9 Kalimat Penyemangat untuk Mendukung Pasangan yang Sedang Stres

Kalimat-kalimat ini bisa memberikan ketenangan untuk pasangan, apa aja ya?

20 Maret 2021

9 Kalimat Penyemangat Mendukung Pasangan Sedang Stres
Pexels/mikoto.raw

Kehidupan rumah tangga mungkin sudah biasa dengan asam manis di dalamnya. Namun, sebagai pasangan yang baik pasti ingin menunjukkan bahwa kitalah support system terbaik bagi pasangan kita.

Saat pasangan sedang cemas, kecewa bahkan stres entah itu urusan kantor, urusan rumah atau hal lainnya pasti akan membuat suasana hatinya merasa tidak karuan.

Ketika pasangan sedang mengalami ini, pasti bingung untuk menenangkan dia seperti apa. Jika kamu mencari cara untuk menunjukkan sikap peduli, cobalah untuk mengirimkan pesan teks berikut kepada pasangan. 

Jangan salah lho, ketika melihat satu atau dua teks yang masuk ke ponselnya bisa mengubah suasana hati pasangan menjadi lebih baik. 

Pesan yang kita berikan kepada pasangan atau seseorang tersayang menandakan sekaligus pengingat bahwa mereka tida sendirian, bahkan mereka memiliki support system yang selalu menghibur ketika sedang sedih.

Dilansir dari Bustle, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa pesan penyemangat untuk mendukung pasanganmu. 

Bisa jadi inspirasi tersendiri nih. Yuk, disimak!

Editors' Picks

1. Tawarkan apa yang pasangan butuhkan

1. Tawarkan apa pasangan butuhkan
Freepik/wayhomestudio

Jika pasangan atau orang tersayang mengalami masalah, bahkan sampai ia sulit tidur, makan menjadi tidak nafsu dan murung sepanjang hari, alangkah baiknya untuk memberikan dukungan serta perhatian. 

Dalam situasi seperti ini memang terkadang kita merasa bingung, terlebih ketika ingin memulai menawarkan bantuan. 

Jangan khawatir, apabila sedang berjauhan dengan pasangan cobalah untuk mengirimkan pesan. Tak ada salahnya untuk menawarkan apa yang ia butuhkan selama ini. 

Berikut pesan singkat yang bisa digunakan, antara lain: 

“Aku di sini untuk kamu siang dan malam, apapun yang terjadi."

Jika seseorang terkasih dalam hidup kamu membutuhkan banyak perhatian ekstra, cobalah untuk menawarkan bantuan. Mungkin saja ia merasa stres karena pekerjaan atau terjebak dalam pertengkaran keluarga, sehingga perlu ada teman curhat. 

Pesan singkat tersebut tanpa disadari bisa membantu pasangan untuk lebih tenang.

“Aku bisa bantu sayang, apa yang kamu butuhkan sekarang?”

Menurut seorang psikolog klinis, Josh Klapow mengatakan bahwa tidak semua orang beraksi terhadap stres dengan cara yang sama. Mungkin ada yang suka lari pagi untuk meredam stress, nonton film atau bahkan berdiam diri sendiri.

Hal yang terpenting menurut Josh, yakni memberikan dukung dengan bertanya apa yang mereka butuhkan. Walau terkesan sederhana, namun cara ini bisa membantu dia kapan saja ia dibutuhkan.

“Beritahu aku pas kamu siap untuk cerita ya."

Jika seseorang stres, mungkin tidak memiliki hasrat untuk mengirim atau membalas pesan dengan siapapun. Jika sudah hampir satu jam dia tidak membalas pesanmu, cobalah untuk mengatakan kalimat di atas. 

Kalimat tersebut seolah memberikan ruang untuk pasangan ketika membutuhkan orang sebagai pendengar. Dengan pesan tersebut, diharapkan pasangan mau bercerita dan tidak memendam permasalahannya sendiri. 

2. Berempati dengan apa yang sedang dialami pasangan

2. Berempati apa sedang dialami pasangan
Pexels/Julia M Cameron

Ketika pasangan terlihat stres, cobalah jangan menggurui atau menggertak dengan sebutan “Masa gitu aja kepikiran, lembek banget sih” atau “Yaelah gitu doang, aku nih kemarin lebih parah dari kamu”. Hindari kalimat-kalimat yang justru tidak membantu masalahnya. Percayalah.

Mama seharusnya perlu mencoba untuk menempatkan diri apabila sedang berada di posisinya, lalu mulailah untuk berempati. 

Berikut beberapa kalimat yang bisa diucapkan kepada pasangan agar ia memahami kalau kamu sedang berempati, antara lain: 

“Nggak apa-apa kok buat istirahat sebentar, semua akan lebih baik nanti."

Tidak ada ruginya untuk mengingatkan orang yang sedang stres bahwa tidak apa-apa untuk istirahat dan utamakan diri sendiri dulu.

Menurut John, orang yang merasa stres sering mengorbankan diri mereka secara fisik dan emosional. Kalimat di atas bisa diberikan sebagai pengingat atau memberi mereka izin untuk istirahat sejenak agar lebih baik nantinya.

“Jika aku jadi kamu, aku tahu ini sulit."

Jika ingin fokus menenangkan pasangan, tak ada salahnya untuk mengatakan bahwa kamu juga pernah mengalami hal yang sama dan mengakui bahwa itu sulit untuk membuatnya tidak merasa sendirian.

Namun, perlu diingat untuk tidak membandingkan permasalahan yang satu dengan lainnya. Penting untuk menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu termasuk bagian dari orang yang mendukungnya saat masa-masa tersulit.

“Tarik napas dalam-dalam ya, biar ngerasa baikan."

Memang terkesan aneh mengirimi teks hanya untuk menarik napas, tetapi teks ini dapat berfungsi sebagai pengingat perawatan diri yang dapat dilakukan. Tindakan tersebut pun dapat memberikan efek lega bagi siapa saja yang sedang kewalahan akibat stres.

3. Tak ada salahnya untuk mengirimkan ucapan manis

3. Tak ada salah mengirimkan ucapan manis
Freepik/rawpixel.com

Mungkin sebagian orang akan merasa baik-baik saja jika ditemani saat chatting bersama pasangan atau saling kirim meme lucu yang bertebaran di internet. Cara ini memang bisa membuatnya sejenak melupakan stres yang melanda.

Jangan sungkan juga kirim ucapan manis nan penuh cinta agar pasangan kembali tersenyum.

“Ingat, kamu dicintai orang-orang dan banyak yang mendukung."

Stres dapat membuat ia merasakan kesepian yang mendalam, walaupun sedang dalam keramaian sekaligus. Jadi cobalah untuk menjadi pengingat bahwa ia selalu dicintai dan didukung oleh orang di sekitarnya. 

“Aku bangga sama kamu!”

Mengatasi stres butuh banyak energi, jadi cobalah mengirim pesan kepada pasangan bahwa kamu sangat menyadari usahanya dan apa yang mereka lakukan membuat kamu bangga juga.

Cobalah untuk mengirimkan meme lucu untuk pasangan

Jika kata-kata manis sudah dikirimkan dan ia merasa baikan, kamu bisa langsung kirim meme lucu favorit yang ada di internet. Pilih salah satu meme yang ia sukai atau topik yang digemarinya, jika mereka merasa stres pasti akan tertawa saat dikirimikan gambar itu.

Itu tadi beberapa kata-kata pamungkas yang bisa dikirim ke pasangan untuk mendukungnya saat sedang stres.

Jangan sungkan menawari bantuan untuk membuat ia merasa baikan dan sangat dibutuhkan. Jangan lupa, empati adalah kuncinya. Komunikasi pun bisa membuat pasangan tenang karena memiliki support systemyang bisa diandalkan.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.