Waspada! Ini 5 Tipe Laki-Laki yang Suka Berselingkuh Menurut Psikolog

Waspada jika si Papa memiliki salah satu tipe berikut ya, Ma!

25 Januari 2021

Waspada Ini 5 Tipe Laki-Laki Suka Berselingkuh Menurut Psikolog
Freepik/wayhomestudio

Memiliki hubungan rumah tangga yang langgeng hingga akhir hayat memang menjadi keinginan setiap pasangan. Namun sayangnya, tak semua pasangan bisa beruntung menemukan seseorang yang baik dan setia hingga maut memisahkan.

Hal tersebut biasanya paling sering dirasakan oleh pasangan perempuan kepada pasangan laki-lakinya. Dilansir dari The Ladders, mengacu pada survei di Amerika Serikat, ditemukan bahwa laki-laki yang telah menikah mengaku selingkuh lebih sering daripada perempuan.

Nah, agar tak terjerat oleh jebakan si hidung belang, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa tipe laki-laki yang suka berselingkuh.

Menurut Dr. Paul DePompo, psikolog dan direktur Cognitive Behavioral Therapy Institute of Southern California, ada empat jenis laki-laki yang mungkin cenderung untuk berselingkuh.

Seperti apa karakter mereka? Dilansir dari laman Fox News, berikut Popmama.com telah merangkum kelima info menariknya.

1. Laki-laki yang narsis

1. Laki-laki narsis
Freepik/8photo

Tipe laki-laki pertama yang cenderung lebih sering berselingkuh adalah laki-laki yang narsis. Laki-laki seperti ini biasanya sangat memerhatikan penampilannya. Tak heran jika tipe laki-laki seperti ini sulit ditolak.

Tak hanya menarik dari segi penampilan, mereka juga rata-rata cerdas, menyenangkan, disukai banyak orang, dan hanya suka berada di sekitar orang-orang yang seperti dia.  

“Dia percaya kalau dia layak untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, dia melihat perselingkuhan itu sebagai penghargaan bagi orang yang spesial seperti dirinya. Menerima lebih sedikit dari yang dia inginkan akan membuatnya merasa seperti orang bodoh. Dia bisa saja merasa ‘baik-baik saja’ dalam pernikahannya, namun masih percaya dia harus melatih kehebatan seksualnya,” jelas DePompo.

Editors' Picks

2. Laki-laki yang kurang kasih sayang

2. Laki-laki kurang kasih sayang
Freepik/freepik

Tak hanya perempuan saja yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang, laki-laki pun demikian.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Mama telah memberikan yang terbaik untuk si Papa agar ia tak lagi haus akan kasih sayang, khususnya kasih sayang terkait kepuasan di ranjang.

Frustrasi secara seksual, tipe laki-laki ini merasa selalu ingin berkelana dengan hal-hal baru.

“Dia berada di tengah-tengah krisis harga diri dan percaya kalau seks dengan orang lain selain istrinya adalah kunci kebahagiaan. Dia memiliki fantasi seksual yang tidak dapat dia ungkapkan dengan pasangannya karena dia tidak terbuka atau mungkin membuatnya tertekan,” ujar DePompo. 

3. Laki-laki yang kesepian dan tertekan

3. Laki-laki kesepian tertekan
Freepik/ Jcomp

Tipe selanjutnya adalah laki-laki yang kesepian. Tipe yang satu ini muncul seperti anak anjing lucu yang pernah hilang. Dia tidak memiliki koneksi emosional dan hanya menginginkan validasi dan perhatian dari Mama.

“Dia mungkin merasa pasangannya banyak menuntut, dan belajar bahwa ‘lebih aman’ untuk menghindari konflik di rumah. Laki-laki yang kesepian dulunya sering mementingkan orang lain terlebih dahulu, dan sekarang memiliki kebutuhan yang kuat untuk diapresiasi. Meskipun ada pro dan kontra dengan mempertahankan pernikahannya, ia fokus untuk menyembuhkan rasa sakitnya dengan berhubungan dengan mu,” jelas DePompo. 

4. Laki-laki yang siap

4. Laki-laki siap
Freepik/master1305

Harta, tahta, wanita. Kiasan tersebut kini semakin hari semakin sering terjadi di kehidupan kita. Bukan hal aneh jika laki-laki seringkali melupakan istrinya ketika mereka sedang berada di atas.

Ya, laki-laki yang siap untuk berselingkuh biasanya sudah muak dengan pernikahannya. Keangkuhannya membuatnya ingin move on, namun masih ada sedikit keraguan. Karena tidak bisa memutuskan, maka dia memilih untuk mengambil keduanya. 

“Dia telah kehilangan harapan dan tidak mengharapkan cinta untuk bisa kembali ke rumah. Bahkan jika dia mampu memperbaiki hubungannya, dia sudah tidak menginginkannya! Dia telah mempertimbangkan kerugian finansial dan pengasuhan yang akan timbul dan mau berdamai,” ungkap DePompo. 

5. Laki-laki yang tidak percaya diri

5. Laki-laki tidak percaya diri
Freepik/Jcomp

Tipe terakhir yang cenderung suka berselingkuh adalah laki-laki yang tidak percaya diri. Bertolak belakang denga laki-laki yang narsis, laki-laki yang tidak percaya diri justru juga berpotensi untuk selingkuh.

Hal tersebut dilakukannya untuk mendapatkan validasi bahwa dirinya worth it. Biasanya, laki-laki tipe ini juga mudah sekali curiga dan cemburu pada pasangannya.

Dia selalu merasa paranoid dan insecure bahwa Mama juga bisa melakukan hal yang sama dengannya. Jadi, jika dia sering menuduh Mama berselingkuh, maka perlu berhati-hati karena mungkin sebenarnya dia sendiri yang tidak setia.

Nah, itulah kelima tipe laki-laki yang cenderung sering berselingkuh. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, namun Mama dapat mulai berjaga-jaga dari sekarang.

Perbaikilah hubungan rumah tangga mulai dari diri sendiri. Jangan lupa juga untuk bisa saling terbuka dan selalu berkomunikasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.