Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Putri dari Profesor UGM

Penuh prestasi, Erina Gudono adalah putri Profesor yang pernah jadi Guru Besar di UGM

9 Desember 2022

22 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Putri dari Profesor UGM
Instagram.com/erinagudono

Akhir-akhir ini, nama Erina Gudono semakin disorot oleh publik. Bukan tanpa sebab, sosok Erina mencuri perhatian masyarakat karena akan segera bergabung dengan keluarga Presiden Jokowi, orang nomor satu di RI.

Menjadi calon menantu terakhir Presiden Jokowi, perempuan bernama lengkap Erina Sofia Gudono itu akan menikah dengan Kaesang Pangarep pada 10 Desember 2022 mendatang.

Lantas, siapa sih sebenarnya sosok Erina Gudono pacar Kaesang? Kali ini Popmama.com telah merangkum deretan fakta Erina Gudono calon mantu Presiden Jokowi yang terakhir. 

Ternyata Erina sosok yang cerdas dan berjiwa sosial tinggi, simak fakta lainnya di bawah ini yuk, Ma!

1. Lahir di Amerika Serikat

1. Lahir Amerika Serikat
Instagram.com/erinagudono

Memiliki wajah yang manis, banyak yang sudah tahu bahwa Erina Gudono memiliki darah suku Jawa. Tetapi, tak banyak yang tahu bahwa perempuan kelahiran tahun 1996 itu lahir di luar negeri.

Tercatat bahwa Erina lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat pada 11 Desember 1996. Meski lahir di negara penganut asas ius soli, diketahui bahwa Erina memiliki kewarganegaraan Indonesia.

2. Fasih berbahasa jawa

2. Fasih berbahasa jawa
Instagram.com/erinagudono

Meski lahir di AS, Erina Gudono diketahui tidak tumbuh besar di Negeri Paman Sam. Perempuan berusia 25 tahun itu diketahui tumbuh besar di tanah air yaitu di Jawa Tengah.

Lama menetap di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tentunya Erina sudah terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Maka dari itu, tidak heran apabila Erina fasih berbahasa Jawa. 

3. Anak ketiga dari empat bersaudara

3. Anak ketiga dari empat bersaudara
Instagram.com/

Jarang membagikan momen dengan keluarga, diketahui Erina Gudono bukan anak tunggal dan memiliki beberapa saudara. Diketahui, Erina adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Tak hanya itu, Erina juga bukan satu-satunya anak perempuan dalam keluarga. Diketahui, Erina memiliki seorang kakak laki-laki, kakak perempuan serta adik perempuan. 

4. Erina merupakan anak profesor

4. Erina merupakan anak profesor
Instagram.com/shaniagudono

Memiliki latar belakang keluarga yang tidak sembarangan, Erina Gudono adalah anak dari mendiang Profesor Dr Gudono yang sempat menduduki posisi Guru Besar di FEB UGM. 

Diketahui, papa dari Erina merupakan sosok cerdas yang telah dianugerahi banyak penghargaan. Papanya bahkan sempat memperoleh gelar kehormatan Satyalancana Karya Satya XX pada 2013 lalu.

5. Menempuh pendidikan S1 di UGM

5. Menempuh pendidikan S1 UGM
Instagram.com/Erinagudono

Besar di Yogyakarta, tampaknya Erina tak ingin jauh dari tempat tinggalnya. Setelah menamatkan bangku SMA, Erina kuliah S1 di FEB UGM, tempat Sang Papa Profesor Dr Gudono mengajar. 

Diketahui, Erina memilih jurusan manajemen keuangan di FEB UGM. Pada 2018, Erina menamatkan studi S1 nya dan berhasil memperoleh gelar sarjana Ilmu Bisnis dan Manajemen.

6. Melanjutkan pendidikan S2 di Columbia University

6. Melanjutkan pendidikan S2 Columbia University
Instagram.com/erinagudono

Memiliki semangat belajar yang tinggi, Erina Gudono melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. Diketahui, Erina menempuh S2 di Columbia University, New York dengan jurusan Master of Public Administration.

Bukan hanya fokus pada studi yang dimulainya tahun 2021, Erina juga mengikuti berbagai kegiatan lain untuk memperluas ilmunya. Diketahui, Erina mengambil kursus musim panas hingga ikut program pertukaran mahasiswa.

7. Finalis Puteri Indonesia 2022

7. Finalis Puteri Indonesia 2022
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, Erina Gudono merupakan finalis ajang kecantikan Puteri Indonesia 2022. Dalam ajang nasional itu, Erina berhasil menduduki posisi 11 besar mewakili kota asalnya, Yogyakarta.

Sebelum menginjakkan kaki di panggung Puteri Indonesia, Erina sudah lebih dulu berpartisipasi dalam ajang Puteri Indonesia DIY yang dimenangkan olehnya pada tahun 2021 lalu.

8. Memiliki banyak prestasi akademik

8. Memiliki banyak prestasi akademik
Instagram.com/erinagudono

Erina Gudono juga sosok yang berprestasi. Saat masih berkuliah, Erina aktif mengikuti berbagai kompetisi akademik di tingkat nasional maupun internasional dan sering memperoleh juara.

Diketahui, Erina pernah menjadi delegasi Indonesia di Harvard World Model United Nation. Selain itu, Erina kerap memperoleh juara di kompetisi bidang bisnis yang diikuti secara individu dan bersama rekan kuliahnya.

9. Pernah berkarir di e-commerce

9. Pernah berkarir e-commerce
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, Erina Gudono adalah perempuan karir yang mandiri. Saat menamatkan pendidikan S1, Erina mengawali karier di salah satu perusahaan Procter and Gamble sebagai brand management.

Pada 2019, Erina memulai peluang baru di perusahaan e-commerce ternama, Tokopedia. Diketahui, Erina berkarir sebagai Associate Brand Strategist hingga pertengahan tahun 2020.

10. Pernah bekerja di bank sentral dan internasional

10. Pernah bekerja bank sentral internasional
Instagram.com/erinagudono

Setelah memulai karir di perusahaan biasa, Erina akhirnya memutuskan berkarir di bidang keuangan sesuai dengan jurusan yang diambil saat kuliah. Diketahui, Erina pernah bekerja di Bank Indonesia.

Erina berkarir di bank sentral itu pada akhir 2020 hingga pertengahan Agustus 2021. Setelah itu, Erina pindah dan diketahui bekerja sebagai Finance Analyst di bank investasi internasional JP Morgan.

Editors' Picks

11. Aktivis di bidang pendidikan

11. Aktivis bidang pendidikan
Instagram.com/erinagudono

Merupakan sosok yang berjiwa sosial tinggi, Erina Gudono diketahui aktivis kemanusiaan di bidang pendidikan. Erina bergabung dengan berbagai komunitas yang membantu di bidang pendidikan tanah air.

Erina aktif dalam komunitas yang bergerak untuk membantu mendirikan sekolah untuk anak jalanan. Selain itu, Erina juga pernah bergabung dalam proyek pengembangan pendidikan di daerah Papua.

12. Aktif dalam berbagai gerakan sosial

12. Aktif dalam berbagai gerakan sosial
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya fokus sebagai aktivis di bidang pendidikan, Erina Gudono juga aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya. Diketahui, Erina sering ikut dalam berbagai gerakan dan organisasi sosial. 

Salah satunya menjalankan program sosial untuk membantu kelompok marjinal di Yogyakarta. Selain itu, Erina juga menjadi relawan di organisasi yang fokus membantu UMKM yang terdampak pandemi.

13. Memiliki hobi masak

13. Memiliki hobi masak
Instagram.com/erinagudono

Selain suka belajar dan aktif di kegiatan sosial, Erina Gudono ternyata memiliki hobi memasak dan kuliner. Bukan hanya unjuk masakan di medsos, Erina juga sering berbagi resep dan cara membuatnya, lho.

Melalui akun Instagram pribadinya @erinagudono, Erina mengunggah resep masakannya. Di antaranya resep dan tutorial membuat mac and cheese hingga cara membuat strawberry parfait.

14. Suka Traveling

14. Suka Traveling
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya hobi memasak, Erina Gudono juga ternyata suka traveling. Tampak Erina sering membagikan momen saat dirinya sedang berkunjung di berbagai daerah, baik dalam negeri atau luar negeri.

Diketahui, Erina pernah mengunjungi lokasi wisata lokal seperti Waduk Sermo di DIY hingga Pagoda Kenpark di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, Erina juga pernah liburan ke Singapura bersama kakaknya. 

15. Sosok yang puitis

15. Sosok puitis
Instagram.com/erinagudono

Sering ikut lomba essay, Erina Gudono tampaknya memiliki minat menulis. Diketahui, Erina sering menuliskan cerita hingga tulisan yang puitis melalui caption saat mengunggah konten di media sosial pribadinya.

Saat mengunggah foto pre-weddingnya, tampak Erina menuliskan kata-kata puitis yang menyentuh hati. Bahkan, Kaesang ungkap bahwa Erina sering buat puisi untuknya saat sedang dipingit.

16. Hobi membaca buku

16. Hobi membaca buku
Instagram.com/erinagudono

Memiliki banyak hobi, ternyata hobi lainnya yang dimiliki Erina Gudono adalah membaca buku. Berangkat dari hobinya itu, tak heran bila Erina menjadi sosok yang suka menulis dan puitis. 

Melalui akun Instagram pribadinya, Erina juga sering mengulas buku yang pernah ia baca. Selain itu, Erina juga menulis e-book berjudul ‘Paving Way to Top Uni and Ivy League’ pada 2022 lalu.

17. Pacaran dengan Kaesang

17. Pacaran Kaesang
Instagram.com/erinagudono

Salah satu fakta lainnya tentang Erina Gudono yang sudah banyak diketahui publik adalah Erina berpacaran dengan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi sejak Maret 2022 lalu.

Bahkan, sejak pacaran dengan Kaesang nama Erina menjadi sorotan publik. Meski tidak pernah pamer kemesraan di media sosial, nyatanya Kaesang dan Erina menjalin hubungan yang serius. 

18. Sudah akrab dengan keluarga Kaesang

18. Sudah akrab keluarga Kaesang
Instagram.com/erinagudono

Menjalin komitmen serius, Erina Gudono sudah dikenalkan pada kedua orang tua Kaesang, Jokowi dan Iriana. Bahkan, Erina diketahui sudah akrab dengan anggota keluarga Jokowi. 

Erina ikut serta saat keluarga Presiden liburan di Gianyar, Bali pada momen lebaran Mei 2022 lalu. Selain itu, Erina juga diketahui dekat dengan kakak perempuan Kaesang, Kahiyang.

19. Segera menikah, sudah foto pre-wedding

19. Segera menikah, sudah foto pre-wedding
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, Kaesang dan Erina semakin sering terlihat bersama di tempat umum. Mulai dari pakai baju couple saat menghadiri upacara 17 Agustus hingga menonton Piala Presiden 2022 bersama.

Meski sering terlihat bersama, Kaesang dan Erina Gudono baru go public pada Oktober 2022 lalu. Bukan momen tunangan, Kaesang dan Erina justru langsung membagikan foto pre-wedding mereka.

20. Gelar pernikahan tema Adat

20. Gelar pernikahan tema Adat
Instagram.com/erinagudono

Setelah unggah foto pre-wedding, publik dibuat penasaran dengan waktu hingga konsep pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Terungkap Kaesang dan Erina akan menikah pada 10 Desember 2022.

Diketahui, Kaesang dan Erina akan menggelar pernikahan di kota tempat tinggal Erina, Yogyakarta. Bertema Adat, pernikahan Kaesang dan Erina akan memakai adat Jawa Solo dan adat Jawa Yogyakarta. 

21. Pernikahan Erina akan diwakili Sang Kakak, Allen Gudono

21. Pernikahan Erina akan diwakili Sang Kakak, Allen Gudono
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, Papa Erina Gudono sudah meninggal dunia pada 2016 lalu di usia 54 tahun. Mendiang Profesor Dr Gudono meninggal akibat serangan jantung di RSCM, Jakarta.

Karena Sang Papa sudah tiada, pernikahan Erina akan diwakili oleh satu-satunya kakak laki-lakin Erina, Allen Gudono. Diketahui, Allen sudah melakukan gladi bersih akad nikah Erina bersama Kaesang.

22. Diberi mahar Rp300 ribu

22. Diberi mahar Rp300 ribu
Instagram.com/erinagudono

Selain putra Presiden, Kaesang adalah pengusaha kuliner serta pemilik klub sepak bola Persis Solo. Meski memiliki calon suami mapan, Erina tampak tidak memberatkan mahar nikah.

Diketahui, selain alat sholat Erina Gudono mendapatkan mahar uang tunai sebesar Rp. 300.000. Hal ini berdasarkan data yang tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA), Depok, Sleman, Yogyakarta.

Itulah deretan fakta Erina Gudono calon mantu Presiden Jokowi. Akan segera melepas status dari pacar menjadi istri Kaesang Pangarep, menurut Mama Kaesang dan Erina pasangan yang serasi nggak, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk