TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Fakta dan Sinopsis Film 'The Housemaid', Perselingkuhan dengan ART

Film 'The Housemaid' memuat adegan ranjang perselingkuhan antara ART dan majikan

10 Agustus 2022

6 Fakta Sinopsis Film 'The Housemaid', Perselingkuhan ART
asianwiki.com

‘The Housemaid’ (하녀 atau dibaca Hanyeo) adalah sebuah film bergenre thriller erotis asal Korea Selatan yang dirilis tahun 2010.

Disutradarai oleh Im Sang Soo, cerita ini berfokus pada kisah seorang asisten rumah tangga bernama Eun Yi, yang menjadi selingkuhan majikannya.

Film ini merupakan remake dari film tahun 1960 karya Kim Ki Young dengan judul sama. Tidak hanya menampilkan konflik perselingkuhan, film ini juga sempat membuat gempar warga Korea Selatan akibat adegan panas yang begitu erotis.

Jika Mama tertarik menonton film ini, berikut Popmama.com telah siapkan fakta dan sinopsis film ‘The Housemaid’ yang menyuguhkan cerita perselingkuhan dengan ART.

Sinopsis Film ‘The Housemaid’ (2010)

Sinopsis Film ‘The Housemaid’ (2010)
asianwiki.com

Film ‘The Housemaid’ bercerita tentang seorang perempuan miskin, bernama Eun Yi (Jeon Do Yeon), yang mengambil pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga dari Hoon Goh (Lee Jung Jae).

Hoon sengaja mempekerjakan Eun Yi untuk mengawasi sekaligus merawat istrinya, Haera (Seo Woo), yang sedang hamil. Eun Yi bisa dengan cepat beradaptasi di rumah mewah tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, Hoon malah jatuh hati dengan ART-nya. Ia mulai merayu Eun Yi dan bahkan melakukan hubungan seks tanpa sepengetahuan istrinya.

1. Film ‘The Housemaid’ menduduki puncak box office pada minggu pertama penayangan

1. Film ‘The Housemaid’ menduduki puncak box office minggu pertama penayangan
asianwiki.com

Film ‘The Housemaid’ ditayangkan perdana di Korea Selatan pada 13 Mei 2010. Dirilis oleh Sidus FNH, film tersebut ditayangkan di 679 layar dan langsung menduduki puncak box office pada minggu pertama dengan memperoleh pendapatan sekitar $5,7 juta atau setara Rp 84 miliar.

Penayangan perdana Internasional film ‘The Housemaid’ berlangsung pada 14 Mei dalam kompetisi di Festival Film Cannes 2010. Sedangkan, hak distribusi Amerika Serikat diakuisisi oleh IFC Films, yang merilisnya pada tahun 2011.

Editors' Picks

2. Memuat karya seni mengandung arti kelam di dalam film

2. Memuat karya seni mengandung arti kelam dalam film
asianwiki.com

Film ‘The Housemaid’ berdurasi sekitar 1 jam 9 menit. Terdapat scene yang menunjukkan Eun Yi duduk di tempat tidur yang latar belakangnya menampilkan karya seni besar dengan kata-kata bahasa Inggris.

Kata-kata tersebut merupakan kutipan dari novel karya Nathanael West berjudul ‘Miss Lonleyhearts’, sebuah karya yang mencerminkan beberapa tema kelam, seperti depresi, kesepian, minuman keras, perzinahan, dan kekerasan fisik.

3. Penghargaan yang pernah diraih film ‘The Housemaid’

3. Penghargaan pernah diraih film ‘The Housemaid’
asianwiki.com

Berkat kepopulerannya, film ‘The Housemaid’ masuk beberapa nominasi dan penghargaan bergengsi. Berikut beberapa penghargaan yang pernah diraih film ini:

  • 2010 (47th) Daejong Film Awards - October 29, 2010 "Best Supporting Actress" (Youn Yuh-Jung)
  • 2010 (30th) Critics Choice Awards - November 8, 2010 "Best Music" (Kim Hong-Jip)
  • 2010 (8th) Korean Film Awards - November 18, 2010 "Best Supporting Actress" (Youn Yuh-Jung)
  • 2010 (31st) Blue Dragon Film Awards - November 26, 2010 "Best Supporting Actress" (Youn Yuh-Jung) & "Best Art Direction"
  • 2010 (12th) Cinemanila International Film Festival - December 1-5, 2010 "Best Director" & "Best Actress" (Youn Yuh-Jung)
  • 2011 (31st) Fantasporto International Film Festival - February 21-March 6, 2011 "Directors Week Best Film Award – Manoel De Oliveira Award", "Best Actor" (Lee Jung-Jae), & "Best Actress" (Jeon Do-Youn)
  • 2011 (5th) Asian Film Awards - March 21, 2011 "Best Supporting Actress" (Youn Yuh-Jung)

4. Draf awal film ‘The Housemaid’ ditulis oleh Kim Soo Hyun

4. Draf awal film ‘The Housemaid’ ditulis oleh Kim Soo Hyun
asianwiki.com

Draf awal skenario film ‘The Housemaid’ ditulis oleh Kim Soo Hyun, tetapi setelah itu diserahkan pada sutradara Im Sang Soo.

Sang Sutradara mengedit naskah sesuai dengan apa yang dipikirannya, sehingga Kim Soo Hyun menganggap itu sepenuhnya merupakan karya Im Sang Soo.

Pada akhirnya, Kim Soo Hyun memutuskan meninggalkan project film dan secara terbuka menyatakan ketidakpuasannya pada hasil draf akhir.

5. Luka pada paha Eun Yi merupakan luka asli milik Jeon Do Yeon

5. Luka paha Eun Yi merupakan luka asli milik Jeon Do Yeon
asianwiki.com

Ada dua adegan dalam film ini yang menunjukkan bekas luka besar atau luka bakar di paha atas aktris Jeon Do Yeon (memerankan tokoh Eun Yi). Hal tersebut diceritakan langsung oleh sutradara Im Sang Soo.

Sebelum syuting dimulai, Jeon Do Yeon memberi tahu Im Sang Soo jika dirinya memiliki bekas luka karena dia tahu bahwa ke depannya banyak adegan yang melibatkan ketelanjangan dalam film.

Im Sang Soo mengaku tidak masalah dengan hal itu. Namun saat pengambilan gambar berlangsung, ia merasa bahwa bekas luka milik Jeon Do Yeon sangat cocok dengan ide-ide dalam film.

“Kami bisa saja menghapusnya dengan grafik komputer, tetapi saya berbicara dengan Jeon Do-yeon tentang hal itu dan kami berdua sepakat bahwa itu sangat cocok dengan film sehingga harus ditayangkan,” ujar Im Sang Soo dikutip dari Hangul Celluloid.

6. Fakta menarik lainnya dari film ‘The Housemaid’ yang jarang diketahui orang

6. Fakta menarik lain dari film ‘The Housemaid’ jarang diketahui orang
asianwiki.com

Terdapat beberapa fakta menarik dibalik proses pembuatan film ‘The Housemaid’ yang masih jarang diketahui banyak orang. Berikut beberapa fakta menariknya:

  • Remake dari film tahun 1960 berjudul sama, "The Housemaid".
  • Im Sang-Soo memulai persiapan untuk film "The Housemaid" sejak awal 2009.
  • Skenario telah selesai pada 19 Oktober 2009.
  • Syuting dimulai pada bulan Januari dan selesai bulan Maret 2010.
  • Selama Festival Film Cannes, distributor film Mirovision mendaftarkan film ‘The Housemaid’ ke Yunani (AMA Film), Hong Kong (Edko Films), Singapura (Festive Films) dan Thailand (M Pictures).
  • Film ini juga didaftarkan ke Pretty Pictures untuk Prancis sebelum Pasar Film Cannes

Nah, jadi itulah beberapa fakta dan sinopsis film ‘The Housemaid’. Semakin tertarik untuk menonton film ini nggak, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk