Eksklusif: Family Man! Jonas Rivanno Ungkap Rasa Syukur dan Bahagia Menjadi Suami dan Papa

Jonas mengaku menjadi sosok yang bertanggung jawab atas kebahagiaan istri dan anak

15 November 2021

Eksklusif Family Man Jonas Rivanno Ungkap Rasa Syukur Bahagia Menjadi Suami Papa
Popmama.com/Michael Andrew

Masih dalam perayaan Hari Ayah Nasional 2021, pada bulan November ini Jonas Rivanno terpilih menjadi salah satu Millennial Papa of the Month edisi November 2021 yang memiliki banyak cerita inspiratif bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi family man  bagi keluarga. 

Sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah di dunia entertainment  Tanah Air, Jonas mengaku akan selalu menyempatkan waktunya untuk dihabiskan bersama istri dan anak tercinta.

Bukan lagi seorang Jonas Rivanno yang hidup sendiri, Papa dari Chloe Emmanuelle Van Wattimena mengaku kalau bicara soal anak, ada perubahan yang terlihat begitu jelas dalam dirinya saat ini. Ia merasa ada tanggung jawab besar yang ia pegang sebagai seorang suami dan juga Papa.

"Bedanya, kalau sekarang ada tanggung jawab berupa orang-orang yang harus dibahagiakan dan dicintai. Bukan lagi untuk diri saya saja, tetapi juga buat keluarga, buat istri, dan anak," ujarnya dalam wawancara ekslusif bersama Popmama.com.

Jonas juga menceritakan bagaimana ia begitu bersyukur akan kebaikan yang Tuhan berikan melalui Asmirandah dan juga Chloe. Menurutnya, sesibuk apa pun pekerjaan yang ia lakoni, keluarga tetap prioritas utama.

Lantas, bagaimana suami dari Asmirandah ini membagi waktu antara keluarga dan pekerjaannya di dunia hiburan?

Untuk mengetahui cerita inspiratif dari Jonas Rivanno, berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Arti penting keluarga menurut Jonas Rivanno

1. Arti penting keluarga menurut Jonas Rivanno
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai kepala keluarga, tentu kaluarga memiliki peran penting yang begitu berarti bagi seorang Jonas Rivanno. Ia menyebutkan, "Sebelum ada Chloe pun, buat saya keluarga itu sangat berarti."

Ia juga mengibaratkan sesuai dengan kepercayaan yang diyakninya bahwa Tuhan menciptakan keluarga dari adanya Adam dan Hawa, kemudian hubungan keduanya menjadi hubungan pertama yang diberkati oleh Tuhan. 

"Tuhan saja begitu suka sama yang namanya keluarga, sangat berarti buat Tuhan. Begitu juga saya, keluarga itu satu-satunya yang paling berarti. Saya kerja dan melakukan segala sesuatunya, ya itu buat keluarga, bukan buat yang lain," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Kunci penting membangun hubungan dengan keluarga

2. Kunci penting membangun hubungan keluarga
Popmama.com/Michael Andrew

Bukan hal baru lagi jika komunikasi adalah kunci terpenting dalam membangun fondasi yang kuat antara suami dan istri. Begitu pula yang dilakukan Jonas Rivanno dengan Asmirandah.

Ia menyebutkan, yang utama adalah penting sekali adanya komunikasi antara suami dan istri. Selanjutnya, Jonas juga menyebutkan bahwa kunci penting lainnya adalah selalu terbuka antara satu sama lain.

Terakhir yang tidak kalah penting dalam membangun hubungan dengan keluarga menurut Jonas adalah belajar menjadi orang yang lebih sabar. Sebab menurutnya, sabar itu tidak ada batasannya.

"Saya nggak setuju ketika orang bilang sabar ada batasnya. Menurut saya, yang namanya sabar itu nggak ada batasnya. Jadi untuk keluarga itu harus ekstra sabar, pokoknya jangan pernah berhenti untuk terus sabar. Sama istri, sama anak, itu pelajaran yang terus-menerus akan saya terapkan sampai kita mati," ujar suami Asmirandah ini.

3. Sosok suami dan Papa idaman

3. Sosok suami Papa idaman
Popmama.com/Michael Andrew

Ketika ditanya perihal perubahan yang terjadi pada Jonas saat masih seorang diri, dengan dirinya yang kini sudah menjadi suami dan Papa, ia mengaku bahwa terlihat begitu jelas perubahannya.

Di mana saat muda dulu, ia mengaku dirinya masih begitu labil atau belum bisa melihat dan memilih mana yang lebih baik dalam mengambil keputusan yang ada.

Namun saat ini, Jonas berubah menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab atas kebahagiaan istri dan juga anaknya tercinta.

4. Selalu bersyukur atas hadirnya Asmirandah dan Chloe

4. Selalu bersyukur atas hadir Asmirandah Chloe
Popmama.com/Michael Andrew

Dikelilingi dengan istri dan anak yang begitu menyayangi dan suportif akan kariernya, Jonas mengaku sangat bersyukur akan kebaikan Tuhan padanya melalui hadirnya Asmirandah dan Chloe.

Selain itu, ada banyak cara sederhana yang selalu ia dan istri terapkan untuk bersyukur atas segala berkat yang Tuhan berikan. Salah satunya beryukur saat bangun pagi karena masih bisa dikasih napas dan hidup bersama keluarga.

Ia menyebutkan, "Keluarga itu menurut saya sesuatu yang nggak layak untuk saya dapatkan, tapi saya dapatkan itu semua bukan karena kehebatan saya, tetapi karena kebaikan Tuhan. Itu yang jadi dasar hidup saya sama Andah," sambung Jonas menambahkan.

Ia dan istri belajar untuk selalu bersyukur atas segala karunia yang diberikan oleh Tuhan, terlebih Chloe. Di mana menurut Jonas, Chloe merupakan hadiah dan anugerah terbesar dari Tuhan dalam hidupnya dan Asmirandah.

"Saya ngelihat istri sama anak lagi main atau tidur aja bahagia, cukup dengan melihat mereka saja di situ bikin saya bersyukur seperti “Wah, Tuhan baik banget!” gitu," tutupnya.

Itulah hal-hal yang kemudian membuat Jonas Rivanno merasa hidupnya menjadi lebih berarti, karena rasa syukur dan kebahagiaan yang ia dapat dari adanya keluarga dalam hidupnya.

Mensyukuri apapun itu, selama keluarga bersatu, berkumpul bersama dalam keadaan sehat maka suka duka akan bisa dilalui bersama. Semoga bisa menjadi inspirasi ya Ma, Pa!

Millennial Papa of the Month Edisi November 2021 - Spesial Hari Ayah: Jonas Rivanno & Ammar Zoni

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Dhita Novebrin Nidia
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Ediarti
Photographer - Michael Andrew
Videographer & Editor - Jihan Zahira
Design - Shania Tabina Anandanoe
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba 
Wardrobe- Studio Moral (Jonas Rivanno), Mothercare (Chloe Emmanuelle Van Wattimena & Air Rumi Akbar 1453)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Spesial Hari Ayah 2021
Millennial Mama

Spesial Hari Ayah 2021

Pada Hari Ayah 2021, Popmama.com menampilkan dua Papa Millennial yang inspiratif, Ammar Zoni dan Jonas Rivanno

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.