Eksklusif: Daniel Mananta dan Viola Belajar Banyak Tentang Arti Kehidupan Selama Pandemi

Pandemi mengajarkan banyak hal baru bagi kehidupan Daniel dan Viola

27 September 2021

Eksklusif Daniel Mananta Viola Belajar Banyak Tentang Arti Kehidupan Selama Pandemi
Dok. Popmama.com

Terdapat banyak perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19 dan dampaknya banyak dirasakan oleh berbagai pihak. Sekitar satu setengah tahun seperti ini, tentu banyak aspek kehidupan jadi ikut merasakannya. 

Meski memberikan dampak yang beragam bagi banyak orang, rupanya pandemi justru memberikan pembelajaran baru bagi pasangan Daniel Mananta dan Viola Maria.

Terpilih sebagai Millennial Couple of the Month edisi September 2021. Daniel dan Viola menceritakan kehidupan mereka selama pandemi berlangsung. Dalam exclusive interview yang dilakukan bersama tim Popmama.com, Daniel menyebutkan:

"Saya merasa sudah melakukan banyak hal yang membuat saya sendiri menambah value dalam kehidupan. Jadi banyak hal baru yang dipelajari di pandemi ini," ucapnya.

Penasaran seperti apa cerita kehidupan keluarga Daniel Mananta dan Viola Maria selama pandemi berlangsung? Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini.

1. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama

1. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama
Dok. Popmama.com

Daniel dan Viola mengaku bahwa kegiatan selama pandemi di rumah saja banyak mereka habiskan untuk melakukan diskusi ringan setiap harinya. Kegiatan seperti ini dilakukan oleh mereka untuk bertukar cerita dan pandangan terkait isu-isu terkini atau permasalahan dalam keluarga.

"Jadi kegiatan kita sekarang ini karena lagi PPKM, kita lebih banyak di rumah sambil berdiskusi-diskusi ria," ujar Daniel yang disetujui oleh sang istri, Viola Maria.

Sejalan dengan apa yang diucapkan oleh Daniel, Viola pun mengaku bahwa ada banyak perubahan yang terjadi dalam keluarga mereka selama pandemi berlangsung.

Menurut Viola, "Banyak hal yang sebelumnya belum kita lakukan bareng, jadi bisa dilakukan saat ini setiap hari. Misalnya seperti sarapan bareng."

Editors' Picks

2. Viola dengan rutinitas yoga dan gardening

2. Viola rutinitas yoga gardening
Instagram.com/lolagin

Bukan hal yang mudah menjalani kehidupan di tengah pandemi yang masih terus berlangsung. Tentu butuh adaptasi baru dalam menjalani kehidupan yang berbeda dari sebelumnya.

Agar tetap 'waras' menjalani kehidupan di tengah pandemi, Viola Maria menyebutkan bahwa mengisi waktu luang dengan kegiatan positif adalah cara terbaik untuk membuat tubuh tetap 'waras' menjalani hari.

Viola mengaku kegiatannya selama pandemi banyak dilakukan untuk mengikuti kelas yoga. Ia menyebutkan, "Saya yoga 3 kali dalam seminggu sama instruktur saya yang ada di Bali. Ini terasa nyaman karena biasanya saya nggak bisa join kelas."

Selain mengisi waktunya dengan mengikuti kelas yoga secara virtual, istri presenter ternama Tanah Air ini juga menghabiskan waktu selama di rumah saja dengan mengubah bagian balkon apartemen mereka menjadi perkebunan hijau yang menyegarkan.

"Saya juga senang gardening di balkon apartemen. Itu sesuatu yang saya lakukan dan menikmatinya untuk melepaskan penat agar tetap waras (di kondisi pandemi)," sambungnya.

3. Lebih produktif membuat Daniel menambah value hidupnya

3. Lebih produktif membuat Daniel menambah value hidupnya
Dok. Popmama.com

Dikenal sebagai seorang pembawa acara kondang yang juga aktif dalam berbagai kegiatan, Daniel merasa pandemi ini membuat dirinya harus mengubah pribadi seorang Daniel Mananta ke jalan lain yang lebih beragam.

"Jadinya yang dilakukan adalah mengubah topi saya bukan sebagai seorang MC atau presenter, justru sekarang lebih produktif sebagai atlet, sebagai pelajar, suami, dan juga Papa," ujarnya.

Jika sebelumnya ia hanya dikenal sebagai seorang Daniel Mananta yang membawakan banyak acara ternama di Indonesia, kini Papa dua orang anak tersebut mengaku banyak belajar hal baru selama pandemi berlangsung. 

Pelajaran yang diambil Daniel selama pandemi justru membuatnya mendapatkan nilai-nilai kehidupan yang lebih bermakna. "Ada banyak hal yang sudah membuat saya sendiri menambah value dalam kehidupan."

4. Berbagi pengalaman bagaimana mempertahankan hubungan pernikahan

4. Berbagi pengalaman bagaimana mempertahankan hubungan pernikahan
Instagram.com/vjdaniel

Daniel Mananta diketahui menikahi Viola Maria, perempuan keturunan Jerman dan Italia pada Oktober 2011 silam. Meski sempat menyembunyikan kehidupan pernikahannya pada media, pandemi ini justru membuat Viola akhirnya berani terbuka kepada publik.

Menurutnya, kehidupan pernikahan selama 10 tahun terakhir bersama Daniel tentu bukanlah hal yang mudah.

Ia menambahkan, "Kita tahu pandemi ini membuat semua terasa sulit, saya rasa selama 10 tahun pernikahan ini Tuhan banyak memberikan pelajaran kepada kita bagaimana cara untuk membangun hubungan bersama."

Lewat Daniel Mananta Network, keduanya pun berbagi pengalaman kepada pasangan lain bagaimana mempertahankan hubungan pernikahan di tengah pandemi yang begitu berat. 

Daniel dan Viola ingin memberikan penguatan dan harapan baru bagi penontonnya melalui konten positif yang membuat banyak pasangan dapat memahami arti pernikahan yang sesungguhnya.

"Jadi dengan pengalaman kita selama 10 tahun ini mungkin kita bisa membantu orang lain untuk saling berbagai bagaimana kita melakukan ini, melakukan itu. Kita berharap kita bisa meyakinkan pasangan lain, bagaimana untuk tetap bertahan dan tidak menyerah dengan satu sama lain, pasti ada cara untuk mencintai satu sama lain kembali," lanjut Viola menjabarkan.

5. Date night sebagai rutinitas mingguan Daniel dan Viola

5. Date night sebagai rutinitas mingguan Daniel Viola
Instagram.com/lolagin

Daniel dan Viola percaya, dibutuhkan effort yang lebih untuk mempertahankan hubungan pernikahan. Terlebih di masa pandemi yang memiliki dampak besar bagi kehidupan keluarga.

Itulah mengapa cara yang dilakukan Daniel dan Viola adalah dengan melakukan date night yang mereka usahakan setiap minggunya.

"Di zaman pandemi ini, ternyata kita menyadari dibutuhkan yang namanya effort lebih untuk mempertahankan pernikahan. Saya sendiri sama Viola hampir setiap minggu kita usahakan banget yang namanya date night. Nggak ada handphone, nggak ada anak, cuma kita berdua aja." ujar Daniel.

Daniel menceritakan bahwa tujuannya melakukan date night bersama sang istri adalah agar hubungan keduanya bisa tetap dekat sampai tua nanti. 

Viola pun menambahkan, kegiatan seperti ini bisa menjadi pembelajaran bagi setiap pasangan untuk mengerti hubungan pernikahan seperti apa yang akan dibangun.

"Saling mengerti apapun perihal pernikahan. Itulah mengapa memerlukan banyak effort dalam membangun rumah tangga, because learning process is never ends," tutup Viola.

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.