Diskusikan 5 Hal Ini sebelum Mencoba Sesuatu yang Baru saat Bercinta

Perlunya komunikasi yang intens ketika ingin mencoba hal baru saat berhubungan seks

4 Agustus 2021

Diskusikan 5 Hal Ini sebelum Mencoba Sesuatu Baru saat Bercinta
Freepik/freepik

Mencari pengalaman baru dalam urusan ranjang, memang perkara yang tidak mudah. Apalagi, penting sekali untuk mencari kecocokan satu sama lain perihal urusan seks yang intim bersama pasangan.  

Misalnya Papa ingin mencoba posisi seks baru, namun Mama menolaknya dengan alasan sulit. Hal tersebut mungkin tidak akan menjamin menciptakan kepuasan seksual seperti biasanya.

Namun, jika keduanya sedang bosan dengan seks yang itu-itu saja dan ingin mencoba suasana baru. Ada baiknya perlu diobrolkan terlebih dahulu, sehingga bisa mencari solusi terbaik. 

Pertimbangkan hal ini sebelum mencoba hal baru saat di atas ranjang, ya! Tujuannya agar sama-sama merasakan kepuasan dan keintiman yang tak terlupakan.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa hal yang perlu didiskusikan sebelum mencoba sesuatu saat bercinta. Simak terus ya!

1. Minta persetujuan kedua belah pihak

1. Minta persetujuan kedua belah pihak
Freepik/pressfoto

Komunikasi merupakan sebuah kunci dari setiap hubungan, baik saat di dalam kamar atau di luar kamar. Ini juga termasuk saat mencoba hal baru dalam urusan ranjang.

Cobalah untuk sejenak duduk saling berhadapan satu sama lain, lalu ceritakan pengalaman seksual masing-masing saat sudah berhubungan intim dengan pasangan.

Sangat penting tentunya bagi pasangan suami istri untuk mengutamakan kejujuran. Dengan begitu, kita bisa lebih tahu apa yang mestinya dilakukan serta dapat menghindari konflik berkepanjangan.

Mintalah saran juga untuk sama-sama meraih kenikmatan bercinta. Kira-kira sudah siap untuk membawa hal baru di atas tempat tidur bersama pasangan?

Editors' Picks

2. Kenali batasan satu sama lain

2. Kenali batasan satu sama lain
Freepik/freepik

Seiring dengan mendiskusikan apa saja harapan selama melakukan berbagai aktivitas seksual di ranjang, jelas perlu juga membahas soal batasan. Mengenal batasan satu sama lain sangatlah penting, sehingga kedua belah pihak merasa nyaman. 

Pertama, perlu tahu apa yang tidak disukai. Contohnya soal posisi seks, pastikan kedua belah pihak saling menyetujui perihal posisi seks yang akan diterapkan. 

Inti dari percakapan ini, yaitu mencari win win solution di antara keduanya. Penting sekali untuk mengedepankan komunikasi dan batasan, meskipun ini menyangkut masalah ranjang. 

3. Pastikan pasangan tidak memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan perihal seks

3. Pastikan pasangan tidak memiliki pengalaman kurang menyenangkan perihal seks
Unsplash/Kyle Broad

Setiap pengalaman seksual yang dirasa tidak menyenangkan dapat menimbulkan trauma, baik secara mental maupun fisik yang berpengaruh pada keintiman.

Jika lama kelamaan dibiarkan, maka perilaku ini akan menambah masalah. Ini mulai dari masalah kepercayaan diri, gangguan komunikasi dan hubungan bersama pasangan jadi tidak harmonis.

Misalnya saja pasangan pernah batasannya dilanggar, jelas ini akan berpengaruh pada saat sedang berhubungan seks.

Cobalah untuk menanyakan jika ada sesuatu yang mengganjal, jangan ragu katakan kepada pasangan. Dengarkan apa yang diinginkannya agar keluar dari masa-masa buruk itu, agar hubungan kembali seperti sedia kala.

4. Persiapkan beberapa kondom atau pelumas jika perlu

4. Persiapkan beberapa kondom atau pelumas jika perlu
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Nah, saat keduanya sepakat mencoba pengalaman baru yang menyenangkan di atas ranjang. Papa dan Mama perlu mempersiapkan semuanya dengan perlahan serta tetap nyaman. 

Jangan ragu gunakan kondom atau pelumas untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga hal baru yang ingin diciptakan bersama dapat berjalan dengan baik.

Saat mencoba posisi seks baru, pelumas dan kondom bisa sangat membantu. Hal ini dikarenakan tidak semua posisi seks yang pertama kali dicoba sesuai ekspektasi tentunya. 

5. Improvisasi gerakan yang nyaman untuk dilakukan

5. Improvisasi gerakan nyaman dilakukan
Freepik/lookstudio

Misalnya saja baru pertama kali mencoba posisi seks sambil berdiri. Saat pertama dicoba memang belum terlalu nyaman dan melelahkan, bukan?

Butuh waktu dan melakukannya secara lebih sering, sehingga menemukan beberapa gerakan atau posisi yang benar-benar nyaman.

Mama akan tahu kebutuhan tubuh, begitu juga dengan suami. Langkah yang perlu dilakukan, yakni mengikut naluri apa yang menjadi kesenangan bersama selama sesi bercinta dimulai.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu didiskusikan dengan pasangan sebelum mencoba hal baru. Ini tentunya termasuk posisi seks, tempat bercinta, atau mungkin aktivitas seksual lainnya yang belum pernah dicoba.

Ingat Ma, komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan yang harmonis. Jadi, jangan ragu untuk mengungkapkannya dengan pasangan ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.