Apakah Sexual Aftercare Wajib Dilakukan setelah Bercinta?

Sexual aftercare memiliki banyak manfaat bersama pasangan, lho

17 Mei 2022

Apakah Sexual Aftercare Wajib Dilakukan setelah Bercinta
Pexels/Thiago Schlemper

Setiap orang beranggapan jika hubungan seksual telah mencapai orgasme, maka sesi bercinta telah berakhir. Namun, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan setelah berhubungan seks.

Sexual aftercare merupakan kegiatan yang dilakukan saat kamu telah selesai berhubungan badan bersama pasanganmu. Aktivitas ini merupakan kebalikan dari foreplay, yang dilakukan sebelum sesi bercinta dimulai.

Biar ngga penasaran apa itu sexual aftercare, berikut ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Editors' Picks

Apa Itu Sexual Aftercare?

Apa Itu Sexual Aftercare
Freepik/Racool_studio

Jika berbicara tentang hubungan seks, tentu poin utamanya ialah membahas mengenai foreplay dan bermacam posisi seks. Namun, sering sekali ada hal yang terlewat saat membicarakan urusan seks.

Dikutip dari laman Gender & Sexuality Therapy Center (G&STC), Sexual aftercare atau kegiatan setelah berhubungan seks adalah suatu aktivitas yang dilakukan agar pasangan suami istri tetap bergairah dan menjaga keintiman.

Selama aktivitas sexual aftercare, kedua belah pihak saling memberikan waktu dan perhatiannya pada sesi terakhir bercinta, lalu memastikan pasangannya tetap merasa aman serta nyaman.

Beberapa orang mungkin menganggap sexualaftercare tidak terlalu penting, sehingga mereka kembali tidur setelah bercinta. Tetapi, sexual aftercare dapat memberikan pengalaman baru dalam hubunganmu dan kehidupan seks.

Kenapa Sexual Aftercare Penting?

Kenapa Sexual Aftercare Penting
Freepik/prostooleh

Seperti hal terkait seksual lainnya, aftercare bersifat pribadi yang hanya diketahui oleh kedua pasangan. Sexual aftercare memberikan kesempatan untuk merasakan lagi aktivitas seksual yang belum tersalurkan.

Kamu dapat menyesuaikan pengalaman tersebut, seperti apa yang kamu suka dan tidak suka, ingin membuat seperti apa dan pikiran yang muncul saat melakukan sexual aftercare.

Sexual aftercare juga merupakan sebuah kesempatan untuk melihat lagi peran kamu selama berhubungan dengan pasanganmu. Selain itu, aftercare bisa menjadi tempat curhat mengenai aktivitas seksual yang telah berlangsung.

Salah satu tujuan utama aftercare yaitu menjaga pasangan agar tetap bergairah setelah sesi bercinta. Aktivitas seksual yang intens dapat meningkatkan endorfin atau adrenalin dalam aliran darah, sehingga gairah yang ditimbulkan juga tinggi.

Manfaat Melakukan Sexual Aftercare

Manfaat Melakukan Sexual Aftercare
Freepik/gpointstudio

Sebagian orang mungkin merasa lelah setelah melakukan hubungan seks. Namun, aftercare mampu menjaga keintiman, lho. Berikut ini manfaat aftercare yang bisa kamu dapatkan seusai bercinta.

  • Merawat keintiman dengan pasangan

Diyakini aftercare mampu menjaga keintiman setelah sesi bercinta berakhir. Aftercare membuat kedua pasangan merasa hangat dan dekat secara psikologis maupun emosi.

  • Meningkatkan kualitas seks

Saat sesi aftercare, kamu bisa membicarakan performa seksual yang telah dilakukan bersama pasanganmu. Dengan begitu, sesi bercinta selanjutnya akan terasa lebih ‘panas’ dan menyenangkan.

  • Melanjutkan sesi kedua

Meskipun aftercare dilakukan setelah berhubungan seks, ternyata hal itu bisa menjadi permulaan lagi untuk bercinta. Bisa jadi aftercare berubah menjadi sesi foreplay untuk lanjut ke ronde kedua.

  • Menciptakan momen romantis

Sering sekali saat pasanganmu sibuk, dia tidak memiliki banyak waktu bersamamu. Nah, sesi aftercare ini bisa menjadi momen kedekatan kamu seusai bercinta.

Kamu bisa sekadar bercanda, ngobrol bahkan mandi bersama untuk menciptakan momen romantis. Dengan begitu, aftercare bisa memberikan manfaat bagi fisik dan psikologis.

  • Menjadi relaksasi setelah bercinta

Setelah berhubungan seks, badan pasti akan merasa tegang karena adegan ‘panas’ yang dilakukan. Momen aftercare bisa menjadi relaksasi atau beristirahat sejenak.

Relaksasi bisa kamu lakukan dengan saling bergantian memberikan pijatan halus, atau cuddling yang bisa membuat rileks.

Itulah beberapa penjelasan mengenai aktivitas sexual aftercare. Mau lakukan malam ini bersama pasanganmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk