Amalan untuk Suami Istri yang Rajin Salat Malam, Bisa Dapat Pahala

Membantu dalam kebaikan terutama ibadah disarankan oleh nabi lho, Ma!

17 Oktober 2021

Amalan Suami Istri Rajin Salat Malam, Bisa Dapat Pahala
Pexels/Monstera

Setelah memutuskan untuk menikah, Papa dan Mama sebagai pasangan jangan melupakan tujuan awal dari pernikahan itu sendiri, yaitu beribadah kepada Allah.

Sesudah menikah, segala urusan yang dilakukan bisa menjadi ibadah, seperti bekerja, mengurus anak, mencari nafkah, bahkan menjalankan salat malam bersama dengan pasangan.

Apakah Mama tahu bahwa Rasulullah menyukai pasangan suami istri yang saling membangunkan untuk salat malam?

Berikut beberapa doa nabi untuk pasangan suami istri yang rajin salat malam. kali ini Popmama.com telah menyiapkan informasi detailnya. 

Editors' Picks

1. Sabda Rasulullah tentang tentang rahmat yang diturunkan kepada suami istri

1. Sabda Rasulullah tentang tentang rahmat diturunkan kepada suami istri
Pixabay/mohamed_hassan

Anjuran beribadah harus selalu dilaksanakan oleh suami dan istri, diharapkan bisa terus konsisten menjalankan perintah Allah.

Sama halnya kepada pasangan, Allah akan menurunkan rahmat jika keduanya saling membantu dalam kebaikan terutama soal ibadah.

Dilansir dari Bincang Muslimah, ada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud sebagai berikut:

“Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Semoga Allah menurunkan rahmat kepada seorang laki-laki yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan istrinya. Apabila istrinya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah istrinya. Semoga Allah juga menurunkan rahmat kepada seorang perempuan yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan suaminya. Jika suaminya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah suaminya.”

2. Mendorong pasangan untuk melakukan ibadah salat malam

2. Mendorong pasangan melakukan ibadah salat malam
Pexels/RODNAE Production

Bahkan Abdul Mahasin Al-Ibad dalam kitab Syarah Sunan Abi Daud menjelaskan bahwa bagi pasangan yang paling rajin dalam beribadah malam atau bangunnya lebih cepat, hendaknya orang tersebut mendorong pasangannya untuk melakukan hal yang sama.

Dalam buku Qiraah Mubadalah, bukan hanya suami yang menjadi sumber pengetahuan dan kebenaran, tetapi perempuan juga dianjurkan untuk mendorong pada kebaikan dan kebenaran.

Hadis ini juga menunjukkan bahwa suami dan istri punya kesempatan yang sama dalam mendapatkan rahmat dari Allah.

Mereka akan dicatat sebagai orang yang sering mengingat Allah dengan berzikir dan melaksanakan salat bersama-sama.

“Abu Said Al-Kudri dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya lalu mereka salat dua rakaat bersama-sama, maka mereka dicatat di antara orang-orang laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah.”

3. Dijanjikan ampunan dan pahala yang besar bagi yang melaksanakan ibadah

3. Dijanjikan ampunan pahala besar bagi melaksanakan ibadah
Pexels/Michael Burrows

Saling membantu dalam kebaikan adalah tugas suami dan istri, terutama soal ibadah. Agar mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.

Hal ini tertuang dalam Surat Al-Ahzab ayat 35 yang berbunyi:

Innal-muslimina wal-muslimati wal-mu'minina wal-mu'minati wal-qanitina wal-qanitati was-sadiqina was-sadiqati was-sabirina was-sabirati wal-khasyi'ina wal-khasyi'ati wal-mutasaddiqina wal-mutasaddiqati was-sa'imina was-sa'imati wal-hafizina furujahum wal-hafizati waz-zakirinallaha kasiraw waz-zakirati a'addallahu lahum magfirataw wa ajran 'azima

Artinya:

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Wah, ternyata saling membantu dalam urusan kebaikan pasti akan mendapat ganjaran yang besar juga nih, Ma. Terutama soal salat malam atau salat tahajud.

Semoga Mama dan Papa selalu mengamalkan semua ibadah dengan baik ke depannya, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.