Cara Menghentikan Penggunaan Gadget Saat Menikmati Liburan Keluarga

Ayo, pastikan Mama dan keluarga fokus pada momen liburan keluarga

13 Juni 2018

Cara Menghentikan Penggunaan Gadget Saat Menikmati Liburan Keluarga
twopinkcanaries.com

Tidak ada yang jauh lebih menyenangkan saat nuansa liburan terasa semakin dekat. Tentu, Mama dan keluarga pastilah memiliki rangkain rencana terkait liburan keluarga yang diharapkan mampu meningkatkan hubungan antara anggota satu sama lain.

Dalam rangka hal itu, tentu penggunaan gadget secara berlebihan haruslah diminimalisir.

Untuk membantu Mama mengupayakannya, kami memiliki setidaknya 7 cara menghentikan penggunaan gadget saat menikmati liburan keluarga di bawah ini.

1. Pilih liburan yang menarik perhatian semua anggota

1. Pilih liburan menarik perhatian semua anggota
goodsolutions.sg

Di atas segalanya, ketika Mama dan Papa sedang memasukin tahap proses perencanaan terakit liburan keluarga, kalian dianjurkan untuk tidak serta-merta fokus pada hal-hal mekanis seperti biaya yang memanglah penting untuk kelancaran liburan keluarga.

Namun, memerhatikan pemilihan tempat liburan yang menarik perhatian semua anggota keluarga tanpa terkecuali tidak boleh dianggap sebelah mata.

Apabila Mama memilih tempat yang di mana salah satu dari anak mama tidak menyukainya, Si Kecil pasti akan lebih memilih bermain dengan gadget nantinya.

Untuk itu, mari luangkan waktu dan libatkanlah semua anggota keluarga dalam hal ini dengan cara cukup, menanyakan pendapat mereka. Ketahuilah kesukaan mereka sekaligus hal-hal yang diekspetasikan terhadap liburan keluarga kali ini sebagai bahan pertimbangan yang tepat.

2. Pilih kegiatan liburan yang mendorong aktifasi keluarga

2. Pilih kegiatan liburan mendorong aktifasi keluarga
completewellbeing.com

Mama telah memilih tempat liburan yang menarik perhatian semua anggota di mana Mama mengomunikasikannya kepada masing-masing dari mereka. Itu artinya, sekarang Mama sebaiknya fokus pada kegiatan liburan yang menjauhkan setiap anggota dari gadgets.

Tentu, berbicara mengenai tujuan positif ini, Mama pasti setuju dengan pendapat kami bahwa kegiatan liburan yang mendorong aktifasi keluarga dapat dijadikan opsi terbaik. Dengan kata lain, coba piliha tempat-tempat wisata yang membuat keluarga banyak bergerak.

Sebagai contoh, Mama dapat memilih kegiatan outbound, berkemah di lingkungan alam yang aman, taman bermain dengan wahan yang menyenangkan, kolam berenang dan masih banyak lagi. Di tempat-tempat ini, siapa sih, yang akan memilih untuk bermain gadgets, bukan?

3. Tentukan batas waktu penggunaan berbagai gadget

3. Tentukan batas waktu penggunaan berbagai gadget
popsugar.com

Mendorong setiap anggota keluarga untuk banyak melakukan kegiatan fisik selama liburan keluarga memang memiliki pengaruh yang besar dalam meminimalisir penggunaan gadget. 

Namun, dorongan untuk hal itu terkadang sulit untuk diacuhkan begitu saja.

Dalam rangka mengatasi hal ini, kami menyarankan supaya Mama membuat kesepakatan dengan anak-anak mama tercinta untuk patuh pada batas waktu penggunaan gadget selama menjalani hari-hari di masa liburan keluarga.

Tentu, ketika Mama mendorong anak mama untuk menyepakatinya dan patuh, Mama sangat ditekankan untuk memberikan alasan di mana hal ini diperuntukkan supaya kalian dapat benar-benar menikmati momen bersama.

Berikan pemahaman supaya mereka mengetahui maksud baiknya ya, Ma.

Editors' Picks

4. Kumpulkan gadget masing-masing dalam satu tempat

4. Kumpulkan gadget masing-masing dalam satu tempat
feedfad.com

Untuk anak-anak, peraturan terkait batasan waktu penggunaan gadget tentu saja dapat dipandang sebagai sesuatu yang dapat dilanggar sesekali sebagaimana kepribadiannya yang masih belum dewasa dan labil di usianya.

Untuk itu, tidak ada salahnya apabila Mama melakukan upaya tambahan di mana Mama mengumpulkan semua gadget milik anggota keluarga ke dalam satu tempat ketika kalian hendak melakukan aktivitas bersama seperti mengunjungi tempat-tempat wisata.

Tentu, sebagaimana kami menyebutkan “aktivitas bersama”, Mama dianjurkan untuk memonitor anak mama tercinta supaya tidak lepas dari pandangan, ya.

5. Mama dan Papa sebagai panutan

5. Mama Papa sebagai panutan
mothering.com

Setiap peraturan yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya mungkin terdengar seperti ketetapan dari Mama dan Papa sebagai orangtua untuk anak-anak tercinta kalian.

Namun, Mama dan Papa sangat ditekankan untuk mematuhinya juga.

Pasalnya, di sini, Mama dan Papa sangat didorong untuk menjadi panutan terkait meminimalisir penggungaan gadget selama liburan musim panas.

Dengan cara ini, anak mama akan memandang ketetapan yang diberlakukan adil dan mereka memahami bahwa maksud baik tersebut memanglah benar.

6. Foto menggunakan digital camera

6. Foto menggunakan digital camera
sheknows.com

Salah satu manfaat dari penggunaan gadgets saat liburan adalah menyimpan setiap momen dalam bentuk foto yang terkumpul rapih dana man. Namun, hal itu sebenarnya bisa dilakukan dengan penggunaan digital camera atau kamera khusus untuk travelling.

Hasil foto yang diberikanpun tidak kalah menarik dan berkualitas dari yang dihasilkan oleh gadgets kebanggaan era Millenial kali ini. Namun, yang terpenting, memanfaatkan digital camera akan memberi nuansa liburan yang lebih terasa. Seru, nih!

7. Pastikan waktu makan bersama-sama

7. Pastikan waktu makan bersama-sama
crestviewsylvanlake.com

Kita tentu mengenal sebuah istilah atau slogan umum yang berbunyi, “makan tidak makan yang penting kumpul bersama.”

Kalimat tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk menyadarkan pada keluarga bahwa meja makan merupakan tempat di mana kita dapat membangun hubungan.

Untuk itu, dalam menjalani hari-hari liburan, Mama sebaiknya memastikan waktu makan kalian dilakukan secara bersama-sama. Baik di restoran maupun sekedar menikmati makan dan waktu santai di kamar hotel. Lakukan bersama untuk membangun hubungan satu sama lain, ya.

Sekarang, Mama telah melihat bahwa segala sesuatu ada solusi termasuk perihal penggunaan gadget saat liburan yang terkadang membuat para anggota keluarga jadi tidak merasa terkoneksisatu sama lain.

Yuk, fokus pada momen menyenangkan saat liburan keluarga.