Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Tiko yang Rawat Ibu Eny Belasan Tahun di Rumah Terbengkalai

Sejak masih remaja, Tiko bekerja serta merawat Ibu Eny yang depresi di rumah tanpa listrik dan air

6 Januari 2023

7 Fakta Tiko Rawat Ibu Eny Belasan Tahun Rumah Terbengkalai
Youtube.com/Bang brew Tv

Mulanya diduga rumah terbengkalai oleh YouTuber, terungkap bahwa rumah mewah di kawasan Cakung itu masih berpenghuni. Rumah mewah tersebut ditempati oleh Ibu Eny dan putranya Tiko.

Diketahui, Tiko dan Ibu Eny sudah tinggal selama belasan tahun di rumah tanpa listrik dan air bersih tersebut. Bahkan, Tiko juga selama ini merawat Ibu Eny yang ternyata mengidap gangguan kejiwaan.

Kali ini Popmama.com telah merangkum deretan fakta Tiko yang rawat Ibu Eny belasan tahun di rumah terbengkalai. Jadi pencari nafkah sejak remaja, simak deretan fakta lain tentang Tiko di bawah ini, yuk!

1. Tiko ditinggal oleh Papanya

1. Tiko ditinggal oleh Papanya
Instagram.com/rumpi_gosip

Kehidupan Tiko berubah setelah kedua orangtuanya bercerai pada tahun 2010. Papa Tiko yang mantan pejabat bernama Herman Moedji Susanto meninggalkan Tiko dan Ibu Eny di rumah mewah tersebut.

Bahkan, diketahui perpisahan tersebut yang menjadi pemicu depresi yang dialami Ibu Eny. Ketika bercerai, Papa Toni pulang ke kampung asalnya di Madiun dan menghilang tanpa bisa dihubungi.

2. Tak ada kerabat, Tiko hidup berdua dengan Ibu Eny

2. Tak ada kerabat, Tiko hidup berdua Ibu Eny
Instagram.com/rumpi_gosip

Seperti yang telah disebutkan, Papa Tiko menghilang tanpa kabar setelah bercerai tahun 2010 lalu. Sejak saat itu, Tiko hanya tinggal berdua dengan Ibu Eny bahkan tanpa bantuan dari kerabat.

Diketahui, para kerabat termasuk dari kerabat Papa Tiko juga menghilang. Selain tidak memberikan bantuan, tidak ada kerabat Ibu Eny dan Tiko yang menghubungi atau bahkan berkunjung.

Editors' Picks

3. Berbakti, Tiko rawat Ibu Eny sendiri

3. Berbakti, Tiko rawat Ibu Eny sendiri
Youtube.com/Bang brew Tv

Diketahui, Tiko merupakan anak tunggal di keluarganya. Selain tak punya saudara kandung, Tiko dan Ibu Eny juga tidak lagi memiliki kerabat yang bisa membantu kehidupan mereka sejak ditinggal cerai.

Meski tidak mudah, Tiko memilih untuk merawat Ibu Eny sendirian. Sangat berbakti pada orangtua, keputusan itu diambil Tiko karena merasa sanggup dan ingin bisa selalu memantau kondisi Ibu Eny.

4. Tiko putus sekolah sejak SMP

4. Tiko putus sekolah sejak SMP
Youtube.com/Bang brew Tv

Kondisi keluarganya memengaruhi pendidikan yang diemban oleh Tiko. Dikarenakan memang tidak memiliki biaya lagi untuk sekolah sejak ditinggal papanya, Tiko terpaksa harus putus sekolah.

Tiko diketahui sudah putus sekolah sejak duduk di bangku kelas satu SMP. Hal itu bertepatan dengan momen perceraian kedua orangtuanya mengingat saat ini Tiko sudah berusia 23 tahun.

5. Tiko sebagai pencari nafkah keluarga

5. Tiko sebagai pencari nafkah keluarga
Youtube.com/Bang brew Tv

Mengalami depresi, Ibu Eny bahkan enggan melakukan kontak dengan orang luar. Maka dari itu, selama ini Tiko yang berperan sebagai pencari nafkah untuk menghidupi dirinya dan mamanya.

Tiko diketahui bekerja sebagai pedagang cilor hingga menjadi operator warnet. Selain itu, Tiko juga dipercaya oleh warga sekitar untuk bekerja sebagai petugas keamanan di lingkungannya.

6. Tiko dilarang membersihkan rumah

6. Tiko dilarang membersihkan rumah
Youtube.com/Bucin TV

Selain hidup tanpa listrik dan air bersih, diketahui rumah Ibu Eny juga sangat kotor dan berantakan. Pasalnya, rumah Ibu Eny memang tidak pernah dibersihkan selama belasan tahun dihuni.

Bukannya tidak mau membersihkan rumah, Tiko mengaku bahwa ia tidak diperbolehkan oleh mamanya. Bahkan, Tiko mengaku dimarahi oleh Ibu Eny jika ketahuan sedang bebersih rumah.

7. Tiko merelakan Ibu Eny dirujuk ke RSJ

7. Tiko merelakan Ibu Eny dirujuk ke RSJ
Youtube.com/Bang brew Tv

Setelah 11 tahun merawat Ibu Eny sendirian sejak masih remaja, Tiko akhirnya merelakan mamanya untuk dirawat. Sebelumnya, Tiko selalu menolak bila Ibu Eny dibawa dinas sosial ke RSJ.

Kini, Tiko akhirnya merelakan Ibu Eny dirawat  di RSJ untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Bahkan, kini rumah Tiko dan Ibu Eny sedang dibersihkan secara kerja bakti oleh masyarakat.

Itulah deretan fakta Tiko yang rawat Ibu Eny belasan tahun di rumah terbengkalai. Meski menjalani hidup yang sulit sejak orangtuanya bercerai, terlihat Tiko sangat berbakti kepada Ibu Eny ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk