Kembali Bergairah! Ini 7 Cara Mengatasi Kecanggungan saat Bercinta

Atasi malu dan gengsimu pada pasangan dengan ketujuh cara berikut!

16 April 2021

Kembali Bergairah Ini 7 Cara Mengatasi Kecanggungan saat Bercinta
Freepik/jcomp

Pada umumnya, gairah seks pasangan suami istri yang baru saja menikah akan lebih menggebu-gebu dan bersemangat. Frekuensi berhubungan mereka pun bisa sangat rutin dan rajin, terlebih jika sedang merencanakan hadirnya keturunan.

Namun, bagaimana jika kamu dan pasangan sudah bukan terbilang pasangan baru dan telah memiliki banyak anak? Barangkali, Papa dan Mama akan merasa lebih canggung melakukannya dengan aneka latar belakang alasan.

Tak perlu berkecil hati, kalian bisa atasi rasa gengsi dan malu pada pasangan dengan ketujuh cara berikut yang telah Popmama.com rangkum dari laman IDN Times. Dijamin bikin pasutri lama menjadi lebih bergairah!

1. Jangan saling menyalahkan

1. Jangan saling menyalahkan
Freepik/stockking

Jika kamu dan pasangan ada pada kondisi seks yang tidak baik, maka jangan pernah saling menyalahkan satu sama lain. Masalah keintiman yang tak lagi membara ini, bisa berubah menjadi perpisahan apabila masing-masing mau menang sendiri.

Ingat, kondisi ini bisa terjadi karena adanya masalah kalian bersama. Oleh karena itu, pikirkan dan lakukan solusinya secara bersama-sama. Inilah mindset awal yang harus tertanam dulu di pikiran kalian masing-masing.

2. Abaikan masalah fisik

2. Abaikan masalah fisik
Freepik/Kwanchaichaiudom

Ada yang merasa malas berhubungan karena merasa sudah tua? Ada yang beralasan lelah karena sudah kerepotan dengan anak? Atau ada yang sudah tidak percaya diri lantaran tubuh sudah kendor di sana-sini atau lebih berisi?

Jika iya, maka untuk sementara, abaikan saja itu semua! Jika itu dipikirkan terus, kalian tidak akan maju selangkah pun dan berkutat pada titik yang sama. Turunkan sedikit rasa gengsimu untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pasangan. 

Editors' Picks

3. Aturlah kencan khusus

3. Aturlah kencan khusus
Freepik/senivpetro

Staycation menjadi kunci utama dari hubungan rumah tangga yang lebih indah. Untuk itu, tak ada salahnya jika kamu membuat liburan khusus atau staycation untukmu dan pasangan saja tanpa anak-anak.

Biarkan kalian menikmati waktu tanpa anak-anak dan orang lain. Di momen ini, kalian bebas menjadi diri sendiri, bermanja-manja, hingga bercinta tanpa tekanan dari lingkungan sekitar.

4. Ciptakan momen bercinta yang menyenangkan

4. Ciptakan momen bercinta menyenangkan
Freepik/bearfotos

Playful dalam bercinta itu tidak dilarang, kok! Sekarang, sudah banyak alat bantu bercinta yang bisa memberi sensasi khusus dipakai. Selama tidak bersifat menyakiti, kamu dan pasangan bisa sepakat memilih salah satu jenisnya.

Kamu bisa berkreasi dengan kostum lingerie yang seksi, atau bisa juga dilengkapi dengan peralatan BDSM yang menantang. Jangan lupa ciptakan juga ruangan redup dan harum yang mendukung gairah seks kalian, ya!

5. Susun jadwal bercinta yang rutin

5. Susun jadwal bercinta rutin
Pexel/breakingpic

Setelah acara kencan berdua usai, jangan sampai hubungan kalian seperti tidak menyisakan manfaat apa pun. Salah satu perubahan yang seharusnya muncul setelah itu adalah adanya jadwal bercinta yang rutin atau lebih kerap daripada sebelumnya.

Manfaat dari pembuatan jadwal ini adalah untuk membangkitkan kembali gairah-gairah cinta seperti pada masa kalian berpacaran. Jadilah pasangan yang sama romantisnya, pengertiannya, dan lebih dekatnya seperti kalian belum menikah dahulu.

6. Jadikan seks sebagai prioritas

6. Jadikan seks sebagai prioritas
Freepik/master1305

Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa harus dijadikan prioritas? Ya, seks di masa tua harus dijadikan prioritas karena jika tidak demikian, dengan rutinitas harian yang padat, kalian pasti tidak akan menyempatkannya.

Bahkan, kalian pun tidak akan memikirkannya sekalipun dalam sehari. Urusan karier dan anak juga penting. Tapi, kapan kamu akan memikirkan kebutuhanmu sendiri jika tidak dimulai dari sekarang?

7. Teruslah berkomunikasi dan tunjukkan perhatianmu

7. Teruslah berkomunikasi tunjukkan perhatianmu
Freepik/ansila

Setelah kencan berdua, komunikasi dengan pasangan idealnya juga lebih lancar dan baik dong! Jika tidak, hubungan kalian terasa kaku dan bisa menimbulkan banyak kesalahpahaman.

Jika sedang tidak bersama, cobalah hubungi tiap beberapa waktu. Selain menanyakan kabar pasangan, kalian juga berkoordinasi tentang anak dan rumah tangga di sela-selanya. Yakinlah ini tidak akan terasa awkward!

Nah, itulah ketujuh cara atasi kecanggungan bercinta pada pasutri lama. Jika ketujuh cara di atas sudah kalian lakukan, namun hubungan kalian masih terasa garing, mungkin saja ini adalah indikasi yang gawat.

Bersama-sama, temuilah terapis terpercaya dan komunikasikan masalah kalian padanya. Jika tidak segera ada inisiatif, hubunganmu akan semakin hambar sebagai sepasang pasutri.

Setiap harinya, kalian akan berakhir pada bekerja dan mengurusi anak saja. Tentu kalian tidak mau, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.