7 Tanda Pernikahan Tanpa Cinta, Pernah Merasakan Salah Satunya?

Apakah hubunganmu dan pasangan sudah tak ada lagi cinta?

21 Oktober 2020

7 Tanda Pernikahan Tanpa Cinta, Pernah Merasakan Salah Satunya
Freepik/spukkato

Tak ada hal yang paling menyedihkan daripada terjebak dalam sebuah hubungan pernikahan tanpa cinta. Banyak pasangan yang menyangkal, meskipun jauh di lubuk hati, mereka sepenuhnya menyadari situasi mereka.

Tak jarang, mereka memilih untuk tetap bersama dengan alasan keuangan, anak, maupun alasan lainnya yang mungkin sebenarnya salah.

Sebelum menerka-nerka hubunganmu dengan pasangan, berikut Popmama.com telah merangkum ketujuh tanda-tanda pernikahan yang tak ada lagi cinta di dalamnya. 

1. Mulai meragukan cinta pasanganmu

1. Mulai meragukan cinta pasanganmu
Freepik/pressfoto

Dilansir dari laman Popbela.com, tanda pertama dan yang paling mudah adalah kamu mulai meragukan cinta pasanganmu. Apakah kamu mengingat kapan terakhir kali pasanganmu mengatakan bahwa dia mencintaimu? Apakah terakhir itu adalah malam pertama kalian?

Mungkin kamu harus mencoba beberapa kali untuk membicarakannya dengan pasanganmu. Cobalah untuk mengungkapkan perasaanmu dan tunggu tanggapannya.

Apabila dia menghindarinya atau mengatakan bahwa kamu hanya melebih-lebihkan atau mengada-ngada, tandanya dia menyangkal. Dia mungkin merasakan hal yang sama dan tidak ingin melukai perasaanmu dengan mengakui kenyataan yang sebenarnya.

Jika dia meninggalkanmu tanpa alasan atau hanya tersenyum sopan, keraguanmu terkonfirmasi benar.

2. Pertengkaran yang biasa terjadi mulai terhenti

2. Pertengkaran biasa terjadi mulai terhenti
Freepik/free picture

Tahap yang dibilang klimaks adalah saat kamu bahkan tidak perlu repot-repot berdebat tentang hal-hal yang tidak kalian setujui. Kalian berdua lebih suka menghindari konflik apa pun karena ketidakpedulian telah menghampiri satu sama lain.

Jangan berpikir bahwa pertengkaran itu buruk untuk pernikahanmu. Hal ini bermanfaat karena kamu dapat melihat banyak hal dari sudut pandang pasanganmu. Argumen yang membangun, sebenarnya baik untuk kedua belah pihak.

Jika kamu mendengarkan dengan cermat, kamu akan dapat mendengar apa yang mengganggu pasanganmu dan menyadari apa yang dapat kamu lakukan untuk membantunya.

Editors' Picks

3. Hubungan menjadi rutinitas membosankan

3. Hubungan menjadi rutinitas membosankan
Freepik/jcomp

Pernikahanmu terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Setiap hari adalah hal yang sama bagi kalian berdua, pulang kerja, menonton TV dan langsung tidur. Kamu tidak pernah membuat rencana bersama lagi dan hanya menjadi bosan dengan hubunganmu.

Tentu saja, ada cara untuk menghentikan rutinitas itu. Namun, masalahnya adalah kedua pasangan juga harus menginginkannya dan berusaha untuk memperbaiki kebiasaan itu demi menghidupkan kembali romantisme dalam pernikahan kalian.

4. Kamu mulai menghindari satu sama lain

4. Kamu mulai menghindari satu sama lain
Pexels/Polina Zimmerman

Apakah kamu lebih suka tetap bekerja daripada pulang hanya karena kamu tahu pasanganmu sudah berada di rumah? Kemudian, begitu kamu sampai di rumah, kamu lebih suka duduk sendiri di kamar tidurmu daripada bersamanya di ruang tamu.

Kamu pergi tidur sebelum atau sesudahnya, supaya kamu tidak perlu berbicara dengannya terlalu sering atau bahkan menghabiskan waktu bersamanya untuk satu buah topik percakapan.

Jika kamu mengalaminya, maka bisa dikatakan pernikahanmu tidak ada rasa cinta lagi di dalamnya.

5. Kamu berubah dari sahabat menjadi orang lain

5. Kamu berubah dari sahabat menjadi orang lain
Freepik/bearfotos

Pasanganmu harus menjadi sahabat terbaikmu terlebih dahulu, kemudian barulah menjadi pasangan romantismu, begitupun denganmu. Jika kamu merasa seperti hanya menjadi dua teman sekamar atau orang asing, itu bukanlah pernikahan yang sehat.

Apabila kamu merasa tidak nyaman untuk terbuka dengan pasanganmu atau justru kamu memilih datang kepada orang lain dibandingkan dengan pasanganmu ketika kamu memiliki masalah, itu sudah pasti ada yang salah di dalam pernikahanmu.

Kamu perlu menemukan penyebab kekacauan hubunganmu dan tetap berusaha semaksimal mungkin yang kamu bisa agar pernikahanmu kembali berhasil.

6. Kurangnya keintiman

6. Kurang keintiman
Freepik/cookie_studio

Keintiman adalah bagian yang sangat penting dari setiap hubungan yang sehat. Hal itu akan membangun hubungan yang lebih dalam di antara setiap pasangan dan membantu dalam membangun kepercayaan.

Meskipun itu seharusnya tidak menjadi bagian utama dari hubungan, kurangnya keintiman dapat membawa banyak masalah dalam pernikahanmu. Tidak peduli berapa lama kamu telah menikah, keintiman tidak boleh meninggalkan kamar tidur kalian berdua.

Jika kamu tidak senang dengan kehidupan cintamu, kamu harus membicarakannya dengan pasanganmu dan bersama-sama menemukan cara untuk membumbui segalanya yang masing terlihat kurang.

7. Jarak antara kamu dan pasangan terlihat jelas

7. Jarak antara kamu pasangan terlihat jelas
Freepik/cookie_studio

Kenyataan bahwa terdapat jarak baik fisik maupun emosional di antara kamu dan pasangan yang kian hari semakin besar dan membesar.

Kamu hanya berharap kepada orang penting dalam hidupmu, bisa itu salah satu anggota keluargamu untuk menyadarkan dan juga bertindak tepat waktu untuk menyelamatkan pernikahanmu.

Kamu tidak menginginkan untuk berkomunikasi intens seperti dulu. Kamu bahkan tidak menghabiskan waktu berkualitas bersama dan sudah cukup lama berhenti mengungkapkan perasaan satu sama lain.

Dengan kata lain, di antara kalian dapat dengan mudah mengenali keadaan bahwa kamu tumbuh terpisah dengan pasangan. Jenis perilaku ini merupakan tanda yang jelas bahwa kamu tidak lagi menemukan kebahagian dengan pasanganmu.

Kamu lebih suka berada di kantor atau bahkan di tempat parkir, atau secara harfiah di mana saja kecuali bersama pasanganmu.

Nah, itulah ketujuh tanda pernikahan tanpa cinta yang harus diketahui dan disadari oleh pasangan suami istri. Jika ketujuh daftar di atas sudah kalian rasakan, maka ada baiknya jika kalian berbicara empat mata dari hati ke hati.

Bicarakan apa yang harus diperbaiki, jika tidak ada lagi jalan keluar, lebih baik berpisahlah agar kalian bisa hidup lebih bahagia tanpa 'topeng'.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman Popbela dengan judul: "15 Tanda Pernikahan Tanpa Cinta"
Penulis: Emillia Wardhani

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.