Kisah Hidup Sohna dan Mohna Singh, Kembar Siam Asal India

Sohna dan Mohna dibesarkan di panti asuhan karena ditelantarkan sejak bayi

9 Mei 2022

Kisah Hidup Sohna Mohna Singh, Kembar Siam Asal India
Instagram.com/sohna_mohna_offcial_pspcl

Bukan sesuatu yang mudah bagi Sohna dan Mohna Singh karena terlahir dengan kondisi langka. Mereka merupakan sepasang saudara kembar siam asal Punjab, India. Keduanya ditelantarkan sejak bayi oleh kedua orangtua mereka dan dibesarkan di sebuah panti asuhan.

Meski tumbuh tanpa kasih sayang orangtua, Sohna dan Mohna dapat membuktikan bahwa mereka bisa hidup mandiri dengan pendapatan sendiri. Setelah menyelesaikan kuliah di jurusan elektronik, mereka sukses mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan listrik milik negara.

Sangat menginspirasi, berikut Popmama.com beberapa fakta terkait kisah hidup kembar siam asal India, Sohna dan Mohna Singh.

Editors' Picks

1. Sohna dan Mohna Singh lahir dengan kondisi langka dan ditelantarkan sejak bayi

1. Sohna Mohna Singh lahir kondisi langka ditelantarkan sejak bayi
Instagram.com/sohna_mohna_offcial_pspcl

Sohna dan Mohna Singh merupakan kembar siam asal India berusia 19 tahun. Selama ini, mereka harus hidup saling berdampingan karena hanya memiliki satu sepasang kaki, kantung empedu, limpa, dan hati.

Mereka lahir pada 14 Juni 2003. Dokter yang menangani kelahiran Sohna dan Mohna mengatakan terlalu berisiko memisahkan keduanya. Sebab, memisahkan mereka dapat mengakibatkan hilangnya satu nyawa karena kehilangan pembuluh darah dan neurologis pada tungkai bawah korban.

Dikarenakan kondisi yang langka, orangtua mereka tidak mau menerima dan memilih untuk menelantarkan ketika berusia dua bulan.

2. Memiliki ketertarikan dalam bidang elektronik sejak dulu

2. Memiliki ketertarikan dalam bidang elektronik sejak dulu
Instagram.com/sohna_mohna_offcial_pspcl

Setelah ditinggalkan orangtua, Sohna dan Mohna Singh dibawa ke sebuah badan amal untuk ditempatkan di tempat penampungan orang-orang tidak mampu. Saat berada di sana, keduanya menunjukkan ketertarikan pada alat-alat elektronik.

Rupanya sejak kecil, mereka juga suka membantu membetulkan alat-alat yang rusak. Kemampuan tersebut yang membawa Sohna dan Mohna mendapatkan pekerjaan impian mereka sekarang.

3. Kini, keduanya bisa hidup mandiri usai mendapat pekerjaan impian

3. Kini, kedua bisa hidup mandiri usai mendapat pekerjaan impian
Instagram.com/sohna_mohna_offcial_pspcl

Belum lama ini mereka baru saja diterima bekerja di Punjab State Power Corporation Limited (PSPCL). Sohna dan Mohna Singh direkrut setelah perusahaan tersebut mengunjungi tempat penampungan keduanya tinggal.

“Kami tahu mengenai penyandang disabilitas langka sedang mengejar diploma di ITI dan ingin berkarier sebagai tukang listrik. Jadi, kami berusaha menjangkau mereka. Si Kembar memiliki pengetahuan teknis yang baik. Jadi, kami memutuskan untuk merekrut mereka di departemen kami di bawah kuota penyandang disabilitas atas dasar belas kasih,” kata Venu Parsad selaku Chief Managing Director PSPCL dikutip dari Hindustan Times.

Meski badannya satu, sepasang kembar siam ini akan diberikan gaji dua kali. Biaya transportasi juga akan ditanggung oleh palang merah distrik setempat. Sohna dan Mohna mengaku sangat bersyukur dan berjanji akan bekerja keras. 

Nah jadi itu dia kisah hidup Sohna dan Mohna Singh si Kembar siam asal India. Semangat hidup mereka perlu diacungi jempol karena dapat menginspirasi banyak orang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk