Ayo Cek, ini 5 Ciri Mama Tidak Bisa Hidup Tanpa Pasangan

Apakah rasanya aneh kalo si Papa sedang tidak dekat Mama? Padahal sih...

24 Januari 2020

Ayo Cek, ini 5 Ciri Mama Tidak Bisa Hidup Tanpa Pasangan
Freepik

Memiliki hubungan asmara yang sehat tentunya dibutuhkan cinta dan kesetiaan satu sama lain. Namun saat ini mungkin banyak orang menyebutkan bahwa kesetiaan dengan ketergantungan menjadi satu kesatuan yang serupa.

Tidak sedikit orang yang menganggap mencintai seseorang berarti menggantungkan seluruh hidup dan kebahagiaan mereka pada pasangannya. Dalam hal ini, mungkin orang seperti itu sering dikatakan "bucin".

Jika orang sudah bucin pada pasangan mereka, biasanya mereka akan memiliki perasaan tidak bisa hidup tanpa pasangan mereka sendiri. Seperti yang dituliskan Journal of Mental Health Counseling, orang yang tidak bisa hidup tanpa pasangan mereka atas dasar cinta termasuk orang yang kodependen.

Tanpa mereka sadari, mereka akan cenderung terobses untuk menggantungkan hidupnya pada pasangannya dengan mengorbankan diri mereka sendiri. 

Nah berikut ini Popmama.com merangkum 5 ciri bahwa kamu adalah orang yang bucin tidak bisa hidup tanpa pasangan, kira-kira ada di sifatmu nggak ya?

1. Butuh pengakuan dari pasangan

1. Butuh pengakuan dari pasangan
Freepik

Jika kamu adalah seorang bucin atau budak cinta, kamu biasanya akan bergantung pada dia dalam segala hal. Misalnya saja ketika kamu mendapat suatu prestasi membanggakan, kamu akan merasa bangga jika pasanganmu mengakui prestasi yang kamu dapat.

Ini bisa membuat identitasmu ditentukan oleh opini dan pengakuan dari pasangan. Dengan kata lain, kamu akan sulit menjadi diri sendiri dan meragukan kemampuanmu.

Editors' Picks

2. Posesif dan merasa takut kehilangan pasangan

2. Posesif merasa takut kehilangan pasangan
Pexels/Rosie Ann

Namanya sudah cinta, pasti memiliki rasa takut kehilangan wajar. Menjadi posesif dengan pasangan merupakan salah satu cirinya, kamu akan terus menanyakan dimana keberadaannya dan dengan siapa ia disana karena takut kehilangannya.

Namanya juga bucin ya, mau berusaha biasa aja pasti tetap terlihat posesif. Tapi coba deh kurangin rasa posesif dan takut mu itu.

Jika memang satu sama lain memiliki rasa cinta dan kesetiaan, tentunya yang harus ditambah dalam hubungan itu adalah rasa kepercayaan. 

3. Selalu mengedepankan kepentingan pasangan

3. Selalu mengedepankan kepentingan pasangan
Freepik

Biasanya orang yang sudah bucin karena selalu bergantung pada pasangan akan mengorbankan segala sesuatu tanpa berpikir panjang. Tak jarang mereka rela menomorsekiankan hidupnya sendiri demi pasangannya.

Misalnya saja ketika kamu mendadak membatalkan acara bersama teman-temanmu hanya demi menemani pasangan.

Belum tentu kondisi sebaliknya akan dilakukan serupa dengan pasanganmu.

Namun meskipun begitu kamu akan tetap melakukannya atas dasar cinta. Bahkan tak jarang menyetujui apa yang pasanganmu katakan. Hal ini seolah dilakukan demi pasangan, urusan diri sendiri mungkin masih bisa kamu kesampingkan.

4. Kurangnya bersosialisasi dengan teman

4. Kurang bersosialisasi teman
Freepik/katemangostar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, biasanya mereka para budak cinta ini akan mengedepankan kepentingan pasangan dibanding kepentingannya sendiri. Ini juga bisa mengurangi sosialisasi kamu dengan temanmu karena sibuk pacaran dengan si dia.

Biasanya bucin seperti ini sih dialami oleh mereka yang masih sekolah atau kuliah. Mereka akan sibuk dengan pacar masing-masing dan membuat hubungan dengan teman secara tak langsung akan terus memburuk karena arang bersosialisasi dan jarang bermain bersama.

Jadi kamu harus pintar membagi waktu ya!

5. Berharap pasangan juga akan bergantung padamu

5. Berharap pasangan juga akan bergantung padamu
Freepik/Galinkahzi

Para bucin yang bergantung hidupnya pada pasangan juga akan melakukan segalanya agar pasangan mereka juga merasa bergantung pada dirinya. Tujuannya tentu agar ia tidak akan pernah bisa meninggalkanmu. 

Kamu selalu mau menghabiskan waktu bersama dengannya setiap saat, bahkan ketika pasanganmu sedang ingin punya me time sendiri, tak sedikit orang akan terus mencari dan menghubungi pasangannya agar urusan mereka cepat terselesaikan dan bisa menghabiskan waktu bersama lagi.

Itulah 5 tanda kamu bucin yang tidak bisa hidup tanpa pasangan. Kira-kira kamu dan pasanganmu sudah bisa dibilang bucin belum nih? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.