7 Relationship Hack yang Harus Diketahui Pasangan Suami Istri

Nomer 4 banyak terjadi nih Ma

15 September 2019

7 Relationship Hack Harus Diketahui Pasangan Suami Istri
Unsplash/freestocks

Dokter Karen Phillip telah menjadi psikoterapis keluarga selama 15 tahun, banyak kisah tentang relasi suami istri yang sudah didengarkannya. 

Sebagai pakar hubungan yang berpengalaman, Dr. Phillip menyoroti ada pola mengapa pasangan berkelahi dan memilih perpisahan sebagai keputusan terakhir. "Selama dekade terakhir, saya telah menemukan bahwa begitu banyak masalah yang sama yang menggambarkan diri mereka sendiri," ungkapnya.

Cinta tidak cukup untuk menjaga pasangan tetap bersama selamanya.

Phillip menyarankan untuk mengatasi masalah pertengkaran sebelum mengarah pada akhir sebuah hubungan. Berikut adalah daftar relationship hack yang harus Mama dan pasangan ketahui untuk kehidupan yang lebih bahagia dan sukses bersama.

1. Perlu waktu 3 tahun untuk perkenalan

1. Perlu waktu 3 tahun perkenalan
Unsplash/rawpixel

Menurut penelitian, dibutuhkan waktu tiga tahun untuk benar-benar mengenal orang yang menjadi pasangan hidupmu. Dr. Phillip mengatakan bahwa perasaan kita yang sebenarnya terhadap mertua adalah yang terakhir ditunjukkan setelah memperlihatkan pasangan kita ke pasangan terlebih dulu.

Banyak fase yang mengajak kita untuk terus beradaptasi baik dengan pasangan, keluarganya, mau pun teman-temannya.

2. Diskusikan kapan kamu siap memiliki anak

2. Diskusikan kapan kamu siap memiliki anak
huffingtonpost.com

Ini penting untuk hubungan suami istri, umumnya pasangan baru ingin cepat memiliki keturunan. Namun tidak semua demikian, ada yang masih merasa perlu mengejar cita-cita di dunia karier, atau karena faktor kesehatan dan lainnya.

Philip menyatakan, “dalam 2 tahun pertama, penting untuk mengungkapkan dimana tiap orang berdiri untuk rencana hidupnya termasuk bicara tentang anak-anak dan bermacam masalah lainnya.”

3. Kerukunan dengan mertua

3. Kerukunan mertua
weddingbee.com

Hindari kalimat, “kok bisa ya mereka melakukan itu” yang ditujukan untuk mertua kamu. Yang harus kamu coba adalah mencintai mereka tanpa syarat.

"Kita harus menunggu setidaknya 12 bulan, atau kepura-puraan masih ada," kata Phillip. Pelajari kebiasaannya dan jadilah pengamat yang baik karena dengan cara ini, kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk terbebas dari keributan.

Editors' Picks

4. Anggapan selingkuh yang berawal dari pertemanan di media sosial

4. Anggapan selingkuh berawal dari pertemanan media sosial
somtom.com

Pada 10 tahun lalu, ini mungkin belum menjadi bahasan penting. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan, perselingkuhan bisa teridentifikasi melalui media sosial.

Dr. Philip mendukung untuk melakukan transparansi, seperti pasangan diperbolehkan untuk melihat smartphone satu sama lain pada waktu tertentu. Mungkin ada percakapan di Facebook kamu yang ingin diketahui oleh pasangan kamu.

5. Kehidupan seks bersama pasangan

5. Kehidupan seks bersama pasangan
Unsplash/qwitka

Ada perbedaan cara pandang laki-laki dan perempuan mengenai sebuah hubungan seks. Dari fase ke fase, sudut pandang pun bisa mengalami perubahan.

Perubahan pola pikir tentang seks biasanya dipengaruhi dengan kehidupan sosial, ekonomi, kesibukan sehari-hari, jabatan pekerjaan di kantor, usia dan lain-lain.

Itulah sebabnya kamu harus membicarakan seks dengan pasangan dari hati ke hati setiap tahun.

Menurut Dr. Philip, “Saya menemukan 99% keadaan, laki-laki menginginkan lebih sering melakukan hubungan seks dibandingkan yang bisa diberikan oleh perempuannya.”

Biasakan lakukan foreplay sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan, inilah yang bisa membantu hubungan tetap terjaga dan berkualitas.

6. Tidak berdebat di depan mertua

6. Tidak berdebat depan mertua
Unsplash/qwitka

Lagi-lagi kamu perlu mempertimbangkan segalanya demi mertua. Sebaiknya mertua tidak perlu mengetahui perdebatan antara kamu dan suami.

Kenapa begitu?

Saat Ia mendengar keributan dan kamu menyudutkan anaknya mungkin Ia akan menyimpan sakit hati yang dalam. Sementara di lain waktu kamu sudah berbaikan dengan suami, dan mertua masih menyimpan sakit hati.

Belum tentu kamu bertengkar dengan suami di depan mertua malah akan mendapatkan simpatinya, bisa saja ini membuat hubungan kamu dengan mertua jadi kurang baik.

7. Jangan ragu mengatakan "I Love You"

7. Jangan ragu mengatakan "I Love You"
Pexels/freestocks.org

Ungkapan sayang bisa membuat hati pasangan kamu berbunga-bunga. Katakan dengan hatimu. Bagi orang yang kesulitan mengingat kapan terakhir kali mengatakan i love you untuk pasangannya, itu berarti ada yang salah dengan hubungan mereka.

Itulah 7 relationship hack yang Popmama.com simpulkan sebagai panduan untuk menjaga hubungan suami istri. Tentu semua perlu dilakukan agar kamu dan pasangan memiliki hubungan yang harmonis. Menikah bukan sekedar mencintai pasangan, tapi juga lingkungan sosialnya secara menyeluruh.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.