Alpha Male: Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan Laki-Laki Idaman

Istilah Alpha sebenarnya menandakan posisi yang paling berkuasa

22 Oktober 2021

Alpha Male Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan Laki-Laki Idaman
Unsplash/Jkakaroto

Pembahasan mengenai karakter seseorang memang selalu menarik untuk dikulik. Ada beberapa cara untuk memahami karakter seseorang, mulai dari zodiak, golongan darah, hingga tes kepribadian. 

Bukan tanpa alasan, ketika kita bisa memahami karakter diri sendiri, maka kita bisa menghargai perbedaan karakter sekaligus memanfaatkan potensi yang ada dalam diri. 

Begitu juga ketika meniti karier atau berhubungan dengan orang lain, perempuan perlu memahami karakter orang lain sebelum memberikan penilaian baik atau buruk. Untuk menjalin hubungan kerja, pertemanan, atau percintaan, Mama sebagai perempuan harus mengetahui bahwa ada tiga karakter utama laki-laki, yakni Alpha Male, Beta Male, dan Omega Male. 

Untuk membantu Mama memahami karakter laki-laki, kali ini Popmama.com akan membahas lebih detail tentang Alpha Male. Simak ulasannya lebih lanjut yuk, Ma!

Pengertian Alpha Male

Pengertian Alpha Male
Unsplash/Samufoto

Alpha Male atau laki-laki Alpha adalah karakter yang menonjol dari seorang laki-laki, sehingga sering identik sebagai seorang pemimpin. Istilah Alpha sebenarnya menandakan posisi yang paling berkuasa dalam berbagai cerita mitologi. 

Dalam cerita mitologi, laki-laki alpha diceritakan hadir di antara kawanan serigala. Itulah sebabnya, Alpha Male identik dengan laki-laki yang memiliki kepribadian kuat, tangguh, dan bisa diandalkan.

Tipe kepribadian satu ini umumnya bisa ditemui sebagai tokoh utama dalam sebuah novel atau film. 

Editors' Picks

Sejarah Alpha Male

Sejarah Alpha Male
Unsplash/Harrycunningham

Rupanya pengelompokan Alpha Male, Beta Male, dan Omega Male sudah dilakukan oleh para ilmuwan dunia sejak dulu. Pengelompokan tersebut berdasarkan kasta dalam kerajaan hewan. 

Para ilmuwan melakukan studi untuk mempelajari perilaku dan aktivitas dari kera alpha atau hewan-hewan buas lainnya, kemudian dihubungkan dengan dengan perilaku dan karakter manusia.

Mereka menggunakan kera alpha sebagai objek penelitian karena hewan tersebut memiliki banyak persamaan dengan manusia. Pengelompokan ketiga karakter itu kemudian dilakukan berdasarkan pengaruh yang paling dominan di lingkungannya. 

Ciri-ciri Alpha Male

Ciri-ciri Alpha Male
Unsplash/Fwed

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa laki-laki Alpha cenderung dipilih dan diidamkan sebagai pemimpin. Laki-laki dengan kepribadian Alpha mempunyai kegigihan sikap pantang menyerang dibanding orang lain. Mereka mampu berjuang untuk meraih impiannya atau mempertahankan keinginannya. 

Ciri lainnya, yakni laki-laki Alpha bisa menyayangi pasangan dan keluarganya secara tulus, sehingga mereka tidak takut untuk menyerang musuh yang membahayakan keluarganya. 

Apabila dilihat dari ciri-ciri fisik, maka Alpha Male umumnya memiliki tubuh atletis karena melambangkan kekuatan dan keberanian. Mereka juga mampu bersikap ramah pada semua orang, sehingga dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul, rendah hati, dan memiliki wawasan luas. 

Gaya berpakaian laki-laki Alpha selalu menonjol dibanding orang lain, sehingga mereka kerap dijadikan trend center oleh teman-temannya. Dalam disimpulkan bahwa laki-laki Alpha menampilkan sosok laki-laki sejati, pemberani, dan selalu diidamkan oleh perempuan. 

Kelebihan Alpha Male sebagai Laki-laki Idaman

Kelebihan Alpha Male sebagai Laki-laki Idaman
Unsplash/Derickray

Alpha Male memang menjadi idaman setiap perempuan. Ketika bersosialisasi dengan orang lain, laki-laki Alpha mampu menunjukkan wawasannya yang luas, namun tetap terlihat rendah hati. 

Mereka sangat pandai berbicara, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan selalu berkharisma saat berperilaku. Kualitas itulah yang membuat laki-laki Alpha disukai banyak orang dan memiliki banyak teman. 

Kekurangan dari Alpha Male

Kekurangan dari Alpha Male
Unsplash/Petrussousa

Meski memiliki banyak teman, sifat baik laki-laki Alpha juga bisa membuat mereka memiliki banyak musuh. Para musuh biasanya iri dengan kharisma dan intelektualitas Alpha Male

Selain itu, laki-laki Alpha cenderung arogan, agresif, dan keras kepala. Mereka suka memegang kendali dan terkadang tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Mereka akan mempertahankan pendapat atau keinginannya untuk meraih impiannya. 

Nah Ma, itulah tipe kepribadian laki-laki Alpha dengan segala keunikan, kelebihan, dan kekurangannya ketika menjalin relasi dengan orang lain. Apakah Mama menyukai tipe laki-laki Alpha?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.