky Ramdhani

Berikut pilihan lainnya untuk ucapan selamat menikah bernuansa islami.

Ibadah terindah adalah pernikahan. Duduk berdua, menghabiskan waktu bersama sampai ajal menjemput. Semua hal tersebut merupakan ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan dari Allah SWT senantiasa bersama kalian.

 Mengingat pernikahan merupakan suatu ibadah, tentunya membuat hati tenang dan damai saat menjalaninya ya, Ma!

9. Semoga menjadi pernikahan yang sempurna

9. Semoga menjadi pernikahan sempurna
Pexels/Jonathan Borba

Dengan pernikahan ini, maka sempurnalah kehidupan kalian. Warnailah pernikahan dengan saling menghormati, menyayangi dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain. Semoga Allah selalu melimpahkan petunjuk, rahmat, berkah kehidupan serta rezeki yang halal. Aku juga berdoa agar kalian mendapatkan keturunan yang saleh dan salehah.

Saling menghormati dan menyayangi antara suami istri akan membuat kehidupan pernikahan makin sempurna. Ingatkan hal ini pada orang terdekat Mama ya!

10. Kini kebahagiaanmu telah lengkap

10. Kini kebahagiaanmu telah lengkap
Pixabay/Pexels

Kini kebahagiaanmu telah lengkap. Kamu telah menemukan tulang rusukmu yang hilang. Sebagai sahabat, aku turut bersuka cita melihat kalian bersanding dengan bahagia. Selamat menikah, semoga kehidupan kalian selalu dipenuhi oleh cinta.

Wah, romantis dan menyentuh sekali ya! Berikan ucapan selamat menikah ini untuk sahabat yang sudah menemukan cinta sejatinya.

Nah, itulah beberapa ucapan selamat menikah yang bisa Mama ungkapkan di hari spesial untuk keluarga, sahabat atau kerabat dekat yang akan menikah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.