Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Angelina Sondakh Ungkap Rasa Sakit Jauh dari Anak saat Dipenjara

Angie mengaku menyesal dan merasa bukan ibu yang baik untuk anak semata wayangnya

4 April 2022

Angelina Sondakh Ungkap Rasa Sakit Jauh dari Anak saat Dipenjara
Instagram.com/keanu_massaid

Selama 10 tahun Angelina Sondakh hidup di balik jeruji besi karena mempertanggung jawabkan perbuatannya sebagai terdakwa kasus korupsi. Saat diwawancarai oleh Rosiana Silalahi di Kompas TV, tangisnya pecah saat menceritakan soal anak.

Angelina Sondakh tak kuasa menahan tangis saat menceritakan kisah perjuangannya di dalam penjara untuk bertemu anaknya, Keanu Massaid.

Puteri Indonesia 2001 itu pun mengaku sangat menyesal dan merasa bukan ibu yang baik untuk putranya tersebut.

Popmama.com rangkum pengakuan Angelina Sondakh soal rasa sakitnya jauh dari anak saat dipenjara.

1. Aksi bongkar sampah dan gali parit demi lihat wajah sang Anak

1. Aksi bongkar sampah gali parit demi lihat wajah sang Anak
Instagram.com/keanu_massaid

Dalam video yang tayang di Youtube itu, politisi yang akrab disapa Angie ini mengungkapkan perjuangan bertemu sang Anak saat masih dipenjara. Ia mengaku tak malu mem bongkar sampah hingga menggali parit demi untuk melihat wajah putranya.

Waktu kunjungan yang dibatasi hingga pukul 15.00 WIB membuatnya kesulitan bertemu sang Putra. Sementara Keanu sendiri baru pulang sekolah pukul 15.00 WIB.

Sehingga saat waktu kunjungan selesai, sang Putra justru baru bisa datang. Oleh karenanya segala cara ia lakukan hanya untuk sekedar melihat wajah anaknya.

"Kalau mau dibilang itu kayak modus, jadi aku harus mencari jalan untuk bisa bertemu Keanu. Karena waktu kunjungan dibatasi, Keanu pulang jam 3 sore, kunjungan ditutup jam 3 sore. Sampai di lapas jam 4 sore dan tidak boleh lagi diizinkan untuk masuk. Kalau aku nggak gali parit, aku nggak bongkar sampah aku nggak akan dapat izin untuk ke pintu depan, karena itu area steril, walaupun aku dicemooh," jelas Angie di Youtube Kompas TV, Sabtu (2/4/2022).

Editors' Picks

2. Angie sempat dicibir karena usahanya ikut bersih-bersih demi bisa melihat wajah Keanu di gerbang

2. Angie sempat dicibir karena usaha ikut bersih-bersih demi bisa melihat wajah Keanu gerbang
Instagram.com/keanu_massaid

Mendapat banyak cibiran saat itu, Angelina tak gentar dan lebih fokus berjuang untuk bisa bertemu putranya. Kegiatan kebersihan yang dilakukan Angelina Sondakh itu bisa membantunya untuk berada di daerah perbatasan pintu gerbang, sehingga memungkinkan Angie melihat Keanu.

"Jadi aku harus memacul hanya untuk melihat dia (Keanu)," tambahnya.

Namun, karena ada peraturan baru sola kebijakan kunjungan anak Angie sangat bersyukur. Sebab, waktu kunjungan anak bisa dilakukan dari 15.30-16.30 WIB.

"Alhamdulillah dengan pak menteri yang sekarang ini, terus diberikan jadwal kunjungan anak, dari jam setengah 4 sampai setengah 5," tutur perempuan yang akrab disapa Angie.

3. Dipenjara 10 tahun, Angie merasa bukan ibu yang baik bagi anaknya

3. Dipenjara 10 tahun, Angie merasa bukan ibu baik bagi anaknya
Instagram.com/keanu_massaid

Pada kesempatan yang sama itu Angie juga mengungkapkan penyesalannya terlibat kasus korupsi. Ini membuatnya tidak bisa menghabiskan waktu bersama Keanu dan tidak memberikannya contoh yang baik sebagai orangtua, khususnya sebagai seorang ibu.

"Tentu saja tidak (bangga), sama sekali tidak. Ketika aku keluar penjara, aku mengatakan sangat menyesal. Salah satunya aku merasa bukan ibu yang baik. Karena aku Keanu ikut menderita," tutur Angie.

4. Angie menyesal, tak seharusnya hidup Keanu semenyatkitkan itu saat ia kecil

4. Angie menyesal, tak seharus hidup Keanu semenyatkitkan itu saat ia kecil
Instagram.com/angelinasondakh09

Angie pun menceritakan hal-hal yang seharusnya tak dialami Keanu saat usianya yang saat itu masih kecil. Setelah Keanu kehilangan sang Papa, Adji Massaid di usia 1,5 tahun. Ia juga harus melihat ibunya dipenjaga di usia balitanya.

"Ia harus kehilangan ayahnya di usia 1,5 tahun dan aku bukannya ada disitu untuk mendampingi tapi malah berbuat bodoh. Dan akhirnya aku harus meninggalkan Keanu lebih lama lagi," ucapnya.

Meski begitu, Angie ingin Keanu memberinya kesempatan untuk bisa menjadi ibu yang baik ke depannya. Masa lalu yang tidak bisa diubah sudah membuatnya sangat menyesali telah meninggalkan anaknya itu dipenjara.

"Terus terang, andaikan Keanu memberikan saya kesempatan aku belajar untuk itu. Walaupun aku tidak seperti yang dulu lagi. Tetapi kita bisa menemukan kebahagiaan pada hal-hal yang sederhana, tidak perlu lagi hidup mewah," pungkas Angie.

5. Keanu menguatkan Angie untuk bisa bertahan dan bertanggung jawab dengan kesalahannya

5. Keanu menguatkan Angie bisa bertahan bertanggung jawab kesalahannya
Instagram.com/angelinasondakh09

Cahaya hidup seorang Angelina Sondakh adalah anak semata wayangnya, Keanu Massaid. Dari wawancara yang dilakukannya itu ketika menyebut Keanu, Angie tak bisa menahan air matanya.

Dari sana terlihat bahwa sebagai seorang Mama, ia begitu rapuh di depan anaknya. Tak ingin banyak orang apalagi perempuan terjerumus ke kasus korupsi, Angelina Sondakh berpesan agar selalu ingat anak ketika akan berbuat sesuatu hal 'bodoh' seperti yang dilakukannya dulu.

"Jangan pernah ada di lingkaran korupsi, ingat anak saja. Gara-gara saya yang bodoh, melakukan hal yang tidak baik, Keanu menderita. Kalau Keanu bisa ngomong saat itu, sekalipun dia berusaha menutupi itu, saya tahu dia sangat terluka," tuturnya.

Itulah tadi Angelina Sondakh ungkap soal rasa sakitnya jauh dari anak saat dipenjara. Kita doakan semoga Mama Angie dan Keanu bisa menikmati waktu saat ini lebih bahagia bersama ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk