5 Masalah Sepele yang Sering Diperdebatkan oleh Suami Istri

Pertengkaran suami istri tak selalu dipicu oleh hal-hal besar lho, Ma!

16 Mei 2021

5 Masalah Sepele Sering Diperdebatkan oleh Suami Istri
Freepik/wayhomestudio

Konflik bersama pasangan menjadi salah bagian dari kehidupan rumah tangga. Biar bagaimana juga, hubungan antara pasangan suami istri tak akan lengkap tanpa terjadi pertengkaran dan argumen. 

Namun, terkadang beberapa konflik dipicu oleh hal-hal paling konyol dan tak masuk akal yang bahkan tak pernah Mama bayangkan sebelumnya! Bahkan persoalannya pun cukup sepele.

Nah, kira-kira masalah apa saja yang sering diperdebatkan oleh pasangan suami istri? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari Times of India. 

Yuk, disimak! 

1. Mau menu makan malam apa hari ini? 

1. Mau menu makan malam apa hari ini 
Shutterstock/Makistock

Di saat seperti ini Mama dan Papa pasti mencoba untuk saling mempengaruhi. Yang satu ingin menu makanan berkuah sementara yang lain ingin masakan yang ditumis. Semuanya bisa makin rumit kalau tak ada yang mau mengalah. 

Sebaliknya, ada juga pasangan suami istri yang saling bilang "Terserah" saat ditanya mau menu apa untuk makan malam? Nah, kira-kira lebih menjengkelkan yang mana ya, Ma! 

Untuk mengatasinya, sebaiknya Mama dan Papa fokus pada masalahnya dan mencari solusi yang tepat untuk kalian berdua. 

Editors' Picks

2. Aku masak, kamu bersih-bersih ya! 

2. Aku masak, kamu bersih-bersih ya 
Freepik/lipik

Saat Mama menghabiskan waktu berjam-jam di dapur untuk memasak, Mama mungkin merasa berhak untuk duduk santai. Mama mungkin berpikir, karena sudah capek masak, sekarang Mama ingin Papa membereskan dapur yang berantakan.

Namun, jika ia menolak. Biasanya kalian berdua akan bertengkar hebat. Lain kali jika ingin berhasil dalam pembagian tugas rumah tangga, sebaiknya Mama dan Papa mendiskusikan peran masing-masing terlebih dahulu! Misalnya, Mama memasak dan Papa bersih-bersih. 

3. Jangan mendahului aku saat berjalan! 

3. Jangan mendahului aku saat berjalan 
Pexels/Leah Kelley

Bahkan, masalah seperti kecepatan berjalan pun bisa memicu pertengkaran lho! Beberapa orang secara alami memang berjalan dengan cepat. Hal  ini bukan berarti mereka terburu-buru atau mencoba melampaui orang lain. Ada juga orang yang berjalan dnegan tempo lambat. Hal inì juga bukan berarti mereka pemalas. 

Jika Mama merasa terganggu jika Papa berjalan terlalu cepat atau lambat, sebaiknya beri tahu hal ini padanya. Ingat, jangan mengomelinya di depan umum ya! 

4. Ke mana makanan yang ada di kulkas? 

4. Ke mana makanan ada kulkas 
Shutterstock/Odua Images

Mama mungkin menyimpan beberapa snack atau kue-kue di kulkas untuk dimakan nanti malam sambil bersantai dan nonton TV. Namun, hal yang paling menjengkelkan adalah ketika Mama menemukan bahwa makanannya tiba-tiba hilang. 

Tentunya, Mama boleh-boleh saja untuk kesal. Pada akhirnya, persoalan makanan hanyalah hal sepele dan bukan sesuatu pantas untuk diperdebatkan. 

Lain kali ingatkan padanya untuk bertanya sebelum ingin makan sesuatu yang ada di kulkas atau meja makan. Hal ini juga berlaku untuk seluruh anggota keluarga lainnya. 

5. Kenapa ada handuk basah di tempat tidur? 

5. Kenapa ada handuk basah tempat tidur 
Freepik/wirestock

Sehabis Mandi biasanya Papa lupa menjemur handuk dan malah meninggalkannya di kasur. Daripada harus bertengkar, sebetulnya Mama hanya perlu beberapa detik saja untuk menjemur handuk itu di luar. 

Namun, yang paling membuat frustasi adalah ketika Mama sudah berkali-kali mengingatkan tentang hal ini tapi tak pernah didengarkan. 

Nah, disaat seperti ini tak ada salahnya jika Mama mengalah saja. Hal ini untuk menghindari terjadinya pertengkaran yang sia-sia. 

Nah Ma, itulah beberapa masalah sepele yang sering diperdebatkan oleh pasangan suami istri. Apakah Mama dan Papa pernah mengalaminya juga? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.