5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Main Tangan

Cegah pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan selamatkan dirimu!

28 September 2021

5 Cara Menghadapi Pasangan Gampang Main Tangan
Freepik/User6431345

Jika sedang berada dalam hubungan di mana kamu selalu disakiti atau diancam oleh pasangan, maka penting bagimu untuk melepaskannya dan meminta bantuan dari kerabat terdekat.

Jika kamu tidak bisa merelakannya, maka pasangan yang kasar atau mudah main tangan tersebut akan semakin mengontrolmu bahkan dapat meremehkan perlakuan kasarnya terhadapmu.

Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk melindungi diri dari bahaya apalagi jika kamu merasa mendapatkan tindak penganiayaan. Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu menghadapinya sendirian.

Dilansir dari laman au.reachout.com, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara menghadapi pasangan yang kasar dan gampang main tangan.

1. Sadarilah bahwa dirimu berharga

1. Sadarilah bahwa dirimu berharga
Freepik/free picture

Jika pasangan berusaha untuk main tangan atau mengancam akan menyakitimu, maka mempertahankan kepercayaan diri untuk tetap berani mungkin memang akan sulit.

Meski memang rasa takut akan menyelubungimu, namun ingatlah bahwa tidak ada orang yang boleh menyakitimu secara fisik atau mental dengan cara apapun.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan dalam situasi ini, yakni dengan menyadari bahwa dirimu terlalu berharga untuk seorang pecundang yang suka melakukan kekerasan. 

Jika kamu sudah memiliki anak, maka pikirkanlah juga bagaimana kondisi psikis mereka. Terlebih ketika anak-anak sering sekali melihatmu disakiti oleh pasangan.

Editors' Picks

2. Bersikaplah dengan tegas

2. Bersikaplah tegas
Freepik/yanalya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kekerasan, yakni menyikapinya dengan tegas. Ini perlu dilakukan apalagi ketika pasangan sudah mulai memperlihatkan perilaku atau perkataannya yang kasar.

Jika hal ini terjadi, kamu dapat menyuruhnya berhenti dengan sikap yang tegas. Kamu juga berhak menuntut pasangan untuk meminta maaf agar perilakunya tersebut tidak terulang lagi ke depannya. 

Jangan pernah sekalipun bertoleransi dengan kekerasan. Apapun alasannya, tindakan ini tidak boleh dibiarkan apalagi hanya diam tanpa melakukan sesuatu. Ingat, kamu adalah pasangannya yang layak untuk diperlakukan secara terhormat. 

Jika telah menyikapinya dengan tegas dan tidak berhasil, jangan pernah takut untuk melakukan pertahanan diri dengan memberikan perlawanan. 

3. Mintalah dukungan dari keluarga dan sahabat

3. Mintalah dukungan dari keluarga sahabat
Freepik/free picture

Jangan menanggung masalah kekerasan ini sendirian. Sebaiknya, ceritakan bentuk kekerasan yang sering kamu terima dari pasangan pada keluarga atau sahabat terdekat yang bisa dipercaya. 

Bercerita akan membantu meringankan rasa sedihmu, sehingga kamu terhindar dari stres. Anggota keluarga dan sahabat terdekat yang telah mengetahui kondisimu juga dapat ikut mencarikan solusi terbaik, bahkan ikut menolongmu agar tetap merasa aman.

4. Mintalah bantuan dari tenaga ahli

4. Mintalah bantuan dari tenaga ahli
Freepik/free picture

Langkah selanjutnya untuk mengatasi pasangan yang gampang main tangan, yakni dengan meminta bantuan ahli. Hal ini dapat dilakukan jika kamu maupun pasangan masih sama-sama ingin mempertahankan pernikahan.

Bicarakan masalah rumah tanggamu kepada psikolog yang dipercaya bisa menyelesaikan masalah ini. Selain psikolog, kamu dapat menemui konselor pernikahan untuk mencari jalan keluar terbaik.

Dengan meminta bantuan ahli, kamu dan pasangan dapat dengan leluasa membicarakan masalah yang sering kali muncul apalagi jika sudah memicu pertengkaran hebat. Ketika sudah berkonsultasi dengan ahli, bisa jadi perilaku kasar pasangan bisa dihilangkan dengan terapi. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi agar pasangan dapat memperbaiki perilaku buruknya. 

5. Bicaralah dengan pihak kepolisian

5. Bicaralah pihak kepolisian
Freepik/free picture

Jika kamu pernah dilukai oleh pasangan yang kasar dan kamu tak bisa lagi memaafkan perbuatannya, maka jangan ragu untuk menghubungi pihak kepolisian. Apalagi kalau tindak penganiayaan sudah di luar batas atau mungkin sudah menyakiti anak-anak. 

Pikirkan kelanjutan rumah tanggamu dan pasangan dengan mempertimbangkan keselamatan, termasuk kondisi mentalmu dan anak-anak. Jika memang tidak ada kemungkinan lagi untuk mempertahankan pernikahan, makan meninggalkannya adalah cara yang paling tepat.

Itu dia kelima cara tepat menghadapi pasangan yang gampang main tangan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalahmu ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.