TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Ciri-Ciri Suami Menutupi Sesuatu dari Istrinya

Kira-kira suami di rumah sedang menyembunyikan sesuatu atau tidak nih, Ma?

29 Desember 2021

5 Ciri-Ciri Suami Menutupi Sesuatu dari Istrinya
Freepik/cookie_studio

Keterbukaan komunikasi pasangan suami istri harus dilakukan untuk terjalinnya kepercayaan serta kelancaran dalam berumah tangga.

Namun, semuanya tidak selalu berjalan dengan mulus, karena ada saja perilaku suami yang terkadang mencurigakan. Tak jarang, suami yang selalu menutupi sesuatu dari istrinya. Hal ini dikarenakan takut istrinya marah atau merasa kecewa.

Nah, penting bagi Mama untuk mengetahui beberapa ciri-ciri ketika suami sedang menutupi sebuah rahasia. Kali ini Popmama.com sudah menyiapkan informasinya secara lebih detail. 

1. Nada bicara yang berbeda dari biasanya

1. Nada bicara berbeda dari biasanya
Pixabay/Schwerdhoefer

Ketika suami sedang menutupi sesuatu, biasanya bicaranya akan gugup seperti terbata-bata. Begitu juga dengan nada suaranya yang terkadang tinggi terkadang rendah, bahkan terbilang tidak stabil.

Dikarenakan sedang merasa grogi, mereka pun ketika berbicara terkadang tidak jelas. Tentu hal ini berkaitan dengan suara bahkan ekspresi wajahnya.

Saat menutupi sesuatu hal, nada bicara dan ekspresi wajah suami akan berbeda dari biasanya. Jika ciri ini terlihat jelas, maka Mama perlu bertanya langsung ke pasangan. 

Editors' Picks

2. Menghindar atau berusaha mengalihkan sesuatu

2. Menghindar atau berusaha mengalihkan sesuatu
Freepik/drobotdean

Nah, ciri yang kedua dari suami menutupi sesuatu dari istrinya, yakni mereka berusaha menghindari dari pertanyaan yang mengarah kepada hal tersebut.

Tentu, bukan sekadar menghindar, bahkan suami juga akan berusaha mengalihkan ke topik tertentu. Terkadang suami beranggapan berbohong demi kebaikan itu baik, namun tindakan tersebut justru bisa membuat istrinya kecewa karena merasa tidak jujur.

Ketika ditanya atau dikorek tentang apa yang ditutupinya, biasanya suami yang sedang menutupi sesuatu akan sering menjawab dengan singkat.

3. Gestur atau gerak gerik yang tidak biasa

3. Gestur atau gerak gerik tidak biasa
Freepik

Bagi sebagian orang, ketika sedang menutupi sesuatu pasti ada hal yang tidak nyaman dirasakan oleh tubuhnya. Entah gerak-gerik yang mencurigakan atau hal lainnya.

Ketika mendengar jawaban suami begitu meyakinkan, namun itu semua bukan bukti kuat jika tubuhnya mulai gemetar, keringat dingin atau gerak-gerik yang aneh.

Ketika Mama melihat seharian suami gundah bahkan tidak karuan dengan gerak-geriknya, maka ini perlu dicari tahu lagi lebih jauh. 

4. Menceritakan detail kejadian secara berlebihan tanpa diminta

4. Menceritakan detail kejadian secara berlebihan tanpa diminta
Freepik/luis_molinero

Wah, kalau ini sih semua istri pasti tahu, ketika suaminya sedang berusaha menutupi sesuatu hal agar istrinya tidak marah. Biasanya mereka akan sering bercerita secara detail agar ia tidak curiga.

Melakukan hal tersebut tentunya untuk mengecoh pasangannya, seolah tidak ada yang disembunyikan dan suami seakan-akan berkata jujur.

Padahal, ini bisa jadi kecurigaan yang patut diselidiki. Jangan sampai terjadi konflik berkepanjangan, ya!

5. Memegang rambut dan sering berkata “Hmmm”

5. Memegang rambut sering berkata “Hmmm”
Freepik/cookie_studio

Ketika menyembunyikan suatu kebenaran, mungkin suami perlu putar otak untuk mengarang cerita yang terlihat benar. Terkadang juga suami yang sedang menutupi sesuatu akan grogi dan memegang rambut sebagai gestur kebingungan.

Belum lagi suami akan sering berkata “hmmm” setiap diajak ngobrol. Seolah ini menjadi tanda rasa khawatir kalau rahasianya diketahui istrinya.

Perlu diingat bahwa dalam kehidupan rumah tangga penting sekali untuk saling menjalin kejujuran serta keterbukaan satu sama lain. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk