7 Inspirasi Kado Natal untuk Mertua, Bisa Bikin Hatinya Senang

Sesuaikan kado Natal dengan kebutuhan mertua agar bisa memberikan kesan yang mendalam

6 Desember 2021

7 Inspirasi Kado Natal Mertua, Bisa Bikin Hati Senang
Unsplash/Lauraa_gomeez

Natal adalah momen spesial untuk dirayakan bersama seluruh anggota keluarga. Ada tradisi unik yang masih dilakukan saat perayaan Natal, yakni saling bertukar kado. 

Tentunya Mama tidak hanya bertukar kado dengan teman atau kerabat dekat, tetapi Mama juga bisa memberikan kado pada mertua. 

Apabila Mama ingin memberikan kado Natal untuk mertua, maka pilihlah barang-barang yang memiliki manfaat atau disesuaikan dengan kebutuhan mertua. Meskipun kadonya terkesan kecil dan sederhana, namun apabila mertua membutuhkannya, maka kado tersebut bisa sangat berkesan, lho. 

Selanjutnya, cari tahu harga kado natal yang telah ditentukan dan sesuaikan dengan keadaan keuangan keluarga.

Kali ini, Popmama.com telah merangkum beberapa inspirasi kado Natal untuk mertua. Semoga informasi di bawah ini bisa dijadikan referensi dan inspirasi untuk mencari kado yang tepat ya, Ma.

1. Vas bunga untuk mempercantik rumah

1. Vas bunga mempercantik rumah
Unsplash/Kerry_hu

Perayaan Natal identik dengan pohon cemara dan pernak-pernik Natal seperti tanaman hias atau ornamen pendukung lainnya. Mama mertua pun umumnya suka mengoleksi vas bunga untuk ditempatkan di sudut-sudut rumah, jendela, dan ruang keluarga. 

Oleh karena itu, Mama bisa memberikan kado berupa vas bunga yang telah disesuaikan dengan dekorasi Natal di rumah mertua. Walau terlihat sederhana, namun kado vas bunga yang cantik bisa memberikan kesan terbaik di hadapan mertua. 

2. Parfum sesuai kepribadian mertua

2. Parfum sesuai kepribadian mertua
Unsplash/Lucasmendesph

Setiap orang tentu senang mendapat pujian ketika tubuhnya beraroma wangi dan menyegarkan. Nah, sudah saatnya Mama membahagiakan mertua dengan memberikan parfum. 

Pilihlah parfum yang memiliki aroma sesuai kepribadian mertua. Pemilihan parfum yang tepat bisa meningkatkan kepercayaan diri mertua saat menyambut para tamu di rumah. Selain itu, parfum juga bisa menunjang penampilan mertua agar terlihat segar selama perayaan Natal. 

Editors' Picks

3. Tas bisa jadi alternatif kado untuk mertua

3. Tas bisa jadi alternatif kado mertua
Unsplash/Jrmotion

Apabila Mama mertua suka mengoleksi tas, maka hal itu bisa dijadikan alternatif kado Natal yang tepat. Berikan tas sesuai dengan merek favorit Mama mertua.

Tentu saja Mama perlu mencari tahu terlebih dahulu merek tas favorit mertua, bisa dari suami atau kerabat dekat yang tinggal bersama mertua. Memberikan kado tas bisa menyenangkan hati mertua sekaligus menambah koleksi tas Mama mertua. 

4. Alat berkebun untuk mendukung hobi mertua

4. Alat berkebun mendukung hobi mertua
Unsplash/B3njamin

Bagi mertua yang suka berkebun, tentu saja alat berkebun akan menjadi kado Natal yang tepat untuk diberikan. Mama bisa melengkapi kebutuhan alat berkebun mertua atau memberikan satu set alat berkebun yang baru untuk mendukung hobi mertua. 

Tak hanya itu, bibit tanaman juga bisa dijadikan alternatif hadiah bagi mertua yang memiliki hobi berkebun. Pilihlah bibit tanaman favorit mertua agar bisa mempercantik kebun di rumah.

5. Alat memasak untuk melengkapi kebutuhan dapur

5. Alat memasak melengkapi kebutuhan dapur
Unsplash/Lavievagabonde

Selanjutnya, apabila mertua memiliki hobi memasak, tentu saja peralatan memasak akan menjadi kado yang istimewa. Ada banyak peralatan masak masak yang dijual di pasaran, maka Mama perlu memilih yang paling cocok dengan kebutuhan mertua. 

Peralatan masak yang tepat akan menunjang hobi mertua menyajikan beraneka macam makanan di dapur. Mama tak perlu membelikan peralatan masak yang mahal, sebab hal yang perlu diingat peralatan masak tersebut bisa digunakan dalam waktu lama.

6. Parsel makanan

6. Parsel makanan
Unsplash/Kadh

Apabila Mama tidak bisa menebak barang favorit mertua, maka pilihlah parsel makanan untuk dijadikan kado Natal. Ada banyak jenis parsel makanan yang dijual jelang perayaan Natal mulai dari parsel kue kering, parsel makanan ringan, hingga parsel buah. 

Parsel makanan bisa dihidangkan di ruang tamu saat saat perayaan Natal atau dijadikan cemilan oleh mertua saat menikmati waktu senggang di rumah. Hal terpenting yang perlu diingat, yakni pilihlah parsel makanan sehat agar tidak membahayakan kesehatan mertua. 

7. Perlengkapan ibadah

7. Perlengkapan ibadah
Unsplash/Kiwihug

Terakhir, Mama bisa memberikan parsel perlengkapan ibadah pada mertua yang berisi Alkitab atau Rosario. Dengan perlengkapan ibadah yang baru,  maka momen Natal akan terasa lebih istimewa bagi mertua. 

Selain itu, perlengkapan ibadah merupakan jenis kado yang bisa bertahan lama. Artinya, perlengkapan ibadah masih bisa digunakan setelah perayaan Natal usai. 

Itulah tujuh inspirasi kado untuk mertua saat perayaan Natal. Perlu diingat bahwa Mama harus menyesuaikan kado Natal dengan kebutuhan dan kepribadian mertua, sehingga kado tersebut bisa memberikan kesan yang mendalam.

Selamat memilih kado Natal yang tepat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.