9 Aplikasi Pelacak Nomor HP Tak Dikenal, Cegah Pasangan Selingkuh

Aplikasi pelacak nomor HP di bawah ini bisa melacak identitas pemilik nomor asing lho, Ma

15 Januari 2022

9 Aplikasi Pelacak Nomor HP Tak Dikenal, Cegah Pasangan Selingkuh
Unsplash/Priscilladupreez

Ketika pasangan mendapat panggilan telepon atau SMS dari nomor tak dikenal, hal itu terkadang membuat Mama merasa tidak nyaman. Sebab, Mama tidak dapat mengetahui identitas pemilik nomor asing tersebut dan tujuannya menghubungi pasangan mama. 

Kecurigaan pun muncul ketika nomor asing terus menghubungi pasangan mama. Pasalnya, Mama mulai bertanya-tanya apakah pemilik nomor asing itu adalah selingkuhan pasangan atau hanya nomor spam. 

Mama sebaiknya tidak perlu khawatir lagi karena ada cara untuk mengetahui siapa pemilik nomor asing yang kerap menghubungi pasangan. Mama hanya perlu mengunduh salah satu dari sembilan aplikasi pelacak nomor HP tak dikenal yang sudah tersedia di aplikasi Android dan iOS. 

Berikut daftar beberapa aplikasi pelacak nomor HP yang dirangkum Popmama.com secara detail. Aplikasi di bawah ini bisa mengidentifikasi identitas dari panggilan telepon yang nomornya tidak tercatat di contact ponsel. 

1. Showcaller

1. Showcaller
Unsplash/Nordwood

Aplikasi Showcaller mampu mengidentifikasi nomor telepon asing yang menghubungi Mama. Selain menampilkan identitas pemilik nomor asing, aplikasi ini juga memperlihatkan lokasi detail si penelepon beserta komentar mengenai nomor tersebut. 

Komentar tersebut diberikan oleh pengguna lain yang sebelumnya dihubungi oleh nomor asing itu. Apabila nomor asing tersebut tergolong penipuan atau spam, maka Mama bisa langsung memblokirnya agar tidak ada panggilan selanjutnya. 

2. Whoscall

2. Whoscall
Unsplash/Hazardos

Aplikasi pelacak nomor yang tak dikenal selanjutnya, yakni Whoscall yang dikembangkan oleh Gogolook. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Whoscall mampu mengidentifikasi pemilik nomor asing yang menghubungi Mama. 

Aplikasi secara otomatis menampilkan nama pemilik nomor asing itu yang diperolah dari catatan pengguna lain. Apabila nomor asing itu termasuk spam, maka Mama bisa langsung memblikir atau menolak panggilan tersebut.

Sejak 2013, aplikasi ini sudah diakuisisi oleh Naver sehingga berada satu naungan dengan aplikasi chat Line. 

3. TelGuarder

3. TelGuarder
Unsplash/Taylor_grote

TelGuarder memiliki fitur untuk melacak identitas nomor asing yang menghubungi Mama atau pasangan. Mama bahkan bisa memblokir jenis-jenis nomor yang dianggap spam atau virus agar tidak bisa menghubungi nomor mama.

Tak hanya itu, Mama bisa melaporkan nomor asing yang dianggap mengganggu dan memberikan komentar sehingga pengguna lain bisa mengetahuinya. Komentar mama secara otomatis masuk dalam databaseTelGuarder.

Editors' Picks

4. Truecaller

4. Truecaller
Unsplash/Frame_media

Truecaller termasuk salah satu aplikasi pelacak nomor HP asal Swedia. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS. Pengguna aktifnya kini tercatat mencapai lebih dari 200 juta orang. 

Truecaller mampu mengidentifikasi nomor tak dikenal yang menelepon Mama atau pasangan. Apabila nomor yang menghubungi Mama teridentifikasi sebagai spam, maka aplikasi ini akan menampilkan warna merah yang artinya nomor tersebut termasuk nomor berbahaya. 

Mama selanjutnya bisa mencari tahu identitas pemilik nomor tersebut dengan mengecek database Truecaller. Data dalam database itu diambil dari data nomor telepon dari pengguna terdahulu yang sudah bersedia untuk dibagikan. 

5. Hiya

5. Hiya
Unsplash/Jaehunpark

Aplikasi Hiya dulunya bernama Whitepages Caller ID. Setelah berubah nama, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih baik dibanding sebelumnya, yakni mampu memblokir panggilan masuk dan SMS spam dari nomor asing. 

Apabila pemilik nomor asing memilih menyembunyikan nomornya, aplikasi ini tetap bisa mendeteksi apakah nomor tersebut termasuk spam, virus, malware, adware, atau spyware. 

6. Mr. Number - Block Calls & Spam

6. Mr. Number - Block Calls & Spam
Unsplash/Freestocks

Sesuai namanya, keunggulan aplikasi Mr. Number - Block Calls & Spam adalah mampu mendeteksi sekaligus memblokir nomor tak dikenal yang menghubungi Mama. Namun, tidak semua nomor tak dikenal akan diblokir oleh aplikasi ini. 

Nomor-nomor yang akan diblokir, yakni nomor telepon yang terdeteksi sebagai spam atau penipuan. Mama juga memblokir panggilan dari nomor asing dengan kode tertentu serta nomor-nomor yang dicurigai sebagai pelaku spam

7. Tellows - Caller ID & Block

7. Tellows - Caller ID & Block
Unsplash/Claybanks

Aplikasi Tellows - Caller ID & Block memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi pelacak nomor HP lainnya. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Mama mengetahui informasi seputar nama, alamat, hingga lokasi si penelepon. 

Tak hanya itu, Mama juga bisa mengetahui tujuan si pemilik nomor menghubungi kita. Aplikasi ini bisa mengkategorikan nomor tak dikenal menjadi 9 jenis, yakni nomor terpercaya, perusahaan penagih utang, undian berhadiah, survei, iklan, teror, penipuan uang, telemarketing, hingga modus missed call. 

8. Eyecon

8. Eyecon
Unsplash/John_tuesday

Salah satu keunggulan dari aplikasi Eyecon adalah bebas iklan dan dapat diunduh secara gratis. Jadi, Mama bisa menggunakan berbagai fitur dari Eyecon tanpa khawatir diganggu oleh iklan. 

Secara umum, Eyecon memiliki fitur menyerupai Truecaller, yakni menyaring nomor asing tak dikenal yang menghubungi Mama atau pasangan.

Hal yang membedakan Eyecon dari aplikasi Truecaller ialah pengguna bisa menambahkan foto pada nomor asing yang masuk dalam database aplikasi ini. Selain tu, aplikasi ini juga bisa dihubungkan ke akun media sosial pengguna. 

9. Get Contact

9. Get Contact
Unsplash/Plhnk

Aplikasi Get Contact merupakan aplikasi yang paling familiar dibanding aplikasi pelacak HP lainnya. Fitur dalam aplikasi Get Contact mirip dengan Truecaller yakni menyaring nomor asing sekaligus memblokir nomor yang dicurigai sebagai spam. 

Get Contact juga memiliki database yang bisa mengungkap identitas pemilik nomor asing yang kerap menghubungi Mama. Pengguna bisa menikmati lebih banyak fitur dengan membayar biaya berlangganan sebesar Rp 40.000-an per bulan. 

Nah, itulah sembilan aplikasi pelacak nomor HP tak dikenal. Aplikasi-aplikasi di atas bisa digunakan untuk mengetahui identitas pemilik nomor asing yang kerap menghubungi Mama atau pasangan sekaligus menjawab kecurigaan apabila terjadi perselingkuhan.

Apakah Mama pernah mencoba salah satu dari sembilan aplikasi di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.