7 Tanda Kehidupan Seks Kamu dan Pasangan Tergolong Sehat

Sudahkah kamu dan pasangan merasakan salah satunya?

18 September 2020

7 Tanda Kehidupan Seks Kamu Pasangan Tergolong Sehat
Pexels/Andrea Piacquadio

Rutin melakukan hubungan seks belum tentu menjamin kamu dan pasangan memiliki kehidupan seks yang sehat. Bisa jadi, kamu atau pasangan melakukannya hanya karena keterpaksaan atau gengsi.

Lantas, bagaimanakah gambaran kehidupan seks yang sehat? Ternyata ada beberapa tanda yang menunjukkan apakah kehidupan seksual kamu dan pasangan termasuk sehat atau tidak.

Dilansir dari laman Prevention dan Littlethings, berikut Popmama.com telah merangkum 7 tanda yang menunjukkan kehidupan seksual yang sehat bersama pasangan.

1. Tidak gengsi untuk meminta duluan

1. Tidak gengsi meminta duluan
Unsplash/Dainis Graveris

Menurut Aline Zoldbrod, PhD, certified sex therapist dari Sexsmart.com, seks yang baik adalah bagaimana menemukan 'resep' terbaik untuk mu dan pasangan.

Untuk itu, cobalah untuk menyampaikan apa yang kedua pihak inginkan secara langsung, jangan selalu mengharapkan agar pasangan mampu memahami apa yang kamu inginkan, ataupun sebaliknya.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan, agar kalian tak lagi gengsi saat sedang ingin bercinta.

2. Sering menggunakan kosakata seksi atau menggoda

2. Sering menggunakan kosakata seksi atau menggoda
Freepik/rawpixel.com

Tahukah kamu bahwa mengungkapkan kosakata seksi atau menggoda di telinga pasangan atau melalui pesan singkat dapat membuatnya lebih merasa puas?

Ya, fakta tersebut dibuktikan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Integrated Social Sciences pada 2011 yang lalu. Hal ini bisa juga disebut sebagai 'simmering' atau hal kecil yang bisa membangkitkan rasa romantis pada diri pasangan.

Editors' Picks

3. Beberapa kali mengubah gaya bercinta

3. Beberapa kali mengubah gaya bercinta
Freepik/Racool_studio

Rasa bosan bisa saja dirasakan kamu atau pasangan dalam berhubungan seks yang itu-itu saja. Jadi, cobalah cara lain demi memuaskan pasangan dengan mengubah gaya berhubungan.

Kamu bisa mencari beberapa referensi gaya bercinta lainnya di buku Kama Sutra. Tidak ada salahnya kok untuk mendiskusikan hal ini dengan pasangan agar hidup rumah tangga lebih bahagia.

4. Terkadang menjadwalkan waktu bercinta

4. Terkadang menjadwalkan waktu bercinta
Freepik/Racool_studio

Banyak yang beranggapan bahwa berhubungan seks datang secara spontan. Namun faktanya, kamu atau pasangan bisa membuat jadwal khusus untuk urusan romantis yang satu ini. Kamu bisa mengatur agar anak tertidur pulas terlebih dahulu setelah makan malam.

Kemudian ciptakan suasana mesra dengan pasangan seperti menonton film romantis. Hal ini dapat memberikan rasa tenang hingga meningkatkan gairah seks mu dan pasangan.

5. Menikmati waktu berdua dengan pasangan

5. Menikmati waktu berdua pasangan
Freepik/cookie_studio

Sebagai pasangan, kamu tidak pernah menghitung berapa kali telah berhubungan seks.

Menurut penelitian yang dilakukan Journal of Economic Behavior & Organization, terlalu menekankan agar bisa selalu berhubungan seks membuat pasangan menjadi tidak puas atau tidak bahagia.

Membuat rencana makan malam atau hal lainnya yang membuka kesempatan berhubungan secara terbuka mungkin akan membuat pasangan semakin menikmatinya.

6. Kamu dan pasangan menyukainya

6. Kamu pasangan menyukainya
Freepik/@cookie_studio

Tidak peduli seberapa sering kamu dan pasangan berhubungan seks, perasaan bahagia selalu ada.

Meskipun saling mengkritik seperti lamanya mengalami orgasme atau cara bermain yang terlalu kasar, namun kalian berdua tetap menikmati waktu kebersamaan. Itulah salah satu tanda bahwa kehidupan seks mu dan pasangan tergolong sehat.

7. Tidak sungkan saat menolak pasangan untuk bercinta

7. Tidak sungkan saat menolak pasangan bercinta
Freepik/jcomp

Beberapa ahli mengatakan bahwa kamu tidak boleh menghilangkan mood pasangan saat ingin bercinta. Namun sebenarnya, menolak pasangan saat ingin berhubungan seks boleh saja dilakukan.

Hal ini dilakukan agar kegiatan di ranjang tidak hanya sebagai 'pekerjaan wajib' di rumah. Kedua pihak bisa saling menjaga agar bisa menikmati hubungan yang lebih intens berikutnya.

Nah, itulah ketujuh tanda kehidupan seks yang sehat bersama pasangan. Dari ketujuh tanda di atas, apakah kamu dan pasangan sudah merasakan semuanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.