Demi Sang Mama, Reza Rahadian Pernah Buka Jasa Jadi Tukang Rumput

Reza Rahadian sangat berterima kasih dan bangga dibesarkan oleh seorang ibu tunggal

5 Maret 2021

Demi Sang Mama, Reza Rahadian Pernah Buka Jasa Jadi Tukang Rumput
Youtube.com/Jenny rachman

Di tengah jadwalnya yang padat sebagai aktor, Reza Rahadian sangat menghargai momen kebersamaannya dengan sang Mama, Pratiwi Widiantini Matulessy. Maka tak jarang, laki-laki berusia 33 tahun itu selalu mengungkapkan rasa cintanya di berbagai kesempatan. 

Sosok sang Mama sangat berperan besar dalam kehidupan Reza, begitu juga dengan kariernya hingga sekarang. Hal inilah membuat aktor pemeran Habibie itu ingin lebih fokus dengan karier dan keluarganya saja.

Lewat tayangan video di kanal YouTube Jenny Rachman, Reza membagikan kisah haru perjuangannya sebagai seorang anak untuk sang Mama. Keduanya pun saling bercerita tentang masa lalu dan berbagai kenangan indah di antara mereka.  

Kali ini Popmama.com sudah merangkum cerita dari Reza Rahadian dan Mama Pratiwi berdasarkan wawancara eksklusifnya bersama Jenny Rachman. 

Disimak yuk, Ma!

1. Reza pernah membuka jasa jadi tukang rumput demi orangtuanya

1. Reza pernah membuka jasa jadi tukang rumput demi orangtuanya
Instagram.com/pratiwimatulessy

Di balik kesuksesannya sebagai aktor, ada kisah haru yang mengiringi perjuangan Reza Rahadian. Beberapa tahun lalu saat Indonesia tengah dilanda krisis moneter, terjadi PHK besar-besaran. Keluarga Reza pun kebingungan bagaimana cara mendapatkan uang di masa-masa yang sulit itu.

Mama Pratiwi sempat menjelaskan bahwa dulu anak laki-lakinya itu (Reza) pernah menawarkan diri untuk bekerja sebagai tukang potong rumput. Reza kecil yang masih duduk di bangku SD mempunyai inisiatif karena ingin membantu sang Mama.

"Om om potong rumputnya udah panjang tuh, tetapi pake komisi ya, katanya gitu. Dapatlah dua pelanggan saya ingat banget di hari yang sama, dia dapat 50 ribu dari 2 orang," kata Mama Pratiwi dalam wawancara eksklusif bersama Jenny Rachman.   

Inisiatif Reza saat itu muncul ketika sedang mendengar pembicaraan sang Mama yang tengah kesulitan mencari kerja karena sempat kena PHK.

"Ma, Mama lagi mau cari kerja, nih aku ada 50 ribu. Kita atur buat uang transpor." kata Mama Pratiwi yang masih ingat ucapan anaknya itu saat masih kecil.  

Meskipun harus panas-panasan memotong rumput, namun Reza tidak merasa berat hati melakukannya. Hal itu diakuinya oleh Reza sendiri. Semua itu dilakukan semata-mata untuk membantu Mama tercinta.

Editors' Picks

2. Menurut Reza, sang Mama selalu menjadi kritikus nomor satu

2. Menurut Reza, sang Mama selalu menjadi kritikus nomor satu
Instagram.com/officialpilarez

Profesi sebagai aktor, tentunya tak lepas dari seorang kritikus film. Bagi Reza sendiri sang Mama termasuk seorang kritikus nomor satu di dalam hidupnya.  

Reza mengakui kalau Mama Pratiwi kerap melontarkan kritik tajam dalam aksinya di berbagai film. Bahkan pernah suatu ketika sang Mama mengatakan kalau ia kurang suka putranya memerankan karakter di film tersebut. Meski begitu, ia tetap menonton setiap film yang dibintangi Reza.

Namun, ada juga momen yang membuat Mama Pratiwi sedih saat melihat Reza beraksi di layar lebar.

"Ada sih yang bikin sedih, kalau misalnya adegannya disiksa atau (adegan) kematian," kata Mama Pratiwi.

Terlepas dari itu semua, Mama Pratiwi mengaku bangga ketika Reza memenangkan piala untuk film berjudul Perempuan Berkalung Sorban.

3. Reza berusaha selalu ada waktu untuk sang Mama

3. Reza berusaha selalu ada waktu sang Mama
Instagram.com/officialpilarez

Sebesar apapun usaha anak untuk membahagiakan orangtua, hal itu tak akan pernah dan tak bisa terbayarkan perjuangan mereka di dunia. Reza sendiri mengaku banyak memberikan honor dari pekerjaannya sebagai aktor untuk sang Mama. 

"Prinsipku adalah sebelum aku mampu membeli apapun untuk diri sendiri, Mama harus sejahtera dulu. Yang penting orangtua bahagia dan punya tempat tinggal yang nyaman," kata Reza.

Sementara Mama Pratiwi beranggapan lain bahwa ia tak begitu mementingkan materi karena lebih menghargai nilai waktu bersama.

"Mau sebanyak apapun materi yang dikasih ke orangtua. Waktu untuk sekadar nanya kabar lewat telepon memang kesannya simpel, tetapi bisa jadi ketika sudah sukses kita merasa ah udah cukup kok kan uang udah dikasih," ucap Mama Pratiwi.

Mama Pratiwi sendiri mengatakan bahwa Reza terbilang sering menghubungi dirinya, seperti sekadar menanyakan kabar atau apakah sedang butuh sesuatu. 

4. Reza dan Mama Pratiwi selalu terbuka satu sama lain

4. Reza Mama Pratiwi selalu terbuka satu sama lain
Instagram.com/officialpilarez

Meskipun hanya sebatas obrolan ringan, hal tersebut terbukti bisa membuat hubungan anak dan orangtua menjadi semakin erat. Seperti halnya Reza Rahadian yang selalu terbuka dengan sang Mama, termasuk soal pekerjaan atau urusan cinta.

"Mamaku memberikan kesempatan pada anaknya untuk berbeda pendapat dan untuk menyampaikan perasaanya." katanya.

Mama Pratiwi juga membenarkan bahwa ia lebih banyak mendengarkan, bahkan ketika sedang mendiskusi dengan anak laki-lakinya. 

"Artinya nggak melulu menggurui, tetapi mendengar  juga karena anak perlu dihargai," ujar Mama Pratiwi. 

5. Reza sangat bangga dibesarkan oleh seorang ibu tunggal

5. Reza sangat bangga dibesarkan oleh seorang ibu tunggal
Instagram.com/pratiwimatulessy

Dibesarkan oleh seorang ibu tunggal membuat Reza tumbuh dengan karakter yang mandiri dan kuat. Baginya, sang Mama merupakan sosok yang membentuk karakternya hingga saat ini.   

"Dibesarkan sama orangtua tunggal itu rasanya seperti kita selalu melihat orangtua kita yang bekerja dan bekerja. Waduh ini sudah sebuah sistem untuk bertahan hidup," ungkap Reza.

Lebih lanjut Reza mengungkap bahwa Mama Pratiwi termasuk perempuan yang keras dan berprinsip. Begitulah cara Mama Pratiwi membesarkannya. 

"Jadilah laki-laki yang bertanggung jawab atas hidupmu karena kamu akan punya tantangan hidupmu sendiri," begitu pesan Mama Pratiwi untuk Reza.

Nah, itulah sedikit cerita kedekatan antara Reza Rahadian dengan Mama Pratiwi. Semoga jadi kisah mereka yang menarik ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.