Bisakah Pasangan Suami Istri Bertemu Kembali di Akhirat?

Semoga kita dipertemukan dengan pasangan ya, Ma!

21 September 2021

Bisakah Pasangan Suami Istri Bertemu Kembali Akhirat
Unsplash/Aditya Anzaroktavian

Bagi pasangan suami istri, menikah dengan niat yang tulus untuk beribadah bisa membuka gerbang kebaikan bagi semua. 

Hal ini karena setiap suami dan istri menerapkan ajaran dan senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Keharmonisan juga akan dirasakan keduanya dalam pernikahan, sehingga bisa membangun bahtera rumah tangga yang bahagia.

Namun, kita sering sekali berpikiran "bisakah pasangan suami istri bertemu kembali di akhirat kelak?"

Nah, untuk menjawab hal itu, Popmama.com sudah merangkum informasinya secara detail di bawah ini. Simak selalu, ya!

Editors' Picks

1. Pandangan M. Quraish Shihab

1. Pandangan M. Quraish Shihab
Instagram.com/najwashihab

Seperti dikutip dari Bincang Syariah, Abi Quraish melihat jodoh di akhirat bisa saja sama dengan jodoh di dunia, tetapi bisa juga tidak sama.

Dalam sebuah cerita dalam Sirah Nabawiyah, ada kisah seorang istri nabi bernama Ummu Salamah. Dia sangat cinta suaminya, tetapi suaminya gugur dalam perang. Untuk membalas jasa-jasa suaminya yang telah gugur di medan perang, Ummu Salamah dilamar oleh Nabi Muhammad.

Beliau mengirim Umar bin Khattab untuk menyampaikan maksudnya kepada Ummu Salamah. Sebagaimana diketahui bahwa pernikahan Nabi, salah satunya untuk menolong janda-janda.

Ummu Salamah pada awalnya tidak bersedia, dikarenakan dia sangat mencintai suaminya. Apalagi dia sudah berumur, banyak anak dan banyak juga yang cemburu.

Namun atas bujukan Rasulullah, akhirnya mereka menikah. Suatu ketika Ummu Salamah terkenang suaminya, lalu dia berkata dalam hati:

“Bagaimana nanti saya di akhirat? Saya punya suami nabi, saya juga mencintainya tetapi saya juga mempunyai suami yang lalu yang saya cintai.”

Maka dia bertanya kepada nabi terkait pertanyaan serupa. Rasulullah menjawab “Wahai Ummu Salamah, ketahuilah di akhirat nanti seorang perempuan yang mempunyai dua suami dalam perjalanan hidupnya, maka di akhirat dia akan ditanya, dengan siapa kamu mau bersama. Maka dia akan memilih siapa yang paling baik akhlaknya.”

Dapat kita ketahui bahwa saat di surga kelak, Allah akan memberikan kepada istri, dengan siapa ia ingin bersama pasangannya.

Perlu diketahui juga bahwa di akhirat tidak akan ada rasa cemburu. Cemburu hanya ada di dunia untuk mendorong seseorang mencapai kesempurnaan.

Kita tidak bisa menyamakan kehidupan di dunia dengan kehidupan setelah kematian.

2. Bersatunya kembali dua insan menurut surat At-Tur ayat 21

2. Bersatu kembali dua insan menurut surat At-Tur ayat 21
Freepik
joker with card

Wallazina amanụ wattaba'at-hum zurriyyatuhum bi’imanin alḥaqna bihim zurriyyatahum wa ma alatnahum min 'amalihim min syai, kullumri’im bima kasaba rahin

Artinya:

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.”

Penjelasan ayat di atas dapat kita pahami bahwa di surga Allah SWT mempertemukan orangtua, termasuk pasangan kita dengan keturunan yang beriman. Sebagai buah dari ketakwaan dan anugerah yang Allah berikan.

3. Bagaimana jika ada yang belum menikah di dunia?

3. Bagaimana jika ada belum menikah dunia
Pexels/Pixabay

Kebaikan Allah SWT tak akan sampai kita kira dan tak bisa kita hitung banyaknya, termasuk bagi perempuan yang belum menikah selama di surga kelak.

Dikutip dari Muslimah.or.id, jika ada perempuan belum menikah selama di dunia, ia akan dinikahkan Allah dengan laki-laki yang ia cintai di surga.

Orang beriman yang mendapat kenikmatan di surga tidak selalu laki-laki saja, melainkan juga untuk perempuan. Salah satu bentuk kenikmatan surga, yakni sebuah pernikahan.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan bahwa pasangan suami istri yang beriman bisa bersatu kembali di surganya Allah SWT.

Semoga kita semua bisa jadi pribadi yang lebih taat dan takwa lagi terhadap perintah sang Pencipta, sehingga dapat dipertemukan dengan pasangan di surga kelak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.