Pikiran Lebih Tenang, Ini 5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluarga

Doa Rosario memiliki manfaat yang luar biasa di dalam kehidupan

18 April 2021

Pikiran Lebih Tenang, Ini 5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluarga
Freepik

Pernahkah Mama merasakan kedamaian dan ketenangan saat berdoa rosario bersama keluarga?

Di dalam agama Katolik ada banyak doa-doa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, doa rosario menjadi bagian terpenting di dalam keluarga dan sering dipanjatkan.

Doa rosario adalah doa yang diajarkan Bunda Maria saat menampakkan dirinya tahun 1214 kepada Santo Dominikus. Sebagian umat Katolik melakukan doa rosario setiap bulan Mei dan Oktober. Di bulan Mei, gereja Katolik merayakan Bunda Maria sebagai Bunda Allah dan ditetapkan bulan Maria. Sementara itu, bulan Oktober disebut sebagai Bulan Rosario.

Namun, biasanya doa rosario dilakukan setiap hari secara pribadi maupun bersama keluarga yang berguna untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus dengan cara berkomunikasi melalui doa.

Kekuatan yang diberikan dari doa rosario sangat banyak dan memberikan manfaat di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu dapat mengubah hati dan hidup seseorang.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat yang didapatkan saat berdoa rosario bersama keluarga.

1. Membangun suasana spiritual di dalam keluarga

1. Membangun suasana spiritual dalam keluarga
Freepik

Berdoa rosario di dalam keluarga secara rutin dapat membangun suasana spiritual. Dengan berdoa rosario, setiap anggota keluarga akan menempatkan Yesus dan Bunda Maria di tengah-tengah mereka dengan berbagi suka maupun duka.

Keluarga juga selalu mengingat Yesus dalam menentukan segala rencana dan kebutuhan. Ketika keluarga melakukan sesuatu dengan melibatkan Tuhan di dalamnya akan membuahkan hasil yang memuaskan dan mencapai integritas.

Jika Mama sekeluarga memiliki harapan untuk mendapatkan kesempatan di dalam kehidupan, tentunya harus meluangkan waktu dan tetap fokus untuk menghubungkan diri dengan kekuatan spiritual Yesus dan Bunda Maria melalui doa rosario.

Editors' Picks

2. Menciptakan pendidikan agama bersama keluarga

2. Menciptakan pendidikan agama bersama keluarga
Freepik

Setiap keluarga tentunya menginginkan anak memiliki rohani, iman, pendidikan agama yang kuat. Melalui doa rosario dapat menciptakan pendidikan di dalam keluarga, khususnya anak-anak.

Doa rosario memiliki tujuan penting, yaitu sebagai pengantar secara alami bagi anak-anak untuk menjadi doa liturgi seluruh gereja. Ini mulai dari mempersiapkannya hingga memperluas ke dalam keluarga dan kehidupan sosial.

Doa rosario di dalam keluarga bukannya sebagai pelarian dari komitmen sosial saja, melainkan dapat menjadi dorongan yang kuat bagi keluarga Katolik untuk memikul seluruh tanggung jawab.

3. Doa rosario dapat memberi ketenangan pikiran

3. Doa rosario dapat memberi ketenangan pikiran
Freepik/zinkevych

Saat Mama sekeluarga berdoa rosario, tentunya akan menyerahkan diri dan niat ke dalam tangan Tuhan. Selain itu, semua rasa kekhawatiran akan terlepas dan memilih untuk lebih percaya kepada Tuhan.

Tuhan pasti mendengarkan doa setiap umatnya dan menginginkan yang terbaik untuk Mama, bahkan untuk orang-orang yang didoakan. Setelah melakukan doa rosario, maka hati akan merasa terhibur. Apalagi saat mengetahui bahwa Yesus dan Bunda Maria mendoakan, bahkan selalu mendampingi Mama sekeluarga dalam menjalani kehidupan.

Kepercayaan dan keyakinan ini tidak hanya bisa menjernihkan pikiran saja, melainkan hati juga semakin merasa tenang.

4. Kasih kepada Yesus akan semakin meningkat

4. Kasih kepada Yesus akan semakin meningkat
Freepik/jcomp

Saat berdoa rosario, Mama dapat merenungkan peristiwa-peristiwa di dalam kehidupan Yesus. Ketika hati dan pikiran fokus kepada semua yang Yesus telah korbankan kepada seluruh umatnya, Mama akan mulai memahami kasih sang Pencipta yang sangat besar.

Jika Mama membiarkan diri untuk mengenal dan menerima kasih Yesus yang besar bagi umatnya, tanpa disadari kasih kepada Yesus akan semakin meningkat. Selain itu, melalui doa rosario akan melihat betapa berharganya Mama di mata-Nya bahwa Yesus datang ke dunia, menderita dan wafat untuk seluruh umat-Nya.

5. Membuat diri menjadi lebih fokus kepada kasih Tuhan

5. Membuat diri menjadi lebih fokus kepada kasih Tuhan
Freepik/jcomp

Melalui doa rosario dapat memberitahu kepada umat Katolik mengenai perbuatan Yesus untuk menyelamatkan dari segala dosa.

Meluangkan waktu untuk lebih fokus kepada Tuhan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Dengan fokus, Mama akan terjauh dari godaan untuk mementingkan diri sendiri.

Ketika merenungkan pengorbanan Yesus kepada seluruh umat-Nya, Mama dapat melihat hidup yang berbeda dan lebih baik lagi. Oleh karena itu doa rosario sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa manfaat berdoa rosario di dalam keluarga. Semoga Mama dapat merasakan manfaat yang banyak saat berdoa rosario dan kasih Yesus terasa di dalam keluarga ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.