7 Keuntungan Menikah dengan Sahabat, Bisa Saling Memahami

Ada yang berjodoh dengan orang baru, musuh saat di bangku sekolah, hingga sahabat sendiri

25 Oktober 2021

7 Keuntungan Menikah Sahabat, Bisa Saling Memahami
Unsplash/Janpictures

Pernikahan adalah salah satu fase terpenting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, tidak boleh sembarang memilih pasangan karena pernikahan sejatinya berlangsung sekali seumur hidup. Perlu sekali mempertimbangkan banyak hal untuk mencari dan menentukan pasangan yang terbaik. 

Nyatanya, jodoh memang susah ditebak. Ada yang berjodoh dengan orang baru, musuh saat di bangku sekolah, bahkan sahabat sendiri. 

Ada anggapan bahwa menikahi sahabat menjadi keberuntungan terbesar karena telah saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua belah pihak pun tidak perlu beradaptasi dengan sikap atau karakter pasangan. 

Namun, di sisi lain, menikah dengan sahabat juga tidak mudah. Terkadang masih canggung untuk bersikap romantis di hadapan sahabat yang telah berstatus pasangan sah. 

Meski tidak mudah, menikah dengan sahabat tetap menyenangkan. Kali ini, Popmama.com merangkum beberapa keuntungan menikah dengan sahabat dilansir dari Boldsky. 

Yuk Ma, disimak!

1. Saling mengenal kelebihan dan kekurangan

1. Saling mengenal kelebihan kekurangan
Unsplash/Brookecagle

Telah disinggung di atas, menikah dengan sahabat membuat kedua belah pihak sebagai pasangan lebih mudah untuk beradaptasi. Mama telah mengetahui kelebihan dan kekurangan pasangan, begitu juga sebaliknya. 

Mama dan pasangan telah menjalani susah senangnya kehidupan bersama-sama selama bertahun-tahun. Maka dari itu, jadi lebih terbiasa menjadikan pasangan sebagai teman curhat. Dengan begitu, Mama bisa mengetahui apa yang disukai dan tidak, begitu juga sebaliknya. 

Bahkan, Mama dan pasangan bisa mengetahui suasana hati satu sama lain serta bisa mencairkan suasana menjadi lebih baik. 

2. Saling percaya satu sama lain

2. Saling percaya satu sama lain
Unsplash/Jakobowens1

Selama menjadi sahabat, Mama dan pasangan telah membangun kepercayaan yang kuat satu sama lain. Mama tidak perlu takut dikhianati, meski pasangan sering beraktivitas di luar rumah. Mama pun telah mengenal semua teman dan rekan kerja pasangan. 

Di sisi lain, pasangan siap mendukung Mama dalam setiap situasi. Mama dan pasangan saling percaya terkait pendapat, pilihan serta perbedaan karakter satu sama lain. 

Editors' Picks

3. Memahami perbedaan karakter

3. Memahami perbedaan karakter
Unsplash/Eugenivy_now

Bersahabat artinya memahami perbedaan karakter satu sama lain, tanpa perlu menjatuhkan atau merendahkan. Konsep itulah yang bisa Mama terapkan dalam pernikahan bersama sahabat. 

Mama dan pasangan bisa menyadari kelemahan serta kekuatan satu sama lain. Ketika pasangan sedang sedih, Mama akan menjadi teman yang baik untuk mendukungnya. Sebaliknya, ketika pasangan sedang bahagia, maka Mama bisa ikut bahagia dan tetap bisa memberikan saran-saran untuk hidup lebih baik lagi. 

4. Tidak perlu menjadi orang lain

4. Tidak perlu menjadi orang lain
Unsplash/Lee_hisu

Di awal pernikahan, Mama mungkin merasa canggung untuk bersikap romantis di hadapan pasangan. Sebab, Mama terbiasa bersikap aneh dan gila sebagai sahabat. Itulah salah satu keuntungan menikah dengan sahabat. 

Tak perlu lagi berpura-pura menjadi orang lain. Mama tetap bisa melakukan atau menunjukkan sisi aneh dan gila tanpa perlu takut dihakimi oleh pasangan. Mama bisa bersikap sesuka hati dan merasa bahagia menjadi diri sendiri. 

5. Mengetahui rahasia satu sama lain

5. Mengetahui rahasia satu sama lain
Unsplash/And73w

Pernikahan sejatinya hanya sekali seumur hidup. Oleh karena itu, Mama perlu memilih pasangan yang mampu menyimpan rahasia dan perasaan terdalam. 

Ketika menikah dengan sahabat, maka Mama tidak perlu takut untuk berbagi perasaan terdalam atau rahasia terbesar dalam hidupmu. Mama bisa menemukan sahabat seumur hidup yang terus saling melindungi dalam menjalani ikatan pernikahan. 

6. Memiliki teman curhat seumur hidup

6. Memiliki teman curhat seumur hidup
Unsplash/Freestocks

Menjalani kehidupan pernikahan memang tidak mudah, selalu saja ada masalah yang perlu dihadapi bersama dengan pasangan. 

Mama perlu bersikap sebagai istri, namun di sisi lain harus membangun karier di luar rumah. Ketika sedang lelah mengurus kehidupan dan impian diri sendiri, maka Mama bisa mengandalkan sahabat yang kini telah berstatus suami. 

Ketika menikahi sahabat, maka bisa saling membagikan perasaan dan kegiatan sehari-sehari dengan lebih leluasa. Tak perlu khawatir merasa sendiri atau kehilangan teman karena Mama telah memiliki teman curhat seumur hidup. Teman curhat itu bisa mendukung Mama ketika berada di situasi susah maupun senang. 

7. Bahagia sepanjang hidup

7. Bahagia sepanjang hidup
Unsplash/Frankiefoto

Dilansir dari laman Bright Sidemenikah dengan sahabat bisa menjamin langgengnya sebuah hubungan pernikahan. Sebab, Mama akan merasa bahagia sepanjang hidup. 

Mama dapat menemukan sosok teman dan pasangan dalam satu orang yang sama. Selain itu, menikah dengan sahabat bisa menciptakan rasa bahagia secara emosional dan fisik. Kebahagiaan dalam hidup ini bisa membuatmu berumur panjang. 

Nah Ma, itulah beberapa keuntungan menikah dengan sahabat. Hal terpenting yang perlu diingat, yakni pilihlah pasangan hidup yang telah Mama kenal dengan baik. Dengan begitu, tak akan menimbulkan penyesalan di masa depan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.