Harus Tenang, Begini Cara Tepat Menyikapi Pasangan yang Ingin Bercerai

Usahakan jangan gegabah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan!

4 April 2021

Harus Tenang, Begini Cara Tepat Menyikapi Pasangan Ingin Bercerai
Freepik

Bagaimana jika dihadapkan dengan posisi saat pasangan kita meminta untuk bercerai, sedangkan kita sama sekali tidak ingin itu terjadi?

Mungkin akan terasa membingungkan dan serba salah saat ingin bertindak, namun ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar pasangan mengurungkan niatnya saat ingin bercerai.

Keharmonisan keluarga juga harus didasari oleh faktor komunikasi yang berkualitas. Ini perlu diterapkan ketika sedang dalam kondisi baik-baik saja, maupun sedang ada permasalahan rumah tangga.

Dilansir dari Very well Mind, kali ini Popmama.com akan membagikan upaya untuk menyikapi pasangan yang meminta ingin bercerai

Editors' Picks

Apa yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Meminta untuk Bercerai?

Apa Harus Dilakukan Jika Pasangan Meminta Bercerai
Freepik/wayhomestudio

Cobalah langkah-langkah proaktif ketika berusaha ingin memperbaiki keretakan rumah tangga. Ini perlu dilakukan sebagai upaya membantu pasangan untuk mengubah pikirannya saat ingin bercerai.

Dengan begitu, pasangan akan sadar bahwa tujuannya bukan hanya untuk menghindari perceraian, tetapi untuk meningkatkan kesehatan hubungan. Berikut beberapa hal harus dilakukan, antara lain: 

  • Berusaha untuk menghormati pasangan.
  • Menghindari topik yang akan memancing perdebatan dengan pasangan.
  • Memberi pasangan ruang dan waktu untuk berpikir atas keputusannya tersebut.
  • Minta bantuan konselor atau psikolog yang bisa menjadi penengah, sehingga membantu pernikahanmu dengan pasangan. 
  • Bersikap percaya diri dan memberi kesempatan kepada pasangan untuk menentukan pilihannya dengan berbagai pertimbangan.
  • Berusaha menjadi diri yang terbaik untuk intropeksi atas apa yang pernah dilakukan, bahkan berusaha untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.
  • Biarkan pasangan melihat perubahan dengan alami. Tanpa ada paksaan tanpa manipulasi, sehingga cinta bisa hadir kembali untuk menyelamatkan pernikahan.
  • Mengizinkan pasangan untuk bertanya kekhawatiran yang dialaminya hingga menginginkan percaraian. Dalam proses diskusi tersebut sampaikan dengan tulus keinginan untuk melanjutkan pernikahan namun tanpa paksaan. Selama pembicaraan berlangsung, jadilah pendengar yang aktif dan tidak memotong pembicaraan. 

Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Pasangan Ingin Bercerai?

Apa Saja Tidak Boleh Dilakukan Jika Pasangan Ingin Bercerai
Freepik/Senivpetro

Menyelamatkan pernikahan tidak akan berhasil jika dilakukan dengan emosi negatif termasuk saat putus asa, marah yang berlebih hingga dendam terhadap pasangan.

Tindakan tersebut justru akan sulit menyelamatkan pernikahan dan emosi negatif tersebut perlu dihindari. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika pasangan ingin bercerai, antara lain: 

  • Melampiaskan emosi justru ke suatu yang negatif justru akan memperburuk keadaan

Ada beberapa hal yang perlu dihindari, misalnya saja mengonsumsi minuman beralkohol, menggoda orang lain supaya pasangan cemburu atau mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak tepat. Langkah ini tidak akan membuat pasangan membatalkan perceraian karena justru bisa memperburuk keadaan. 

  • Berlebihan saat memohon untuk mengurungkan niatnya

Mengejar atau bahkan menekan pasangan supaya membatalkan perceraian bisa jadi akan memperburuk suasana. Ia bisa saja cenderung meneruskan rencana perpisahan, apalagi jika melihat pasangannya terlalu berlebihan dalam menyikapi sesuatu. 

  • Berubah sikap menjadi terlalu baik

Dengan memberi hadiah yang sebelumnya tidak biasa dilakukan mungkin tak akan memperbaiki keadaan. Perlu diingat bahwa cinta tidak bisa begitu saja kembali, apalagi dengan sikapmu yang tiba-tiba berubah.

  • Membeberkan masalah bersama pasangan kepada teman dan keluarga dengan tujuan mendapat dukungan

Menceritakan permasalahan rumah tangga ke orang lain tentu akan membuat pasangan menjadi tambah kesal, bahkan tekadnya untuk bercerai semakin bulat. 

  • Memperlihatkan kemesraan secara berlebihan

Melakukan hal ini kepada pasangan yang ingin bercerai justru akan memperburuk keadaan. Perlu dipahami bahwa kondisi emosi dan suasana hati pasangan sedang tidak stabil.

  • Menjadi posesif dan ketergantungan

Sikap tersebut justru akan membuat pasangan yakin untuk menjauh dan mungkin tidak membatalkan keinginannya yang ingin bercerai.

  • Mengikuti pasangan seolah-olah takut kehilangan

Sikap tersebut tidak akan serta merta membuat pasangan menjadi iba dan membatalkan perceraian. Biasanya pasangan yang berencana bercerai lebih butuh waktu dan ruang untuk sendir, sehingga bisa berpikir lebih jernih.

  • Memata-matai pasangan

Dengan membuntuti, seperti memeriksa e-mail, menyadap ponsel dan lain sebagainya justru akan semakin menghancurkan kepercayaan pasangan.

Tips Membangun Komunikasi agar Lebih Sehat dan Positif

Tips Membangun Komunikasi agar Lebih Sehat Positif
Unsplash/Jonathan Borba

Lakukan perubahan positif setiap harinya bersama pasangan menjadi sebuah ide yang bagus. Walaupun ada beberapa perilaku atau sifat yang mungkin pasangan tidak suka.

Melakukan komunikasi yang intens akan membantu meningkatkan kemampuan suami dan istri dalam membangun keharmonisan keluarga.

Sudah tahu kan apa yang perlu dilakukan untuk membujuknya sekaligus mengurunkan niatnya bercerai. Jika pasangan menginginkan ruang dan ingin sendiri dulu, usahakan jangan coba menganggunya. Mungkin ia ingin menenangkan emosinya terlebih dahulu dan bisa kembali berpikir jernih.

Tetap tenang apabila sedang ada di fase ini, lalu lakukan yang terbaik bersama pasangan untuk menciptakan keharmonisan dalam berumah tangga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.