TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Menjaga Komunikasi Pasangan saat LDM menurut Ahli

Komunikasi yang terjaga bisa menjadi kunci utama dalam menjalani hubungan saat LDM

25 November 2022

Tips Menjaga Komunikasi Pasangan saat LDM menurut Ahli
Pexels/Tima Miroshnichenko

Ikatan pernikahan merupakan hubungan yang diharapkan berlangsung selamanya. Tidak selalu bahagia, setiap pasangan suami istri pasti pernah mengalami hambatan atau gangguan dalam pernikahan.

Salah satu gangguan dalam rumah tangga adalah masalah komunikasi. Meski umum ditemui, gangguan ini bisa memberi dampak besar bagi hubungan khususnya pada pernikahan jarak jauh atau Long Distance Marriage.

Pasalnya, komunikasi menjadi satu-satunya jalan terhubung dengan pasangan saat LDM. Berikut Popmama.com telah merangkum tips menjaga komunikasi pasangan LDM menurut ahli.

1. Saling percaya

1. Saling percaya
Pexels/Rodnae-prod

Menurut Founder dan CEO Talkinc Erwin Parengkuan, hal paling penting dalam komunikasi pada pasangan yang LDM adalah adanya rasa percaya kepada satu sama lain.

Trust (Kepercayaan). Jika kamu percaya dengan pasanganmu, maka kamu akan baik-baik saja,” ungkap Erwin dalam sesi virtual press conference Talkinc “Act of Kindness”.

2. Kepercayaan menjadi fondasi sebuah hubungan

2. Kepercayaan menjadi fondasi sebuah hubungan
Pexels/Andrea Piacquadio

Kepercayaan bukan hanya fondasi bagi kelancaran komunikasi dengan pasangan saat LDM, tetapi juga landasan sebuah hubungan. Seperti yang diungkapkan oleh Fasilitator Talkinc sekaligus Psikolog, Ajeng Raviando.

“Sebenarnya landasan dari suatu hubungan itu kan trust (kepercayaan) ya,” ungkap Ajeng dalam acara virtual yang berlangsung Kamis (24/11/22).

3. Terdapat pilar-pilar penting dalam hubungan

3. Terdapat pilar-pilar penting dalam hubungan
Pexels/Rodnae-prod

Selain kepercayaan pada pasangan, Ajeng juga mengungkapkan bahwa ada aspek-aspek lain yang penting dalam hubungan. Bukan hanya berlaku di LDM, ada tiga aspek penting ini juga berlaku dalam segala hubungan.

“Saling percaya, saling menghargai, ada kompromi dan melakukan toleransi. Empat hal itu adalah pilar yang perlu terus menerus kita perbaharui agar hubungan terus menjadi satu,” lanjut Ajeng.

Itulah informasi mengenai tips menjaga komunikasi pasangan Long Distance Marriage menurut ahli. Ternyata kunci yang paling penting dan utama adalah kepercayaan pada pasangan lho, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk