10 Film Indonesia tentang Perselingkuhan, Ceritanya Bikin Geregetan

Cerita perselingkuhan dinilai mampu membuat penonton geregetan dan kesal pada masing-masing karakter

22 Mei 2022

10 Film Indonesia tentang Perselingkuhan, Cerita Bikin Geregetan
Imdb.com

Konflik perselingkuhan dalam sebuah hubungan percintaan masih menjadi daya tarik utama penonton Indonesia. Maka tak heran jika banyak film Indonesia yang mengangkat tema perselingkuhan. 

Cerita perselingkuhan mampu membuat penonton kesal, geregetan, dan tak sabar menanti akhir cerita dari masing-masing karakter yang terlibat. Kali ini, Popmama.com merangkum 10 film Indonesia tentang perselingkuhan sebagai konflik utama.

Film-film di bawah ini bisa dijadikan alternatif tontonan bersama pasangan di akhir pekan nih, Ma!

1. Selesai

1. Selesai
Imdb.com

Film Selesai yang tayang tahun 2021 ini sempat menuai kontroversi di kalangan warganet karena dianggap mengeksploitasi tokoh perempuan. Film garapan Tompi ini mengisahkan kehidupan rumah tangga Broto (Gading Marten) dan Ayu (Ariel Tatum). 

Kehidupan rumah tangga mereka dilanda masalah karena Broto gemar berhubungan dengan perempuan lain, salah satunya Anya (Anya Geraldine). Namun, Broto tidak mau disalahkan karena telah berselingkuh dengan Anya. Dia justru menyalahkan Ayu yang tidak mampu bersikap sebagai istri yang baik. 

Perilaku Broto yang gemar playing victim itulah yang menjadi sorotan publik. Hal itu dianggap seksis dan merendahkan perempuan.

2. Wedding Agreement

2. Wedding Agreement
Imdb.com

Film Wedding Agreement mengisahkan kehidupan rumah tangga Bian (Refal Hady) dan Tari (Indah Permatasari). Tari yang baru menikah dengan Refal justru harus menghadapi kenyataan bahwa suaminya masih menjalin hubungan dengan Sarah (Aghniny Haque). 

Bian pun meminta Tari menandatangani perjanjian pernikahan yang isinya mereka akan bercerai setelah menjalani satu tahun pernikahan. Perceraian tersebut diinginkan Bian karena dia akan menikahi kekasihnya, Sarah.

Namun, Tari terus berjuang mempertahankan rumah tangganya dengan Bian.  

3. Refrain

3. Refrain
Imdb.com

Film Refrain diangkat dari Novel karangan Winna Efendi.

Film ini mengisahkan persahabatan antara Nata (Afgansyah Reza) dan Niki (Maudy Ayunda). Persahabatan keduanya diuji setelah Niki mengetahui kekasihnya, Oliver (Maxime Bouttier), telah selingkuh dengan perempuan lain. 

Saat itu, Nata berusaha menenangkan sahabatnya yang sedang patah hati. Namun, dalam waktu yang sama, Nata baru menyadari bahwa dia menganggap Niki lebih dari seorang sahabat.  

4. Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

4. Supernova Ksatria, Putri, Bintang Jatuh
Imdb.com

Film yang diadaptasi dari novel laris karya Dewi ‘Dee’ Lestari ini juga mengangkat tema perselingkuhan antara Ferre (Herjunot Ali) dan Rana (Raline Shah).

Perselingkuhan itu berawal dari tanggung jawab Rana sebagai wakil pimpinan redaksi sebuah majalah yang harus mewawancarai Ferre, seorang eksekutif muda. 

Awalnya, hubungan mereka hanya sebatas rekan kerja. Namun, benih-benih cinta muncul antara mereka. Hubungan terlarang itu semakin rumit karena Rana telah menjalin hubungan dengan Arwin (Fedi Nuril).  

Editors' Picks

5. Stay With Me

5. Stay With Me
Imdb.com

Film yang diperankan Boy William dan Ully Triani ini mengisahkan hubungan percintaan antara Boy Dimas dan Deyna Fellita. Hubungan keduanya harus berakhir karena Deyna pindah ke Eropa. Namun, mereka menganggap kisah cinta mereka belum berakhir sepenuhnya. 

Hingga akhirnya, mereka dipertemukan kembali ketika sudah memiliki keluarga. Hubungan mereka semakin rumit karena harus memilih keluarga atau melanjutkan cerita cinta masa lalu yang dianggap belum tuntas. 

6. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda

6. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda
Imdb.com

Film Maaf, Saya Menghamili Istri Anda mengisahkan tentang hubungan terlarang antara Dibyo (Ringgo Agus Rahman) dan Mira (Mulan Jameela).

Hubungan mereka berawal dari ketertarikan Dibyo kepada Mira, padahal saat itu Mira telah berstatus istri Lamhot Simamora (Eddie Karsito). Namun, status tersebut tidak diketahui oleh Dibyo. 

Hingga akhirnya, Mira mengaku hamil anak Dibyo. Namun, Dibyo dilanda dilema karena dia mengetahui Mira merupakan istri seorang preman yang ditakuti masyarakat. 

7. Asmara Dua Diana

7. Asmara Dua Diana
Imdb.com

Sesuai judulnya, film ini mengangkat kisah percintaan dua tokoh utama bernama Diana. Diana yang diperankan Luna Maya dikisahkan telah menikah dengan Asmara (Jamie Aditya). Namun, Asmara justru menjalin hubungan terlarang dengan Diana (Aura Kasih). 

Asmara pun dilema ketika harus memilih istrinya atau Diana, selingkuhannya. Pasalnya, dua perempuan itu mengaku hamil anak Asmara. 

8. Satu Hari Nanti

8. Satu Hari Nanti
Imdb.com

Film yang dibintangi Deva Mahenra, Adinia Wirasti, Ringgo Agus Rahman, dan Ayushita ini memilih Swiss sebagai lokasi syuting. Film ini mengisahkan kehidupan pasangan Bima (Deva Mahenra) dan Alya (Adinia Wirasti) yang berusaha mengejar mimpi mereka di Swiss. 

Sayangnya kehidupan mereka tidak berjalan mulus. Mereka sering bertengkar hingga akhirnya bertemu pasangan lainnya, yakni Din (Ringgo Agus Rahman) dan Chorina (Ayushita).

Pertemuan dua pasangan itu ternyata membuat hubungan semakin rumit karena menyebabkan terjadinya perselingkuhan antara Din dan Alya serta Chorina dan Bima. 

9. Remember When

9. Remember When
Imdb.com

Film tentang kisah cinta remaja ini diperankan oleh Michelle Ziudith, Miqdad Addausy, Stella Cornelia, dan Maxime Bouttier. Freya (Michelle Ziudith) diceritakan menjalanin hubungan dengan Moses (Miqdad Addausy). 

Hubungan mereka berjalan mulus, tanpa pernah ada masalah. Namun, Freya merasa sang kekasih tidak bisa memperlakukannya secara romantis. Dia pun iri dengan hubungan percintaan sahabatnya, Gia (Stella Cornelia) dan Adrian (Maxime Bouttier) yang selalu terlihat romantis. 

Tanpa disadari, hubungan Freya dan Adrian semakin dekat meski mereka sudah memiliki pasangan satu sama lain. Freya pun harus terjebak dalam dilema untuk memperjuangkan hubungannya bersama Adrian atau mempertahankan persahabatannya dengan Gia. 

10. Koala Kumal

10. Koala Kumal
Imdb.com

Film bergenre komedi ini juga mengangkat tema perselingkuhan. Film ini mengisahkan Dika (Raditya Dika) yang mengalami patah hati karena batal menikah dengan Andrea (Acha Septriasa). 

Pernikahan mereka harus dibatalkan karena Andrea diketahui selingkuh dari Dika. Kenyataan tersebut membuat Dika terpuruk, sehingga sulit untuk jatuh cinta lagi. Namun, kehidupan Dika berubah setelah bertemu Trisna (Sheryl Sheinafia). 

Itulah rangkuman 10 film Indonesia tentang perselingkuhan. Apakah Mama sudah menonton semua film di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk