TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Menghadapi Suami Selingkuh dengan Teman Kerja

Meski sulit untuk dilalui, Mama tetap harus menyelesaikan masalah perselingkuhan suami

11 Agustus 2022

5 Cara Menghadapi Suami Selingkuh Teman Kerja
Unsplash/Jasongoodman_youxventures

Perselingkuhan adalah hal yang paling menyakitkan bagi setiap pasangan. Setelah memutuskan menikah, Mama tentu tidak pernah berharap menghadapi kenyataan bahwa suami berselingkuh dengan orang lain. 

Namun, Mama juga harus menerima fakta bahwa perselingkuhan bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja. Sebagian besar perselingkuhan biasanya terjadi di lingkungan kerja karena intensitas pertemuan yang cukup sering. Lantas, apa yang akan Mama lakukan ketika mengetahui suami berselingkuh dengan teman kerja?

Meski sulit untuk dilalui, Mama tetap harus menyelesaikan masalah perselingkuhan suami. Kali ini, Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang harus dilakukan untuk menghadapi suami yang selingkuh dengan teman kerja. 

1. Mencari bukti perselingkuhan

1. Mencari bukti perselingkuhan
Unsplash/Taiscaptures

Mama tidak perlu terburu-buru melabrak teman kerja suami atau suami sendiri ketika muncul kecurigaan perselingkuhan. Mama harus mengungkap perselingkuhan tersebut secara hati-hati dengan mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya. 

Bukti perselingkuhan diperlukan untuk menjawab kecurigaan dan bisa diperlihatkan kepada suami apabila ia menyangkal perbuatannya.

Apabila Mama sulit menemukan bukti perselingkuhan karena suami cenderung menutup diri, maka Mama bisa meminta bantuan orang terpercaya, misalnya rekan kerja suami atau sahabat suami. 

Editors' Picks

2. Cari tahu apa yang terjadi sebenarnya

2. Cari tahu apa terjadi sebenarnya
Unsplash/Carlyrae

Setelah mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya, saatnya Mama menanyakan langsung soal perselingkuhan tersebut kepada suami dan selingkuhannya.

Mama bisa mengajukan pertanyaan dengan urutan kejadian terbalik. Jadi, Mama melontarkan pertanyaan dari kronologi akhir hingga kronologi awal. 

Pertanyaan pola terbalik umumnya akan membuat seseorang berkata jujur dan tidak bisa menutupi kebohongannya. Selama melontarkan pertanyaan pada suami, perhatikan pula bagaimana respons dan mimik wajahnya ketika sedang menjawab.

Lebih jauh lagi, Mama bisa memperhatikan pilihan kata dan intonasi suami saat berbicara. 

3. Memikirkan kelanjutan hubungan

3. Memikirkan kelanjutan hubungan
Unsplash/Sandym10

Saat membahas perselingkuhan suami, pastikan emosi sedang sama-sama stabil. Jadi, Mama bisa menerima kenyataan tersebut dengan lapang dada atau tidak menyalahkan diri sendiri ketika suami melontarkan alasan perselingkuhan yang mungkin saja menyudutkan posisi mama. 

Saat suami berkata jujur tentang perselingkuhannya, Mama perlu memutuskan untuk menerima suami kembali atau tidak. Mama juga harus menanyakan keseriusan suami untuk berubah atau tetap memilih selingkuhannya. 

4. Mencari waktu untuk sendiri

4. Mencari waktu sendiri
Unsplash/Alisaanton

Menghadapi perselingkuhan memang tidak mudah. Perselingkuhan bisa menimbulkan luka mendalam dan trauma. Mama mungkin ragu untuk melanjutkan hubungan dengan suami atau memulai komitmen baru dengan orang lain.

Oleh karena itu, Mama perlu mencari waktu sendiri terlebih dahulu setelah mengetahui perselingkuhan suami. 

Mama harus menerima bahwa perselingkuhan memang telah terjadi. Jangan menyalahkan diri sendiri atas perselingkuhan tersebut. Selain itu, jangan berpikir untuk membalas dendam karena telah diselingkuhi.

Mama harus melalui masa-masa sulit tersebut dengan berpikiran positif dan berharap kehidupan akan lebih baik lagi ke depannya. 

5. Fokus membahagiakan diri sendiri

5. Fokus membahagiakan diri sendiri
Unsplash/Dariusbashar

Terakhir, cobalah untuk memfokuskan energi untuk memulihkan diri sendiri dibanding terus memikirkan perselingkuhan yang sudah terjadi.

Pastikan untuk yakin dengan segala keputusan, termasuk ketika ingin melanjutkan hubungan pernikahan atau memutus hubungan dengan suami. Perlu diingat bahwa kebahagiaan diri sendiri menjadi prioritas utama. 

Jangan ragu untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi dengan orang-orang terpercaya atau psikolog. Mama membutuhkan masukan-masukan serta dukungan untuk melalui masa-masa sulit tersebut. 

Perselingkuhan memang sangat menyakitkan, terutama jika dilakukan dengan orang-orang terdekat. Segala keputusan yang diambil setelah mengetahui perselingkuhan suami, Mama tetap perlu memprioritaskan pemulihan dan kebahagiaan diri sendiri. 

Semoga pembahasan terkait cara menghadapi suami selingkuh dengan teman kerjanya ini bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk