Artika Sari Devi: Ada 3 Tempat yang Tak Boleh Dilewati Saat Traveling

Wah, kira-kira apa ya?

26 September 2019

Artika Sari Devi Ada 3 Tempat Tak Boleh Dilewati Saat Traveling
Popmama.com/Michael Andrew

Profesor Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Purdue University, Xinran Lehto dan peneliti Purdue lain mengungkapkan adanya dampak positif dari berlibur terhadap keluarga.

Mereka menemukan bahwa berlibur bersama keluarga dapat meningkatkan kedekatan dan ikatan hubungan baik sepulang dari bepergian.

Tak hanya itu, studi lain juga menunjukan bahwa traveling atau berpergian dapat membantu mengurangi hormon stres dan bahkan dapat meningkatkan tekanan darah.

Liburan bersama keluarga pun diketahui dapat membuat tubuh merasa segar dan dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Berangkat dari fakta tersebut, Artika pun mewajibkan keluarganya untuk tetap melakukan traveling setiap 1 tahun sekali usai musim liburan berakhir.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh istri dari musisi Baim ketika ditemui di kediamannya. Artika juga menjelaskan ada 3 tempat penting yang tak boleh dilewatkan saat traveling kemana pun itu, baik dalam maupun luar negeri. 

Apa saja? Dan bagaimana cara mengatur budget saat traveling agar tak 'kelepasan'?

Nah untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum 3 informasi pentingnya.

Editors' Picks

1. Artika membuat rencana berlibur dari 2 bulan sebelumnya hingga dibuatkan buku khusus

1. Artika membuat rencana berlibur dari 2 bulan sebelum hingga dibuatkan buku khusus
Popmama.com/Michael Andrew

Selain cerdas, Artika juga ternyata sosok perempuan yang terencena dalam segala hal.

Hal tersebut terbukti dari bagaimana dirinya mengatur keuangan keluarga, mulai dari biaya sekolah anak hingga biaya liburan tiap tahun.

"Kita selalu ada budget untuk liburan dan ter-planning, semuanya ter-planning mulai dari punya anak, biaya sekolah, sampai biaya liburan," tandasnya.

"Uang liburan memang nggak boleh diganggu gugat, meskipun belum tahu mau liburan kemana," imbuhnya lagi.

Tak tanggung-tanggung, Puteri Indonesia tahun 2014 ini juga ternyata sudah merancang jadwal liburan sejak 2 bulan sebelumnya, bahkan ia juga terbiasa mencetak semua jadwal perjalanannya agar lebih terarah.

"Nyari tiket bisa sampai 1 bulan sebelumnya, 2 bulan sebelumnya itu aku bikin rundown yang detil banget. Bahkan saya udah nulis jam berapa kita sarapan, naik apa, keluar dari stasiun ke kiri atau ke kanan, makan di mana, pokoknya baca dulu blog-blog dari luar. Saya bikin detil sampai foto lokasi dan keterangan terus saya print dijadikan satu seperti buku," jelas Artika.

2. Tips berlibur anti mainstream a la keluarga Artika dan Baim

2. Tips berlibur anti mainstream a la keluarga Artika Baim
Popmama.com/Michael Andrew

Selain membuat rencana yang matang sebelum berangkat berlibur bersama anak dan keluarga, Artika juga ternyata memiliki 2 trik unik yang wajib dicoba saat Mama dan keluarga traveling nanti.

Tips pertama, ia memilih untuk tidak berlibur saat musim liburan tiba. Sebaliknya, keluarga Artika dan Baim justru memilih waktu liburan saat musim berlibur berakhir.

Hal tersebut ia lakukan agar nantinya transportasi dan tempat wisata yang akan mereka kunjungi tidak ramai dan membeludak.

"Saya nggak mau berangkatnya pas high season karena nanti bakal padet banget. Biasanya kalau orang pulang itu kita malah berangkat, jadi nanti 4 hari kita izin sama sekolahnya anak-anak dulu," ungkapnya.

Tak hanya itu, Artika juga mewajibkan keluarganya untuk tidak melewatkan 3 tempat ini saat berlibur kemana pun, baik dalam maupun luar negeri. 

Apa saja tempatnya?

"Kalau lagi traveling itu ada 3 tempat yang nggak boleh di skip, yang pertama itu museum, pasar, sama taman. Karena 3 tempat itu di manapun daerahnya pasti kita akan melihat banyak hal tentang budayanya," jelas Artika.

3. Destinasi favorit keluarga hingga manfaat traveling bareng keluarga

3. Destinasi favorit keluarga hingga manfaat traveling bareng keluarga
Popmama.com/Michael Andrew

Dari semua kota ataupun negara yang pernah dikunjungi oleh keluarganya, Artika pun mengaku bahwa salah satu destinasi favorit keluarga mereka adalah Jogja.

Ya, Kota Pelajar yang satu ini ternyata menyisakan cerita manis di hati keluarga mereka, terutama Abbey dan Zoe yang kegirangan saat belajar membatik dan membajak sawah di Jogja.

"Tempat liburan yang nggak terlupakan itu di Jogja. Di sana mereka belajar membatik dan membajak sawah," ungkap Artika pada tim Popmama.com saat pemotretan Millennial Mama of the Month.

Selain ke Jogja, Artika juga mengaku bahwa Jepang juga merupakan destinasi favorit mereka selanjutnya. 

"Waktu ke Jepang saya selalu bawa anak-anak ke tempat yang nggak mainstream dan resort-nya juga bukan resort yang buat orang dewasa tapi resort yang ada snowpark buat anak-anak, berangkatnya juga kita dijemput sama kendaraan kayak tank gitu warna pink. Jadi saya nggak gampang tertipu sama informasi yang fotonya bagus tapi aslinya biasa aja, dan kalau gitu pun biasanya akan ramai kalau terkenal pasti akan ramai isinya turis semua dan saya nggak mau itu," jelasnya lagi.

Tak hanya sekedar berlibur biasa, dari perjalanan tersebut, Artika pun dapat mengambil suatu pelajaran penting dari keluarganya.

Apa itu?

"Ketika kita traveling, kita jadi tahu karakter masing-masing walaupun kita tinggal satu rumah ya. Tapi ketika kita menghadapi tantangan misalnya kereta telat, kita ketinggalan, kan keliatan tuh aslinya," tutup Artika sambil tersenyum.

Nah, itulah ketiga informasi dan tips bermanfaat saat ingin berlibur bersama keluarga. 

Semoga bermanfaat!

#MillennialMama of the Month Edisi September 2019 – Artika Sari Devi

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Sarrah Ulfah
Asst. Stylist - Jemima Karyssa Rompies
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Agustinus Amanda Susanto
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Artika's Wardrobe - KASYFU by Az Zahra Wa'ani, Eat Me Luck by Nandia Elizabeth Rumilda T, Sembuames by Prima Cipta Rizki, Flickryx by Lia Rizka Amalia
Abbey's Wardrobe - Justice Indonesia

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Artika Sari Devi
Millennial Mama

Artika Sari Devi

Komunitas buat hidup saya lebih produktif dan berwarna

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.