Apa Itu Foot Fetish? Terangsang saat Melihat Kaki Seseorang

Ternyata ada lho fetish terhadap kaki

20 April 2021

Apa Itu Foot Fetish Terangsang saat Melihat Kaki Seseorang
Freepik/Racool_studio

Beberapa orang mungkin memiliki festish yang beragam, mungkin terangsang dengan suara desahan pasangan saat berhubungan seks atau mungkin hal lainnya.

Apakah Mama tahu dengan fetish seks terhadap kaki? Jika sering menonton film porno mungkin ada beberapa adegan yang sering ditampilkan dengan melibatkan kaki saat berhubungan seks.

Foot fetish atau festish terhadap kaki adalah minat erotis pada kaki yang berarti tertarik secara seksual, layaknya handjob. Seseorang yang mempunyai foot fetish pun seolah akan terobsesi dan terangsang secara seksual ketika melihat kaki pasangannya. Dari rangsangan dan ketertarikan tersebut aktivitas seksual yang melibatkan kaki atau foot play bisa saja terjadi selama sesi bercinta. Segala sesuatu yang biasanya menggunakan tangan akan diganti dengan kaki. 

Apakah seks dilakukan dengan kaki ini aman? Dilansir dari Shape, kali ini Popmama.com punya informasinya secara detail. 

1. Foot fetish termasuk ke dalam jenis parsialisme

1. Foot fetish termasuk ke dalam jenis parsialisme
Pexels/Cats Coming

Sama seperti festish lain, seseorang yang memiliki foot fetish ini bisa seolah akan terobsesi dan terangsang secara seksual ketika melihat kaki orang lain. 

Perlu diketahui bahwa jenis fetish ini termasuk parsialisme, yaitu berarti mempunyai ketertarikan secara seksual ke bagian tubuh tertentu padahal biasanya tidak dianggap seksual.

Banyak orang yang memiliki minat erotis pada kaki masih dapat juga melakukan hubungan seks seperti biasanya, di mana masih melibatkan penis dan vagina untuk menciptakan keintiman saat bercinta.

Menurut terapis seks, Kimberly Resnick Anderson dikatakan bahwa fetish terhadap kaki cukup umum terjadi. Ia menjelaskan bahwa ada banyak referensi tentang fetish kaki dalam budaya pop. 

Editors' Picks

2. Mengapa harus terangsang saat melihat kaki?

2. Mengapa harus terangsang saat melihat kaki
Pexels/cottonbro

Menurut Kristie Overstreet sebagai salah satu seksolog sekaligus psikoterapis, ia menjelaskan bahwa tidak ada alasan konkret di balik pertanyaan mengapa harus kaki yang jadi fetish seseorang.

Namun, ada beberapa teori tentang "mengapa orang menginginkan fetish kaki?" Ini bisa saja terjadi misalnya dari pengalaman dengan objek non-seksual di masa kanak-kanak sampai dewasa.

Beberapa teori lain yang menjelaskan tentang ketertarikan seseorang ketika melihat kaki dan merasa terangsang, antara lain: 

  • Kaki memiliki banyak sekali ujung saraf, kira-kira sekitar 7.000. Ujung saraf itu akan mengirimkan sensasi ke seluruh tubuh, sehingga dapat membuat perhatian ekstra terasa cukup menyenangkan.
  • Ketika jari kaki dan alat kelamin berada tepat berada di samping satu sama lain, maka di dalam korteks area somatosensorik pada otak bisa memproses sensasi tersendiri. 

Menurut Kristie, mengetahui beberapa alasan mengapa orang mungkin menyukai foot fetish karena tidak memerlukan alasan yang pasti. Jika menyukai sesuatu, maka akan dilakukan begitu saja.

3. Apakah foot play termasuk aktivitas seksual yang berisiko?

3. Apakah foot play termasuk aktivitas seksual berisiko
Pexels/Ketut Sugiyanto

Dalam mencegah kehamilan, foot play termasuk salah satu aktivitas seksual yang aman. Namun, itu tidak berarti bahwa segala sesuatunya berjalan baik.

Penggunaan kaki untuk memainkan alat kelamin pasangan bisa memicu terjadinya infeksi kulit, apalagi jika kaki tidak dalam keadaan bersih. Infeksi kulit itu termasuk kutu air (jamur) dan moluskum kontagiosum (virus), sehingga dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

Berhati-hatilah dengan luka yang dialami pasangan sebelum melakukan foot play. Jika melihat kutil, lecet atau sesuatu yang meragukan terjadi di kaki usahakan jangan memaksakan untuk melakukan aktivitas seksual.

Tidak hanya kaki, aktivitas seksual yang menggunakan tangan pun sama bahayanya. Itulah sebabnya harus selalu mencuci tangan sebelum terlibat lebih jauh.

Aturan praktis yang baik untuk pasangan suami istri, yakni jika ingin mencoba permainan kaki dalam melakukan aktivitas seksual cobalah untuk memperhatikan kebersihan terlebih dahulu. Tujuannya agar lebih aman. 

Dalam hal ini, cuci kaki sebelum bermain dan pastikan tidak ada yang luka terbuka karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan pasangan.

4. Ciri-ciri pasangan yang menyukai foot play

4. Ciri-ciri pasangan menyukai foot play
Freepik/chevanon

Jika pasangan terangsang atau merasa terobsesi terhadap kaki kamu, maka pasti ada alasan tersendiri. Ada fantasi seks tersendiri memang ketika sudah memiliki fetish. 

Berikut beberapa ciri-ciri pasangan yang menyukai foot play sebagai aktivitas seksual, antara lain:

  • Menanyakan apakah mereka boleh mencium, menjilat, mengisap atau memijat kaki pasangannya sebelum atau selama berhubungan seks.
  • Menanyakan apakah pasangan bersedia melakukan footjob seperti handjob kepadanya menggunakan kaki.
  • Menanyakan apakah pasangannya bisa menutupi wajah mereka dengan kaki.
  • Mereka menikmati momen-momen saat pasangannya melakukan pedikur.
  • Mereka senang mengecat kuku kaki atau mencuci kaki pasangannya. 
  • Mereka senang mencium kaki, kaus kaki atau sepatu yang dikenakannya. 

5. Bagaimana foot play dalam kehidupan seks

5. Bagaimana foot play dalam kehidupan seks
Unsplash/Dainis Graveris

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menambahkan foot play atau foot sex yang menyenankan ke dalam kehidupan seks pribadi bersama pasangan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pijat kaki atau gelitik kaki pasangan, sehingga bisa membuat kedua belah pihak sama-sama terangsang
  • Pedikur dilakukan profesional atau oleh pasangan.
  • Ciuman kaki atau mengisap bagian jari kaki.
  • Memanjakan kaki seolah diberikan perhatian yang lebih spesial, misal mencuci kaki, menghiasinya dengan perhiasan atau mengecat kuku kaki agar terlihat menarik.

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait foot fetish dan foot play sebagai aktivitas seksual yang melibatkan kaki. Ini bisa menjadi pengetahuan tersendiri ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.