6 Kebiasaan Orang Prancis saat Bersosialisasi

Beberapa kebiasaan orang Prancis sulit dimengerti oleh perantau atau pelancong

1 Juli 2022

6 Kebiasaan Orang Prancis saat Bersosialisasi
Unsplash/Seemoris

Setiap negara tentu memiliki budaya tersendiri ketika berhubungan dengan orang lain, begitu juga Prancis. Negara yang identik dengan Menara Eiffel ini memiliki kebiasaan unik ketika bersosialisasi dengan orang lain. 

Kebiasaan tersebut bahkan sulit dimengerti oleh perantau atau pelancong yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Prancis. Namun, kebiasaan unik tersebut bukan berarti sesuatu yang salah. Pasalnya, kebiasaan tersebut berasal dari budaya Prancis yang unik dan dipengaruhi kehidupan masa lalu. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa kebiasaan unik orang Prancis yang kerap dipandang aneh oleh orang lain.

Simak informasinya di bawah ini ya, Ma!

1. Mengutamakan kesopanan

1. Mengutamakan kesopanan
Unsplash/Jcrod

Selain dikenal sebagai negara yang penuh cinta, Prancis juga dijuluki sebagai negara yang menjunjung tinggi kesopanan. Artinya, orang-orang Prancis akan memperlakukan orang asik layaknya teman sendiri. 

Misalnya, Mama baru saja mau keluar kafe. Seorang laki-laki tak dikenal yang ingin masuk ke dalam kafe bisa saja membukakan pintu untukmu. Laki-laki tersebut bahkan bisa membantu Mama mengenakan jaket musim dingin. 

Perlakuan tersebut mungkin dianggap seksis oleh sebagian orang. Namun, perlakuan tersebut menunjukkan kesopanan orang Prancis. Apabila Mama menolak perlakuan tersebut, Mama justru akan dianggap tidak sopan oleh orang Prancis. 

2. Salam cipika-cipiki

2. Salam cipika-cipiki
Unsplash/Eklect

Orang Prancis juga memiliki budaya salam yang unik ketika bertemu kerabat, teman, kolega, maupun pasangan. Orang Prancis sangat suka menyapa orang lain yang sudah dikenal dengan cara mencium pipi kiri dan kanan.

Orang Prancis bahkan bisa melakukannya hingga lima kali setiap kali bertemu dengan orang yang sama. Namun, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan di dalam kereta. Pasalnya, Prancis melarang warganya untuk berciuman di dalam kereta.

Editors' Picks

3. Menjunjung tinggi solidaritas

3. Menjunjung tinggi solidaritas
Unsplash/Annfossa

Selain menjunjung tinggi kesopanan, orang Prancis juga menjunjung tinggi solidaritas. Hal ini bisa terlihat dari dua orang yang tidak mengenal satu sama lain namun bisa saling membantu dalam hal sepele sekalipun. 

Orang Prancis suka membantu orang yang hendak menyeberang atau membantu orangtua membawa barang-barang belanjaan mereka. Meski gemar membantu orang lain, orang Prancis biasanya akan meminta izin terlebih dahulu ketika ingin menawarkan bantuan yang melibatkan kontak fisik. 

4. Suka memberi

4. Suka memberi
Unsplash/Rodlong

Beberapa negara biasanya melarang pelanggan untuk memberikan tip atau bonus pada pelayan di restoran. Namun, orang Prancis tidak menyukai kebiasaan tersebut. 

Pasalnya, orang Prancis menganggap budaya tersebut sebagai budaya kikir. Itulah sebabnya, orang Prancis tidak pernah perhitungan dan sering sekali memberikan tip lebih pada pelayan restoran. 

5. Membungkus barang belanjaan sendiri

5. Membungkus barang belanjaan sendiri
Unsplash/Dylu

Meski suka membantu orang lain, jangan harap Mama mendapatkan bantuan ketika mengepak atau membungkus barang belanjaan. Ketika tiba di Prancis, Mama harus mengepak sendiri barang belanjaan. 

Tak ada pegawai toko maupun orang lain yang akan membantu. Mama juga perlu membawa kantong belanja sendiri ketika berbelanja. Selain itu, tidak ada pegawai toko yang akan membantu Mama untuk membawa barang belanjaan ke mobil.

Mama dituntut mandiri ketika berurusan dengan belanja. 

6. Lebih suka berlama-lama ketika mengobrol

6. Lebih suka berlama-lama ketika mengobrol
Unsplash/Priscilladupreez

Orang Prancis sangat gemar mengonsumsi kafe atau belama-lama duduk di kafe sambil menikmati secangkir kopi.

Oleh karena itu, Mama akan melihat orang Prancis menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghabiskan secangkir kopi sambil mengobrol dengan teman, kerabat, atau pasangan. 

Sebagian orang mungkin akan menyeruput kopi dengan cepat karena harus menghadiri jadwal selanjutnya. Namun, kebiasaan tersebut tidak berlaku di Prancis. Orang Prancis lebih suka pelan-pelan ketika menyeruput kopi dan mengapresiasi kebersaman dengan orang yang mereka ajak bertemu. 

Nah Ma, itulah budaya unik dari kebiasaan orang Prancis ketika bersosialisasi. Kebiasaan tersebut mungkin dianggap aneh oleh sebagian orang, namun kebiasaan tersebut merupakan budaya dari Prancis yang harus dihargai. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk