Doa agar Ikhlas saat Membantu Tetangga dan Orang Lain

Membantu bukan hanya meringankan beban orang lain, namun bisa membahagiakan hati kita

28 Januari 2022

Doa agar Ikhlas saat Membantu Tetangga Orang Lain
Pexels/Anastasia Shuraeva

Setelah menikah, tentu menjalin hubungan yang erat bukan hanya dengan keluarga saja, melainkan dengan lingkungan sekitar. Ini termasuk para tetangga yang ada di sekitar rumah.

Dalam kehidupan bertetangga, Mama dan Papa pasti bersinggungan langsung dengan para tetangga yang memiliki beragam sifat serta watak berbeda-beda.

Tentu, kita mesti memuliakan tetangga karena ketika butuh mereka ada, begitu juga saat mereka membutuhkan kita, mesti sama-sama ikhlas dalam membantu satu sama lain.

Berikut beberapa Popmama.com sudah merangkum informasi terkait doa agar ikhlas dalam membantu orang lain dan tetangga. 

Editors' Picks

Doa Agar Tetap Ikhlas Membantu Sesama

Doa Agar Tetap Ikhlas Membantu Sesama
Freepik

Saat melihat tetangga kesulitan, niatkan dalam hati bahwa membantu semata-mata mengikuti perintah Nabi Muhammad SAW.

Dengan membantu orang lain, bukan hanya meringankan bebannya semata, melainkan akan mendatangkan kebahagiaan. Berikut doa yang bisa dipanjatkan, antara lain:

Nawaitu imtitsala amril habibi shallallahu 'alaihi wa sallam wa ayyakunallahu ta'ala fi 'awni wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallam wa idkholas sururi 'alaihim wat tawadlu'a wa ay yuqoyyidlullahu li a'wanan lihajati

Artinya:

“Aku berniat (dalam membantu orang lain) mengikuti perintah Nabi SAW, juga agar Allah membantuku, mengikuti sunnah Nabi SAW, memberikan kebahagiaan pada orang lain, tawadhu, dan agar Allah mendatangkan para pembantu padaku untuk membantu hajat-hajatku.”

Doa Ketika Bersedekah di Perjalanan

Doa Ketika Bersedekah Perjalanan
Freepik

Bersedekah memang banyak bentuknya dan bukan semata berupa materi saja, melainkan juga bisa menawarkan bantuan berupa tenaga atau dukungan moral.

Bersedekah di perjalanan dapat terjadi ketika sedang di luar rumah. Saat bertemu orang lain yang butuh bantuan, lalu membantunya tanpa pikir panjang, Mama bisa membaca doa ketika bersedekah di perjalanan, yakni:

Isytaraitu salamati wa salamata man ma'iya wa ma ma'iya wa mukhollifi bi hadza minallahi 'azza wa jalla

Artinya:

“Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah."

Doa Ketika Ikhlas Bersedekah Agar Diterima oleh Allah

Doa Ketika Ikhlas Bersedekah Agar Diterima oleh Allah
Freepik/rawpixel-com

Ketika sudah sedekah banyak dan ada keraguan dalam hati, bisa-bisa sedekahnya tidak lillahi ta’ala atau bukan karena Allah.

Nah, ketika mengharapkan keikhlasan dan sedekah yang dikeluarkan diterima oleh Allah, sebaiknya bisa sambil membaca doa berikut ini:

Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul alim

Artinya:

"Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Nah, itulah kumpulan doa-doa yang bisa dibaca ketika sedang bersedekah bahkan menjadi kita lebih ikhlas saat membantu sesama. Lakukan di kehidupan sehari-hari agar segala hal kita lakukan tetap ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan atau pujian dari orang lain, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk