Saat Tua Nanti, Ini 5 Tips Mempertahakan Pernikahan Meski Tanpa Seks

Gairah seks menurun, mungkinkah pernikahan akan bertahan?

29 Mei 2020

Saat Tua Nanti, Ini 5 Tips Mempertahakan Pernikahan Meski Tanpa Seks
amour-sans-retour.com

Ketika masih muda, seks mungkin jadi rutinitas pasangan suami istri karena digadang-gadang sebagai sebuah kebutuhan dan tanda cinta.

Apalagi di usia pernikahan yang masih terbilang muda, kamu dan pasangan mungkin sedang 'panas-panas'nya. Namun, bagaimana nanti jika kalian sudah sama-sama tua, katakanlah usia 50-an ke atas?

Masihkah seks menjadi kebutuhan utama? Masihkah seks menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan? Masihkah kalian bisa saling cinta tanpa adanya seks di pernikahan?

Jawabannya adalah bisa, tapi bagaimana caranya? Nah, agar pernikahan tetap awet hingga tua meski tanpa seks, berikut Popmama.com telah merangkum 5 rahasianya!

1. Camkan bahwa seks bisa dinikmati di usia berapa pun

1. Camkan bahwa seks bisa dinikmati usia berapa pun
User7350813 / Freepik

Berapapun usia kalian, seks memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Bagi yang khawatir mengenai bagaimana hubungan seks akan terjadi ketika tua nanti, sebuah penelitian memberi kabar baik.

Penelitian menyebutkan bahwa berapapun usianya dan apa pun jenis kelaminnya, kalian tetap dapat menikmati seks selama mungkin, sesuai yang diinginkan.

Meski begitu, memang benar bahwa secara alami, seks pada usia 50-an tidak akan seperti seks pada usia 20 atau 30. Namun, dalam beberapa hal justru bisa lebih baik.

Editors' Picks

2. Definisi seks harus diubah

2. Definisi seks harus diubah
Freepik/jcomp

Masalah kesehatan dan rasa tidak percaya diri sering kali menjadi alasan terbesar kenapa seks tidak lagi menarik saat usia semakin tua.

Hal ini terjadi karena kalian membayangkan seks adalah intercourse atau penetrasi. Padahal, sangat penting untuk mengubah definisi seks seiring bertambahnya usia.

Ada istilah outercourse yang mungkin bisa kita gunakan dalam seks, yakni hanya dengan cara menyentuh, mencium, pegangan, bahkan pijatan sensual bisa kita lakukan pada pasangan sampai usia berapapun.

3. Pernikahan bertahan dengan komitmen, bukan seks

3. Pernikahan bertahan komitmen, bukan seks
Freepik/angel.nt.111

Untuk pernikahan yang langgeng ada dua hal yang diperlukan, yaitu komunikasi dan komitmen. Ungkapkan apa yang kamu rasakan dan inginkan, buat pasangan juga melakukan hal yang sama.

Setelah komunikasi terjalin dengan baik, maka komitmen akan jadi menu penutup yang sempurna. Jika sudah berkomitmen, tak ada lagi kata tidak setia.

4. Jaga kesehatan dengan olahraga bersama pasangan

4. Jaga kesehatan olahraga bersama pasangan
Boogy/Freepik

Usia tua seringkali membawa banyak masalah, namun kalian tetap dapat bugar dengan olahraga secara teratur. Olahraga merupakan ide yang baik untuk menjaga kehidupan seks yang sehat dan memuaskan.

Ada banyak latihan yang dapat membantu kalian tetap sehat, bahkan dapat meningkatkan stamina hingga merasa energik. Salah satu olahraga mudah yang dapat kalian lakukan adalah berenang atau jogging.

5. Minta bantuan ahli jika diperlukan

5. Minta bantuan ahli jika diperlukan
Freepik/Stockking

Terakhir adalah meminta bantuan pada ahlinya jika diperlukan. Ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan secara medis untuk tetap membuat hubungan seks tetap harmonis, meski usia sudah menua.

Jika memang benar-benar dibutuhkan, tidak salah untuk mencoba berkonsultasi dengan ahlinya.

Nah, itulah kelima tips mempertahankan pernikahan meski tanpa seks di usia tua.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.