5 Posisi Seks yang Bikin Suasana Hati Lebih Bahagia

Ada banyak cara mencegah stres di antaranya jalan-jalan, meditasi, dan bercinta

23 September 2021

5 Posisi Seks Bikin Suasana Hati Lebih Bahagia
Unsplash/Wevibe

Menjalani aktivitas sehari-hari rentan menimbulkan stres. Masalah yang tidak hanya datang dari kehidupan rumah tangga, namun tekanan pekerjaan dan mimpi yang kandas juga bisa menyebabkan stres. 

Stres adalah cara alami tubuh mama merespon tekanan atau ancaman dari luar. Sehingga Mama bisa lebih waspada dan fokus atas ancaman tersebut. Stres muncul ketika hormon dalam tubuh bereaksi menghadapi tekanan atau ancaman dari luar. 

Stres biasanya ditandai dengan jantung berdetak lebih cepat, napas tidak beraturan, berkeringat, mudah marah, hingga merasa tegang. Stres bisa terjadi kapan saja, namun efek negatifnya adalah mengganggu aktivitas mama. 

Ada banyak cara mencegah stres di antaranya jalan-jalan, meditasi, nonton film favorit, sampai bercinta. Dilansir BBC, bercinta atau berhubungan seksual memang salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres. 

Orgasme saat berhubungan seksual dapat memicu pelepasan hormon oksitosin ke aliran darah. Hormon oksitosin selama ini dikenal sebagai hormon cinta yang bisa meredakan stres. 

Namun, Mama dan pasangan tidak bisa melakukan hubungan seksual secara sembarangan. Ada 5 posisi bercinta yang harus dilakukan untuk meredakan stres. Apa saja itu? Berikut rangkumannya dari Popmama.com

1. Lotus

1. Lotus
Unsplash/Wevibe

Lotus adalah posisi bercinta dengan posisi saling bersila dan memeluk erat satu sama lain. Mama hanya perlu melilitkan kaki serta lengan ke tubuh pasangan. Posisi lotus merupakan salah satu posisi favorit saat bercinta karena pasangan akan menopang tubuh mama selama bercinta. 

Posisi lotus kerap dihubungkan dengan dasar pose meditasi. Oleh karena itu, posisi lotus dinilai bisa meredakan stres. 

Setelah mencapai orgasme, Mama dan pasangan sebaiknya tidak segera berbaring di tempat tidur. Mama dapat menikmati waktu sesaat untuk saling berpelukan sebagai pereda stres. 

Editors' Picks

2. Berdiri

2. Berdiri
Unsplash/Dainisgraveris

Posisi berdiri saat bercinta memungkinkan stimulasi dan eksplorasi maksimal ke klitoris. Posisi berdiri juga tergolong cara bercinta secara cepat sehingga hormon oksitosin bisa dilepaskan sesegera mungkin. 

Posisi berdiri cocok untuk Mama yang membutuhkan cara meredakan stres secara instan. Bercinta dengan posisi berdiri juga cukup praktis karena Mama hanya perlu merentangkan kaki sambil bersandar di tembok. 

3. Doggy style

3. Doggy style
Unsplash/Wevibe

Posisi doggy style memang tak terdengar asing bagi beberapa pasangan. Posisi ini sudah sering dilakukan dan dinilai bisa meredakan stres. 

Posisi doggy style memungkinkan Mama duduk santai sambil menikmati usaha pasangan mencapai orgasme. Mama hanya perlu mengatur posisi merangkak, sementara pasangan mencoba mencapai orgasme dengan masuk dari belakang. 

4. Misionaris

4. Misionaris
Unsplash/Beccatapert

Gaya misionaris membuat hubungan Mama dan pasangan semakin intim dan hangat. Posisi ini mengharuskan Mama berada di bawah, sedangkan pasangan berada di atas. 

Gaya misionaris membuat Mama lebih rileks dan menikmati suasana bercinta. Mama pun disarankan bercinta dengan nyaman dan mempertahankan kontak mata dengan pasangan. Kedekatan yang terjalin antara Mama dan pasangan dinilai mampu meredakan stres. 

5. Spoon

5. Spoon
Unsplash/Dainisgraveris

Posisi spoon adalah gaya bercinta dengan membelakangi pasangan untuk menciptakan keintiman yang hangat sehingga dapat meredakan stres. Gaya spoon memungkinkan sentuhan fisik yang intens untuk melepas hormon oksitosin. 

Sentuhan fisik dinilai mampu meredakan ketegangan saraf akibat stres. Untuk melakukannya dengan nyaman, Mama perlu berbaring membelakangi pasangan dan membiarkan pasangan mencapai orgasme. 

Stres memang bisa terjadi kapan saja, namun Mama perlu mengatasinya agar tidak mengganggu aktivitas atau hubungan dengan orang lain.

Mama bisa mencoba salah satu posisi bercinta di atas untuk meredakan stres. Posisi bercinta manakah yang menjadi favorit Mama dan pasangan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.