5 Pilihan Doa-Doa Baik Mama untuk Anak Perempuannya

Doa orangtua selalu menyertai, berikut pilihan doa terbaik yang bisa dibacakan pada anak

13 April 2021

5 Pilihan Doa-Doa Baik Mama Anak Perempuannya
Pixabay/ebrahim

Keajaiban doa seorang Mama sangatlah luar biasa. Bagi Mama semua yang sudah memiliki anak, pastikan untuk selalu mendoakannya terus agar menjadi pribadi yang baik. 

Sebab seorang Mama memiliki keistimewaan yang luar biasa sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW sebanyak tiga kali, baru terakhir adalah Papa. Selain istimiewa, doa seorang Mama juga dipercaya sangat diijabah oleh Allah SWT.

Jadi, sebagai seorang Mama tentu kita harus terus mendoakan agar anak kelak dapat tumbuh menjadi anak yang salih dan saliha, beriman dan bertakwa, pintar dan cerdas serta berbakti kepada orangtua.

Itulah mengapa penting untuk senantiasa mendoakan anak, terutama mereka yang memiliki anak perempuan.

Sebagaimana disebutkan Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kalian memperlakukan anak-anak perempuan dengan kasar, karena sesungguhnya mereka adalah manusia yang berpembawaan lembut lagi peka perasaannya.” - (HR Ahmad)

Lantas, doa apa saja yang bisa seorang Mama panjatkan untuk anak perempuannya?

Berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai doa-doa baik seorang Mama untuk anak perempuan. Disimak doa untuk anak perempuan mama dan didoakan yuk, Ma!

1. Doa agar anak pintar

1. Doa agar anak pintar
Freepik/User18526052

Untuk menjadikan anak yang pintar, tentu membutuhkan pendidikan yang lebih ekstra. Tak hanya pendidikan formal, pendidikan informal untuk menunjang kecerdasan anak pun diperlukan.

Tetapi itu semua tentunya tidak cukup apabila tidak diiringi oleh doa. Seperti doa berikut yang bisa dipanjatkan Mama agar anaknya tumbuh menjadi orang yang penuh cahaya dan kepandaian untuk memperbaiki umat Muslim.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambaMu yang layak untuk menerima nikmatMu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Editors' Picks

2. Doa memohon anak yang baik

2. Doa memohon anak baik
Freepik/Prostooleh

Orangtua juga tentu menginginkan anak yang baik. Baik dalam masalah ibadah, pendidikan, sosialisasinya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Mama perlu menanamkan hal-hal positif sejak dini.

Selain menanamkan hal positif, Mama juga bisa memanjatkan doa agar anak menjadi pribadi yang baik. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran surat Ali Imran ayat 38 berikut ini, yakni:

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” - (QS. Ali Imran Ayat 38).

3. Doa memohon kebaikan untuk anak-anak

3. Doa memohon kebaikan anak-anak
Freepik

Mama pun bisa memanjatkan doa memohon kebaikan kepada anak-anak perempuan mama. Sebab sebagai orangtua, tentunya kita juga menginginkan kebaikan kepada anak di mana pun ia berada.

Berikut ini doa yang bisa Mama panjatkan, yakni:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

4. Doa agar anak rajin beribadah

4. Doa agar anak rajin beribadah
Islamicity.org

Sebagai seorang Muslim, tentunya Mama juga ingin anak yang rajin beribadah. Hal ini bermaksud agar tak hanya terfokus pada hal mendidik secara teori saja ya, Ma. 

Umumnya sebagai orangtua juga harus mendoakan anak-anaknya agar rajin beribadah. Sebagaimana firman dalam Alquran surat Ibrahim ayat 40 oleh nabi Ibrahim kepada Allah SWT agar beliau dan anak cucunya tekun mengerjakan sholat dengan sebaik mungkin.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

5. Doa agar anak beriman dan bertakwa

5. Doa agar anak beriman bertakwa
Pexels/Gabby K

Selain rajin beribadah, penting juga mengajarkan pada anak untuk bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Walau dilakukan dengan pelan-pelan, maka dengan begitu mereka akan meyakinkan terhadap keberadaan Tuhan dan alam semesta.

Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT juga menjadi pondasi tertinggi bagi anak-anak yang perlu ditanamkan sejak dini. Jika mereka sudah beriman dan bertakwa, maka untuk menjalankan ibadah serta kebaikan yang diajarkan dalam Alquran pun akan lebih mudah.

Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT dalam Alquran surat Al Furqan ayat 74 berikut ini, yakni:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” 

Nah, itu dia pilihan doa untuk anak perempuan Mama. Semoga berbagai doa di atas bisa dipanjatkan untuk anak-anak mama di rumah agar senantiasa tumbuh menjadi pribadi yang baik ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.