Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sah Menikah, Ini 27 Foto Pre-Wedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Never ending pre-wedding, Kaesang dan Erina Gudono foto di Istana Presiden hingga pakai tujuh adat

10 Desember 2022

Sah Menikah, Ini 27 Foto Pre-Wedding Kaesang Pangarep Erina Gudono
Instagram.com/erinagudono

Sempat diisukan pacaran dan sering terlihat bersama, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akhirnya go public. Buat publik heboh, Kaesang dan Erina go public saat sudah resmi akan menikah.

Diketahui, Erina dan Kaesang ungkap hubungan ke publik melalui foto pre-wedding. Selain mengejutkan publik dengan kabar yang mendadak, pre-wedding Kaesang dan Erina juga menjadi sorotan masyarakat.

Pasalnya, putra bungsu Presiden Jokowi itu melakukan foto pre-wedding dengan banyak tema. Bahkan, hingga menjelang pernikahan Erina dan Kaesang masih membagikan foto pre-wedding mereka, lho.

Kali ini Popmama.com telah merangkum deretan foto pre-wedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Gunakan banyak baju adat dari sabang sampai merauke, intip fotonya di bawah ini yuk, Ma!

1. Pre-wedding bertema sporty di Stadion Manahan

1. Pre-wedding bertema sporty Stadion Manahan
Instagram.com/erinagudono

Menjadi pemilik klub sepak bola, Kaesang pilih tema sporty untuk salah satu tema pre-wedding. Direktur Utama Persis Solo itu memilih kandang klubnya stadion Manahan Solo sebagai lokasi pre-wedding.

Totalitas, Kaesang dan Erina Gudono pakai baju bola saat pre-wedding di Stadion. Berpose di tengah lapangan, tampak Erina dan Kaesang memakai jersey Persis Solo lengkap dengan kaus kaki dan sepatu bola.

2. Ungkap tanggal pernikahan lewat baju

2. Ungkap tanggal pernikahan lewat baju
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, pada sesi pre-wedding ini Erina dan Kaesang bergaya layaknya pemain sepak bola yang hendak bertanding. Terlihat Erina tampil menawan dengan rambut diikat dan makeup natural.

Selain penampilan keduanya, perhatian publik tertuju pada angka di jersey bola mereka. Menunjukkan angka 10 dan 12, diketahui Kaesang dan Erina ungkap tanggal pernikahan mereka yaitu 10 Desember.

3. Erina dan Kaesang ngedate nonton bola di Stadion

3. Erina Kaesang ngedate nonton bola Stadion
Instagram.com/erinagudono

Masih di stadion Solo Manahan, kali ini foto pre-wedding Erina dan Kaesang angkat konsep ngedate nonton bola. Diketahui, menonton bola memang menjadi salah satu aktivitas kencan Kaesang dan Erina.

Keduanya diketahui sering pergi menonton pertandingan Persis Solo secara langsung di Stadion. Tampak beberapa kali Kaesang menggandeng Erina saat nonton Persis Solo berlaga di Piala Presiden 2022.

4. Gaya kasual Erina dan Kaesang saat kencan

4. Gaya kasual Erina Kaesang saat kencan
Instagram.com/erinagudono

Bila sebelumnya tampil sporty, kali ini Kaesang dan Erina bergaya kasual saat pre-wedding bertema nonton bola. Terlihat Kaesang tampil dengan kemeja panjang warna krem dan celana panjang putih.

Sedangkan Erina tampil manis dengan sleeveless ruffle neck dress pendek berwarna kuning pastel. Seolah sedang kencan, tampak keduanya berpose mesra di tribun Stadion Manahan.

5. Pre-wedding di dalam Istana Presiden Bogor

5. Pre-wedding dalam Istana Presiden Bogor
Instagram.com/erinagudono

Menjadi putra Presiden, Kaesang diketahui juga foto pre-wedding di kediaman orangtuanya yaitu di Istana Kepresidenan, Bogor. Terlihat Kaesang dan Erina berpose di dalam Istana yang megah.

Erina duduk di sebuah kursi kayu dan menatap mesra Kaesang yang berdiri di sampingnya. Untuk memperindah tampilan foto, tampak dekorasi bunga yang besar dipasang di samping Erina dan Kaesang.

6. Kaesang dan Erina bergaya formal nuansa krem

6. Kaesang Erina bergaya formal nuansa krem
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya berfoto di indoor, Kaesang dan Erina juga lakukan foto pre-wedding di outdoor Istana Presiden. Tampak Kaesang dan Erina berpose di balkon Istana yang megah dengan latar padang rumput..

Pada sesi foto pre-wedding kali ini, terlihat Erina dan Kaesang kompak memakai pakaian formal bernuansa krem. Tampak pasangan tersebut memakai set couple rancangan desainer Biyan Wanaatmadja.

7. Kaesang dan Erina melangkah di red carpet Istana

7. Kaesang Erina melangkah red carpet Istana
Instagram.com/erinagudono

Selain di balkon, tampak Kaesang dan Erina juga menjadikan tampak luar Istana sebagai latar untuk foro pre-wedding mereka. Tampak pasangan itu berfoto di dengan latar fasad Istana Presiden.

Dalam potret yang diambil dari jarak jauh itu tampak Erina dan Kaesang melangkah turun di red carpet Istana. Menyusuri tangga sambil berbincang, terlihat pasangan itu memakai batik modern berwarna biru dongker.

8. Pose mesra di bawah pohon beringin

8. Pose mesra bawah pohon beringin
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya di bangunan Istana Presiden, tampak Kaesang dan Erina juga foto pre-wedding di halaman kompleks Istana. Terlihat pasangan tersebut memilih foto di bawah pohon beringin besar.

Terlihat Kaesang dan Erina berpose pegangan tangan dengan mesra di bawah pohon beringin besar. Tampak dua sejoli itu kompak memakai outfit serba putih mulai dari pakaian hingga sepatu.

9. Pre-wedding dengan latar rusa

9. Pre-wedding latar rusa
Instagram.com/erinagudono

Masih berpose di bawah pohon beringin besar di halaman Istana Presiden, kali ini Erina dan Kaesang mengubah outfit mereka. Tampak keduanya memakai outfit semi formal dengan warna pink dan ungu.

Pada sesi pre-wedding kali ini, tampak konsep foto yang diambil agak berbeda. Erat dengan nuansa alam, terlihat Kaesang dan Erina foto pre-wedding dengan latar kawanan rusa yang menggemaskan.

10. Jalan-jalan mesra di gumuk pasir

10. Jalan-jalan mesra gumuk pasir
Instagram.com/erinagudono

Selain foto di Solo, diketahui Kota Yogyakarta juga menjadi destinasi pre-wedding Kaesang dan Erina. Pada salah satu foto, terlihat Erina dan Kaesang berada di lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Berada di hamparan pasir yang luas, tampak Kaesang dan Erina jalan-jalan mesra menyusuri gumuk pasir. Bahkan, terlihat keduanya memilih bertelanjang kaki saat jalan-jalan di objek wisata itu.

11. Kaesang dan Erina kompak pakai batik

11. Kaesang Erina kompak pakai batik
Instagram.com/erinagudono

Saat melakukan sesi foto pre-wedding di gumuk pasir, tampak Kaesang dan Erina kompak memakai outfit batik. Keduanya tampil dengan perpaduan batik berwarna merah dan biru.

Bukan hanya pose jalan-jalan, Erina dan Kaesang juga berpose mesra saat di kawasan wisata area Pantai Parangtritis itu. Tampak Erina bersandar mesra di bahu Kaesang yang berada di depannya.

12. Foto romantis di mercusuar

12. Foto romantis mercusuar
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya ke satu tempat, tampak Kaesang dan Erina mengunjungi lokasi wisata lainnya di Yogyakarta untuk foto pre-wedding. Mercusuar di Karangwuni, Kulon Progo menjadi destinasi foto prewed Kaesang dan Erina.

Terlihat Kaesang dan Erina foto pre-wedding dengan latar mercusuar yang menjulang. Dengan latar pemandangan yang indah, tampak Kaesang dan Erina berpose romantis sambil memegang payung.

Editors' Picks

13. Perjuangan Kaesang dan Erina foto di mercusuar

13. Perjuangan Kaesang Erina foto mercusuar
Instagram.com/erinagudono

Saat pre-wedding di mercusuar, Kaesang dan Erina tampil dengan pakaian modern. Kompak memakai warna champagne, tampak Erina memakai gaun sabrina sedangkan Kaesang memakai setelan.

Ternyata, ada perjuangan yang berkesan bagi Kaesang dan Erina sebelum menghasilkan foto indah tersebut. Mulai dari harus bangun jam 3 pagi, kesulitan akses, hingga cuaca hujan yang menerpa saat permotretan.

14. Pre-wedding di Istana Presiden Yogyakarta

14. Pre-wedding Istana Presiden Yogyakarta
Instagram.com/erinagudono

Selain Istana Kepresidenan Bogor, ternyata Kaesang dan Erina juga foto pre-wedding di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Ternyata, sesi pemotretan di lokasi tersebut tidak direncanakan, lho.

Erina mengungkapkan bahwa mulanya mereka tidak berniat untuk foto pre-wedding di Gedung Agung Jogja. Sesi foto tersebut terjadi setelah Erina dan Kaesang gagal foto di mercusuar.

15. Bernuansa serba putih ala korean style

15. Bernuansa serba putih ala korean style
Instagram.com/erinagudono

Pada saat sesi foto pre-wedding di Gedung Agung, Kaesang dan Erina tampil formal dengan nuansa serba putih. Bertema ala korean style, tampak keduanya memakai outfit bergaya formal.

Layaknya pengantin, tampak Erina memakai gaun bersiluet off shoulder dilengkapi dengan veil panjang yang menjuntai. Sedangkan, Kaesang tampak gagah memakai setelan krem dan kemeja putih.

16. Kaesang dan Erina pre-wedding adat Bali

16. Kaesang Erina pre-wedding adat Bali
Instagram.com/erinagudono

Selain tema modern, Kaesang dan Erina juga memakai tema adat untuk foto pre-wedding. Terlihat Adat Bali dipilih menjadi tema pertama foto pre-wedding Kaesang dan Erina yang bergaya tradisional.

Pada sesi pemotretan kali ini, Kaesang dan Erina berfoto di dalam studio. Melalui akun Instagram pribadinya, Erina mengaku ini kali pertama ia dan calon suaminya Kaesang memakai baju Adat Bali.

17. Kaesang dan Erina menawan dalam kain Bali

17. Kaesang Erina menawan dalam kain Bali
Instagram.com/erinagudono

Bertema Adat bali, tampak Erina dan Kaesang memakai busana Adat Bali modifikasi. Terlihat keduanya memakai pakaian rancangan desainer Tirta Harum yang memadukan warna merah dan ungu.

Selain memakai kain adat, Erina juga tampil dengan hiasan kepala khas Bali buatan desainer Rinaldy Yunardi. Tampak penampilan Erina semakin menawan dengan pulasan makeup bold.

18. Kaesang dan Erina pre-wedding adat NTT

18. Kaesang Erina pre-wedding adat NTT
Instagram.com/erinagudono

Selain Adat Bali, pre-wedding Kaesang dan Erina juga menggunakan pakaian adat dari daerah lain di nusantara. Pada pemotretan selanjutnya, Erina dan Kaesang tampil dalam baju Adat NTT.

Tidak berfoto di studio, tampak pre-wedding Erina dan Kaesang yang bertema Adat NTT ini berlokasi di Pura Mangkunagaran, Surakarta. Erina mengaku bahwa lokasi ini salah satu tempat spesial bagi mereka.

19. Memadukan pakaian adat dari dua suku NTT

19. Memadukan pakaian adat dari dua suku NTT
Instagram.com/erinagudono

Memiliki budaya yang unik, diketahui bahwa setiap suku di NTT memiliki ciri khas tersendiri pada pakaian adatnya. Pada sesi foto pre-wedding mereka, Kaesang dan Erina memadukan budaya dari dua suku berbeda.

Diketahui, Erina memakai baju adat Suku Sabu. Sementara itu, Kaesang memakai baju adat Suku Rote. Meski memakai kain motif suku yang berbeda, tampak warna baju Erina dan Kaesang senada, hitam, dan oranye.

20. Kaesang dan Erina pre-wedding adat Lampung

20. Kaesang Erina pre-wedding adat Lampung
Instagram.com/erinagudono

Masih belum puas dengan sesi foto pre-wedding bertema adat, diketahui Kaesang dan Erina juga foto pre-wedding memakai adat Lampung. Tampak sesi foto kali ini diambil di sebuah studio indoor.

Terlihat dua sejoli itu berpose dengan serius ketika pre-wedding dengan tema adat Lampung. Tampak Erina masih memakai makeup bold untuk menyelaraskan dengan baju adat yang meriah.

21. Bentuk siger tak biasa, Erina pakai adat Lampung Pesisir

21. Bentuk siger tak biasa, Erina pakai adat Lampung Pesisir
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya memakai baju adat saja, tampak Kaesang dan Erina tampil lengkap dengan seluruh aksesori khas Lampung. Pada sesi foto pre-wedding kali ini, netizen menyoroti soroti siger yang dipakai Erina.

Bukan tanpa sebab, pasalnya netizen menilai hiasan kepala yang dipakai finalis Puteri Indonesia 2022 itu berbeda dengan yang sering ditemui. Ternyata Erina memakai siger khas adat Lampung Pesisir.

22. Kaesang dan Erina pre-wedding adat Dayak

22. Kaesang Erina pre-wedding adat Dayak
Instagram.com/erinagudono

Pada potret pre-wedding bertema adat lainnya, Kaesang dan Erina memilih adat Dayak. Diketahui, pakaian adat masyarakat Kalimantan Barat ini memang sering dipakai untuk sesi foto pre-wedding.

Melakukan sesi foto pre-wedding di studio, tampak Erina dan Kaesang tampil dalam balutan pakaian sapei sapaq khas Dayak lengkap dengan atribut lainnya. Terlihat Erina tampak anggun dengan pose menari.

23. Kaesang dan Erina pre-wedding Adat Gorontalo

23. Kaesang Erina pre-wedding Adat Gorontalo
Instagram.com/erinagudono

Diketahui, Erina dan Kaesang berniat melakukan foto pre-wedding bertema adat dari seluruh wilayah nusantara. Pada pemotretan kali ini, Erina dan Kaesang pre-wedding memakai pakaian Adat Gorontalo.

Terlihat Kaesang tampil memakai pakaian makuta merah sedangkan Erina tampak anggun dengan balutan pakaian Biliu. Diektahui, Erina memakai pakaian adat Gorontalo yang digunakan saat pernikahan.

24. Hiasan kepala Erina dinilai kurang sesuai

24. Hiasan kepala Erina dinilai kurang sesuai
Instagram.com/erinagudono

Dalam sesi foto pre-wedding bertema adat Gorontalo, penampilan Erina lagi-lagi menjadi sorotan publik. Publik menyoroti hiasan kepala Erina yang dinilai kurang sesuai dengan adat Gorontalo yang sebenarnya.

Hal ini menuai beragam komentar dari netizen. Banyak netizen yang menyayangkan representasi yang kurang sesuai tersebut. Pasalnya, setiap ornamen dalam Biliu memiliki nilai-nilai filosofis.

25. Kaesang dan Erina pre-wedding adat Papua

25. Kaesang Erina pre-wedding adat Papua
Instagram.com/erinagudono

Ingin memakai adat dari Sabang sampai Merauke, diketahui Kaesang dan Erina pre-wedding memakai adat Papua. Sayangnya, pakaian adat Papua yang dipakai Kaesang dan Erina menuai kontroversi.

Pasalnya, diketahui bahwa Kaesang memakai busana yang sama dengan Erina yaitu pakaian Sali. Beberapa aktivis menyebutkan bahwa seharusnya Kaesang memakai pakaian Koteka bukan Sali.

26. Kaesang dan Erina pre-wedding adat Jawa

26. Kaesang Erina pre-wedding adat Jawa
Instagram.com/erinagudono

Sebagai penutup unggahan foto pre-wedding bertema adat mereka, Kaesang dan Erina kini memakai adat asal suku mereka. Tampak Erina dan Kaesang memakai baju adat Jawa bernuansa biru dan kain batik motif couple.

Penampilan Erina semakin anggun dengan gaya rambut yang disanggul. Diketahui, sesi foto pre-wedding ini berlokasi di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo yang akan menjadi tempat akad nikah Kaesang dan Erina.

27. Kaesang dan Erina pre-wedding di Keraton Solo

27. Kaesang Erina pre-wedding Keraton Solo
Instagram.com/erinagudono

Bukan hanya sekali, pre-wedding Kaesang dan Erina yang bertema adat Jawa dilakukan sebanyak dua kali. Pada pemotretan kedua, tampak Erina dan Kaesang memakai baju Adat Jawa berwarna hijau tua dengan aksen kuning.

Selain berganti busana, Erina dan Kaesang juga pindah lokasi foto. Diketahui, foto pre-wedding ini diambil di Puro Mangkunegaran, salah satu keraton Solo yang juga akan dijadikan lokasi tasyakuran Kaesang dan Erina.

Itulah deretan foto pre-wedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Memakai baju adat semua daerah dari Sabang sampai Merauke, foto pre-wedding Kaesang dan Erina sangat totalitas ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk